Mengintip Pasar E-Commerce Halal Di Indonesia

Doni_Juardi

New member
ecommerce.jpeg


Dengan semakin tingginya minat konsumen Indonesia untuk berbelanja berbagai barang secara online, maka kini sudah mulai banyak juga bermunculan para pelaku e-commerce yang menyasar produk halal. Tentu, dengan berbagai produk halal yang ditawarkan tersebut, Indonesia bisa menjadi lahan basah.


Sebelumnya, Badan Pusat Statistik pernah mengeluarkan catatan mengenai sensus ekonomi di tahun 2016 yang menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir industri e-commerce yang ada di negara Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, yakni sekitar 17 persen dari total keseluruhan 26,2 juta perusahaan.


Di lain sisi, data dari Global Islamic Economy Report untuk tahun 2015 hingga 2016 justru mengatakan bahwa pasar untuk produk halal secara global bisa bernilai lebih dari US$ 1 triliun atau sekitar Rp 13.000 triliun.


Dengan tingginya nilai transaksi di pasar halal ini, maka Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah Dan Inbound Indonesia, Syam Resfiadi Amirsyah mengungkapkan bahwa pasar e-commerce halal di Indonesia masih akan tetap eksis selama masyarakat juga masih memiliki daya beli yang cukup.


Yang jelas menurut Syam, setiap barang konsumtif yang memiliki harga di bawah 10 juta, maka konsumen masih akan terus melakukan pencarian secara online untuk mendapatkan produk tersebut, termasuk produk-produk halal.

“Akan tetapi, jika nominal harganya sudah berada di atas Rp 10 juta, tentu para pemainnya sudah berbeda. Karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini e-commerce di Indonesia masih didominasi oleh kelas menengah hingga bawah,” ujar Syam.


Salah satu yang bisa dijadikan contoh produk halal secara online adalah travel haji dan umroh, dimana para konsumen tidak lagi takut untuk mengeluarkan uang bahkan lebih dari Rp 10 juta karena mereka sudah percaya. Karena pada dasarnya, beberapa produk di pasar halal biasanya berdasarkan atas kepercayaan antara si penjual dan si pembeli.


Sementara untuk produk halal yang berada di bawah Rp 10 juta, tentu konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksinya. Apalagi bila e-commerce halal tersebut menggunakan yang terpercaya seperti Espay.id, agar konsumen lebih percaya. Keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi tentu menjadi kunci utama dalam menjual produk halal secara online.


Jadi jika Anda berniat untuk membangun sebuah e-commerce ‘halal’, maka sudah selayaknya untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen melalui penggunaan online payment Indonesia yang lebih memudahkan dan tentunya memberikan rasa aman yang lebih.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa itu, ataupun payment gateway? Anda bisa langsung mengunjungi www.espay.id
 
Last edited:
Back
Top