Waspadai Sakit Tipes Saat Hamil, Inilah Dampaknya Untuk Ibu dan Bayi dalam Kandungan?

SimplyLand

New member
Tipes adalah salah satu penyakit yang sering diderita orang Indonesia. Berdasarkan penelitian terbitan Badan Litbangkes Kemenkes RI, tipes dilaporkan menjangkiti hampir 100 ribu jiwa di sepanjang tahun 2008 saja. Anak-anak dan dewasa sama-sama berisiko terserang tipes. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman, biasanya akibat jajan sembarangan. Lantas, apa yang terjadi bila ibu sakit tipes saat hamil? Apakah penyakit ibu akan memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungannya? Berikut penjelasannya.

dddddddddddddd.png


Gejala tipes saat hamil yang harus Bundah Sholehah waspadai

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Samonella typhi. Tipes pada umumnya menyebar lewat makanan dan air tidak bersih yang Bundah Sholehah konsumsi. Tipes juga bisa menyebar lewat makanan dan minuman yang tercemas feses orang yang terinfeksi. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri.

Gejala penyakit ini umumnya muncul secara bertahap pada 1–3 minggu setelah tubuh terinfeksi bakteri. Namun, dalam beberapa kasus, gejala penyakit ini juga bisa terjadi secara mendadak. Beberapa gejala tipe yang mungkin Bundah Sholehah alami, di antaranya demam tinggi (40°C), sakit kepala, sakit perut, diare atau sembelit, nyeri dan sakit pada otot, muncul ruam atau bintik merah di kulit, hingga nafsu makan menurun. Komplikasi tipes bisa berujung pada kematian bila tidak cepat tertangani.

Dilansir di situs Baby Center, sakit tipes saat hamil bisa memengaruhi gejala yang Bundah Sholehah alami, namun tidak memperparahnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang terjangkit tipes mungkin akan mengalami batuk sebagai dari gejala penyakit ini.

Lalu, bagaimana bila Bundah Sholehah mengalami tipes saat hamil?

Beberapa penelitian melaporkan bahwa infeksi ini bisa menyelinap ke dalam plasenta sehingga memengaruhi kesehatan bayi. Menurut sebuah penelitian terbitan dari jurnal Obstetric Medicine, tipes saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran atau melahirkan bayi yang juga mengalami demam tifoid. Tipes saat hamil juga diperkirakan bisa meningkatkan risiko melahirkan prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

Namun, belum ada cukup bukti ilmiah yang bisa memastikan pengaruh sakit tipes saat hamil yang dialami oleh ibu pada bayi dalam kandungannya. Jadi sangat sulit untuk menyimpulkan apakah tipes saat hamil benar bisa membahayakan kehamilan Bundah Sholehah atau tidak.

Meski begitu, berbagai kemungkinan risiko ini bisa dicegah dan bisa ditangani dengan baik dengan cara pemberian obat antibiotik yang tepat waktu begitu Bundah Sholehah mengalami gejala tipes. Bayi yang mengalami tipes saat lahir bisa diberikan antibiotik ceftriaxone dan bisa kembali pulih sepenuhnya.

Bila Bundah Sholehah kena tipes saat hamil, apakah obatnya aman untuk Bundah Sholehah konsumsi?

Bila saat hamil Bundah Sholehah mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya segera konsultasikan hal ini dengan dokter untuk menjaga kehamilan Bundah Sholehah tetap sehat sampai tiba waktunya melahirkan.

Tidak semua obat tipes aman untuk ibu hamil. Namun, dokter akan meresepkan obat antibiotik yang aman dikkonsumsi dan tidak membahayakan kehamilan atau janin Bundah Sholehah. Bila perut Bundah Sholehah belum kelihatan membesar karena masih ada di trimester pertama dan dokter yang Bundah Sholehah keluhkan tidak tahu Bundah Sholehah hamil, katakan pada dokter bahwa Bundah Sholehah sedang mengandung.

SEDIKIT INFO nih bun untuk bunda yang sedang MENYUSUI si kecil, dan RIBET saat mau menyusui karena pakaian yang TIDAK SUPPORT untuk menyusui. Tenang SOFEYA punya solusinya yaitu Gamis Menyusui  & Khimar Syar'i . Dan kabar baiknya kini sofeya ada PRODUK BARU yang hadir semakin cantik, penasaran kan bunda bisa  Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar'i / Gamis Ibu Menyusui / Waspadai Sakit Tipes Saat Hamil, Inilah Dampaknya Untuk Ibu dan Bayi dalam Kandungan?
 
Back
Top