Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Saat Perjalanan Jauh
 
Go Back   Home > Pengumuman & Saran

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Saat Perjalanan Jauh

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik ,selain memersiapkan kendaraan yang akan digunakan, sebaiknya juga menyiapkan diri dan keluarga yang akan diajak. Kesiapan ini mencakup kesiapan mental dan fisik. Kesiapan mental itu antara lain, mengelola rasa stres akibat macet di jalan, kerumunan saat berada di bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal.

Lantas bagaimana dengan kesiapan fisik? Tidak mudah memang memersiapkan fisik secara mendadak, untuk keperluan mudik. Tetapi, ada baiknya Anda menata pola makan Anda, minimal sehari sebelum keberangkatan, agar saat berada di perjalanan fisik Anda bisa mengantisipasi keadaan. Disarikan dari berbagai sumber, berikut tips-nya :

1. Jangan makan menu yang berasa pedas. Tahan keinginan Anda untuk menyantap makanan pedas, minimal pada makan malam sehari sebelum berangka. Jika perjalanan dalam rangka mudik dan anda berpuasa, bersahurlah dengan makanan yang tidak menggunakan cabai atau berasa pedas. Cabai memang banyak mengandung Vitamin C, akan tetapi cabai sangat membantu proses metabolisme. Buang air besar di toilet pada bandara, stasiun dan tempat umum lainnya, terkadang kendalanya adalah minimnya air dan terbatasnya toilet, sehingga harus antre. Bila Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh perjalanan selama berjam-jam, perut yang bergolak akibat cabai yang bereaksi dalam metabolisme, tentunya cukup mengganggu. Makanan umumnya diproses di dalam tubuh, 6 jam sesudah masuk ke dalam perut.

2. Minum susu sebelum berangkat. Susu tidak menyebabkan kantuk, tetapi menenangkan dan mampu membantu kita mengelola stres.

3. Jika Anda menyetir untuk beberapa jam, banyak-banyaklah minum air putih, dan kurangi karbohidrat. Karbohidrat hanya akan menyebabkan kantuk.

4. Jangan makan-makanan yang asin. Camilan asin, akan membuat Anda cepat haus dan dehidrasi. Bolak balik ke toilet untuk buang air kecil, pastinya merepotkan.

5. Jangan makan-makanan yang asam. Asam akan membuat lambung bereaksi keras. Sedangkan perjalanan mudik, tidak membutuhkan reaksi lambung yang berlebihan.

6. Makanlah buah pisang sebagai pengganti camilan asin selama di jalan. Buah pisang banyak mengandung karbohidrat dan vitamin. Selain itu, buah pisang juga membuat mood kita bagus. Mood yang bagus, akan mampu membantu kita mengelola stres saat dalam perjalanan mudik.

7. Kunyahlah cokelat hitam untuk memerbaiki mood. Sama dengan pisang, cokelat hitam juga membantu kita dalam mengelola stres dan memberi efek menenangkan.

8. Jangan minum soda. Selain berkadar gula tinggi, gas di dalam minuman soda, justru akan membuat perut kembung dan ini akan menimbulkan perasaan tak nyaman selama perjalanan, karena posisi kita kebanyakan adalah duduk
jacquesharvey jacquesharvey is offline
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

__________________
pengetahuan
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.