Apa itu kebenaran? (Apakah Relatif / Absolut)

gracedepth

New member
http://www.gracedepth.com/apa-itu-kebenaran-apakah-relatif-atau-absolut/

Then you will know the truth, and the truth will set you free (John 8:32).

Pada Alkitab terjemahan Indonesia, dituliskan “dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” Pada terjemahan bahasa Indonesia lain, kata “memerdekakan” digantikan dengan kata “membebaskan.” Saya yakin setiap agama atau kepercayaan apa pun yang kamu pegang, kamu pasti setuju dengan pernyataan “Kebenaran akan membebaskanmu.” Tidak ada dari kita yang ingin mempercayai sebuah kebohongan, kita semua ingin mengetahui kebenaran dari suatu hal. Ketika kita membaca sebuah berita di koran, kita tidak ingin sebuah cerita bohong yang dimodifikasi oleh media; kita ingin cerita kejadian yang sesungguhnya terjadi.

Jadi apa itu KEBENARAN? Saya akan menjelaskan dengan sebuah illustrasi. Bayangkan kamu sedang duduk berhadap-hadapan dengan sahabatmu. Lalu seseorang datang dan membuat sebuah gambar di atas kertas, dan meletakkan nya di atas meja yang berada diantara kamu dan sahabatmu. Inilah gambar tersebut:

6
Lalu ia bertanya kepada kamu dan sahabatmu: “Ini angka berapa?” Kamu mengatakan bahwa ini adalah sebuah angka 6, karena dari posisi kamu duduk, kamu melihat sebuah angka 6. Sahabatmu mengatakan ini adalah angka 9, karena dari posisi ia duduk, ia melihat sebuah angka 9. Lalu orang yang membuat gambar tersebut tersenyum dan berkata: “Ini adalah sebuah angka 6.” Jadi apa jawaban yang tepat? Apakah itu sebuah angka 6? Apakah sebuah angka 9? Atau apakah 6 dan 9 dua-dua nya benar, hanya masalah perspektif dan kebebasan kita ingin mempercayainya sebagai apa?

Mari saya berikan satu buah illustrasi lagi untuk menerangkan poin yang saya coba buat. Di dalam hidup kita ini ada begitu banyak agama dan kepercayaan. Agama Kristen mempercayai bahwa ketika seseorang meninggal, ia akan masuk antara surga atau neraka. Jika kamu percaya Tuhan Yesus, kamu akan masuk surga; jika kamu tidak percaya, kau akan masuk neraka. Agama Budha mempercayai bahwa ketika seseorang meninggal, akan ada reinkarnasi. Jika kamu hidup sebagai orang yang baik, kamu akan direinkarnasikan menjadi sesuatu yang indah; tetapi jika kamu hidup sebagai orang jahat, kamu akan direinkarnasikan menjadi sesuatu yang buruk. Atheis mempercayai bahwa ketika seseorang meninngal, ia akan hilang dari alam semesta—“cease to exist.” Dan masih ada ribuan kepercayaan berbeda lainnya.

Pertanyaan saya adalah begini:

Apakah seseorang yang sangat mempercayai ajaran Kristen, ketika meninggal, ia akan masuk antara surga atau neraka; sedangkan seseorang yang sangat amat mempercayai agama Budha, ketika meninggal, ia akan mengalami reinkarnasi; dan sedangkan seorang atheis, ketika meninggal, ia akan hilang dan lenyap begitu saja dari alam semesta? Dan masih ada ribuan ajaran dan kepercayaan lainnya yang mengatakan versi mereka masing-masing apa yang akan terjadi ketika hidup seseorang berakhir.

Ataukah apa pun kepercayaan yang mau kita percaya, ketika kita meninggal, yang akan terjadi kepada kita semua adalah sama, yaitu kebenaran itu sendiri?

baca artikel lengkap nya di:
http://www.gracedepth.com/apa-itu-kebenaran-apakah-relatif-atau-absolut/

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
 
Back
Top