Bahayakah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Saat Melahirkan?

Hartech

New member
woman-with-menstruation-pain.png


Bagi wanita yang telah melahirkan bayi pertama khawatir karena haid tidak kunjung datang hingga berbulan-bulan. Namun, hal ini merupakan hal yang lazim jika menyusui sang buah hati Apabila anda termasuk ibu yang aktif dan giat menyusui bayi, maka hal yang ibu alami masih tergolong normal.

Pasalnya saat hamil akan terjadi perubahan hormon dalam diri wanita seperti peningkatan hormon estrogen dan progesterone yang berkontribusi dalam penatangan sel telur hingga terjadinya ovulasi, serta dhCG (human Chorionic Gonadotropin) yang diperlukan untuk mempertahankan kehamilan.

Ketiadaan haid pada wanita yang menyusui terjadi karena pada saat menyusui, tubuh akan menghasilkan hormon prolactin yang tinggi yang akan menghambat produksi hormon pelepas gonadotropin di otak sehingga menekan produksi hormon-hormon tersebut sehingga jumlahnya sedikit bahkan tidak ada, demikian akhirnya haid pun tidak terjadi.

Pada umumnya, sang Ibu akan mengalami haid pertama setelah melahirkan berkisar antara 4-19 bulan, tergantung dari variasi biologis dan intensitas bayi menyusui. Bila secara fisik tidak dijumpai adanya kelainan pada organ-organ reproduksinya, gangguan haid ini akan hilang dengan sendirinya apabila wanita yang bersangkutan telah berhasil mengatasi faktor stres yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal atau sudah tak menyusui lagi.

Penting untuk diingat bahwa setelah wanita sudah jarang menyusui dan datang bulan, sebaiknya langsung memakai alat kontrasepsi karena bagaimanapun ASI ekslusif yang merupakan kontrasepsi alami masih kurang efektif dalam mencengah kehamilan jika dibandingkan alat kontrasepsi.

Namun, meskipun tubuh mulai berfungsi normal dalam beberapa bulan setelah melahirkan, Anda harus memerhatikan gaya hidup yang berhubungan dapat membantu mengatur periode menstruasi Anda. Anda hendaknya mengikuti diet seimbang dengan mengonsumsi makanan bernutrisi penting dan mineral seperti jus buah dan sayur, melakukan latihan ringan, minum air putih yang banyak, istirahat dan tidur yang cukup, serta hindari merokok dan konsumsi alkohol. Jangan mengambil stres atau khawatir tentang periode menstruasi anda akan tetapi jika anda mengalami perdarahan berat atau gangguan lainnya anda bisa membicarakan langsung dengan dokter Anda. Anda juga dapat meminum suplemen menyusui atau obat penyubur kandungan dari Wishing Baby.

Melihat penjelasan di atas, Anda tidak perlu khawatir jika memang belum mengalami menstruasi pasca melahirkan. Jika hormon sudah berjalan dengan seimbang dan homron prolaktin dalam tubuh tidak tinggi, menstruasi akan kembali normal.

Baca Juga: Cara Memperbanyak ASI Yang Terbukti Ampuh
 

Attachments

  • menstruasi.png
    menstruasi.png
    205 KB · Views: 28
Last edited:
Back
Top