Sering Merasa Lelah Saat Hamil, Sudahkah Tahu Penyebabnya?

SimplyLand

New member
Selama hamil, Bunda mungkin mengalami sejumlah masalah menjengkelkan yang tidak berbahaya namun tetap bikin tidak nyaman beraktivitas. Salah satu masalah yang paling umum dikeluhkan wanita hamil adalah cepat lemas dan kelelahan. Apa sebabnya, dan apakah normal bila Bunda terus-terusan merasa lelah saat hamil?

moms-jangan-patah-semangat-untuk-salat-ketika-hamil-ini-panduannya-dari-nabi-OMoYllRDMR-1.jpg


Penyebab cepat lelah saat hamil

Wanita sering merasa cepat lemas dan kelelahan saat hamil karena perubahan hormon \ selama kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, metabolisme tubuh ibu meningkat yang kemudia memengaruhi peningkatan hormon progesteron. Tingginya kadar progesteron dalam tubuh inilah yang membuat ibu hamil cepat merasa ngantuk dan kelelahan.

Masa kehamilan juga menyebabkan sejumlah perubahan besar pada fisik ibu. Dimulai dari trimester awal di mana tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyiapkan plasenta dan memberikan segala macam dukungan gizi bagi pembentukan sel-sel janin, kemudian rasa lelah itu dapat muncul kembali di trimester akhir kehamilan.

Sekitar usia kehamilan 30-34 minggu, perut ibu yang makin membesar memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuhnya sehingga ibu merasa cepat lelah saat hamil. Bahkan, Bunda juga rentan mengalami kaki kram dan sakit pinggang di masa-masa ini sebagai akibatnya. Di usia kehamilan ini, bayi juga sudah aktif bergerak dan menendang perut, yang membuat ibu merasa tidak nyaman.

Terlepas dari berbagai perubahan hormon dan fisik selama kehamilan, ibu rentan mengalami lelah saat hamil dikarenakan dipengaruhi oleh stres dan kegelisahan menunggu persalinan. Kondisi psikologis ini dapat mengurangi waktu istirahat sehingga bumil cenderung merasa lelah.

Rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil dapat berbeda-beda. Ada yang merasa sangat lelah, dan ada juga yang tidak bergitu merasakannya. Biasanya rasa lelah saat hamil lama kelamaan akan berkurang pada minggu ke 12 sampai minggu ke 14. Setelah melewati minggu tersebut, energi Bunda dapat kembali normal lagi sehingga Bunda merasa lebih fit dan bertenaga.

Kelelahan saat hamil yang harus diperiksakan ke dokter

Jika Bunda masih merasa lelah bahkan setelah cukup makan dan beristirahat, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab Bunda merasa cepat lelah saat hamil, seperti:

Kelelahan yang diikuti dengan rasa lapar dan haus terus-menerus, dapat menandakan gejala diabetes gestasional
Kelelahan yang tidak hilang-hilang meskipun sudah beristirahat
Kelelahan yang diikuti dengan gejala seperti demam, sakit tengggorokan, dan pembengkakan kelenjar
Rasa kelelahan yang parah diiikuti dengan mual, muntah, dan frekuensi buang air kecil semakin sering. Ini dapat menandakan gejala kehamilan ektopik alias hamil di luar kandungan.
Kelelahan saat hamil yang tak kunjung mereda mungkin pertanda depresi
Lelah karena kebanyakan aktivitas umumnya akan hilang dalam waktu beberapa hari atau setelah Bunda cukup beristirahat. Namun kelelahan saat hamil yang tidak kunjung memulih patut Bunda waspadai. Ini mungkin pertanda Bunda mengalami depresi saat hamil.

Sederhananya, depresi merupakan reaksi tubuh yang dapat dipicu oleh stres akut akibat tubuh memproduksi hormon stres kortisol secara berlebihan. Banyaknya hormon kortisol dalam tubuh dibaca oleh otak sebagai adanya ancaman dari luar yang perlu dilawan atau dihindari.

Untuk mencegah kehadapatn energi, otak pun memerintahkan tubuh untuk beristirahat. Akibatnya, Bunda jadi sangat kelelahan dan tidak bertenaga. Padahal, orang yang depresi sebenarnya tidak sedang menghadapi ancaman yang harus dilawan atau dihindari secara fisik.

Depresi secara tidak langsung meminta Bunda untuk berhenti sejenak dari hal-hal yang membebani mental Bunda. Entah itu masalah keluarga, masalah keuangan, atau trauma akibat kehilangan orang yang dicintai. Namun, karena tubuh tidak dapat “berbicara” langsung pada Bunda, salah satu tanda yang ditunjukkan merupakan rasa lelah berlebihan. Seseorang yang mengalami depresi sering tidak ingin melakukan aktivitas apapun, merasa kelelahan sepanjang hari, kehilangan nafsu makan, hingga merasa putus asa dan nelangsa.

Bagaimana mengendalikan kelelahan saat hamil?

  • Jangan sepelekan istirahat. Kehamilan merupakan momen spesial dalam hidup seorang ibu. Jika memang tidak sanggup melakukan semua pekerjaan seperti sebelum hamil jangan pernah dipaksakan. Tidur siang dapat menjadi rutinitas yang tepat untuk ibu hamil untuk menyiasati rasa kelelahannya meskipun itu hanya 15 menit.
  • Sesuaikan jadwal bekerja. Kurangi jam kerja untuk istirahat lebih.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan, atau berenang.
  • Buat jadwal istirahat teratur seperti pergi dan bangun tidur di waktu yang sama
  • Pastikan untuk makan-makanan yang bergizi seimbang. Makan lebih banyak dari sebelum hamil, dalam anjuran Kemenkes RI tahun 2013 , setidaknya Ibu hamil pada trimester 1 meningkatkan asupannya sebesar 180 kal, dan pada trimester 2 dan 3 meningkat menjadi 300 kal. Makanan bumil harus mengandung karbohidrat (beras, kentang, bihun, mi, roti, makaroni,,dll), zat pembangun (ayam, ikan, daging, telur, hati. Susu, kacang, tahu, tempe, keju), dan zat pengatur (sayur-sayuran, dan buah-buahan segar). Usahakan konsumsi makanan dengan porsi kecil dan frekuensi sering.
  • Pastikan tidak dehidrasi, minum air yang banyak, bumil membutuhkan peningkatan kebutuhan air putih selama kehamilan. Berdassarkan anjuran Kemenkes RI 2013, baik di trimester 1,2 , dan 3 kecukupan air bumil harus ditambah setidaknya sebanyak 300 ml dari biasanya 8 gelas per hari.
  • Kelola stres dan emosi saat hamil
Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar'i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 PERSEN Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

SofeyaGamis Menyusui / Khimar Syar'i / Gamis Ibu Menyusui / Sering Merasa Lelah Saat Hamil, Sudahkah Tahu Penyebabnya?
 
Back
Top