Printer Kartu Zebra P330i Dan Proses Instalasinya

unikcina

New member
Salah satu printer Id Card yang cukup laris manis terjual di Indonesia adalah Printer Kartu Zebra P330i. Dengan menggunakan printer id card Zebra P330i proses cetak mencetak kartu lebih mudah dan cepat. Berbagai jenis kartu yang terbuat dari bahan dasar PVC bisa dicetak dengan menggunakan printer kartu zebra P330i. Printer Id Card Zebra P330i menggunakan teknologi single-side (satu sisi) sehingga membuat proses kinerja printer ini sangat cepat. Ditambah dengan sistem pencetakan sublimasi memberikan hasil cetak yang maksimal. Mengenai desain printer kartu zebra P330i dibuat sangat sederhana, minimalis, kokoh dan kuat sehingga printer kartu ini bisa dioperasikan di dalam maupun di luar ruangan.

Dengan fitur yang dinamis pada printer zebra P330i menjadikan mesin cetak satu ini sangat cocok digunakan oleh jasa percetakan yang seharinya mencetak kartu hingga berjumlah diatas ribuan. Pada printer kartu zebra P330i ada fitur yang keren dan kekinian banget yaitu terdapat layar LCD panel. Layar tersebut dapat menunjukkan informasi printer saat melakukan proses pencetakaan dan pada saat terjadi kerusakan pada printer. Selain itu ada lagi yang keren pada printer kartu zebra P330i yaitu terdapat ethernet sehingga mempermudah mencetak gambar dari beberapa komputer/laptop yang terhubung dengan kabel LAN.

Ada yang perlu anda perhatikan setelah membeli printer kartu zebra P330i karena produsen printer ini memberikan peraturan dalam pengoperasiannya. Pada kemasan box printer kartu zebra P330i, didalamnya terdapat: 1 unit printer, 1 CD Driver, buku panduan, 1 kabel power, 1 kabel USB/kabel data, 1 paket pembersih kit zebra P330i, 1 paket pembersih cartride dan pembersih roller. Adapun cara instalasi Printer Kartu Zebra P330i yang benar, sebagaimana berikut ini :

1. Pembongkaran Kardus Printer Kartu Zebra P330i
Perlu anda ketahui bahwa pabrik printer kartu zebra P330i mengemasnya dengan perlindungan ganda agar tidak rusak terkena goncangan pada saat pengiriman melalui jalur darat. Perlindungan ganda pada kemasan printer zebra P330i meliputi kardus karton tebal, plastik bubble wrap dan gabus tebal pada bagian pojok sebanyak 4 buat. Bukalah kardus karton pada bagian atas dan lepas terlebih dahulu gabus tebal pada pojokan kardus. Selanjutnya keluarkan printer zebra P330i dengan cara mengangkatnya meskipun masih terbungkus plastik bubble wrap. Lepaskan semua plastik bubble wrap yang membungkus print head dan bagian lainnya.
2. Instalasi Driver Printer Kartu Zebra P330i
Printer zebra P330i dilengkapi dengan 1 keping CD Driver yang harus anda instal di komputer/laptop yang akan digunakan untuk mencetak gambar/logo/tulisan pada kartu id card. Ketika anda menginstal driver printer zebra P330i, pastikan printer dalam keadaan off (mati). Driver printer zebra P330i akan autorun bila komputer menggunakan windos XP, Vista, Win 7, Win 8 dan Win 10. Klik Ok dan seterusnya hingga finish maka proses instalasi driver sudah selesai.
3. Pemasangan Pita Ribbon
Setiap kali memasangan atau melepas pita ribbon printer harus dalam kondisi off. Ada dua gulungan pita ribbon zebra P330i, yaitu gulungan ribbon kosong dipasang di sebelah kiri dan gulungan pita ribbon yang ada isinya dipasang disebelah kanan.
4. Pemasangan Pembersih Cartridge (Card Cleaning Cartridge)
Pembersih cartridge ini berwarna biru, tetapi sebelum dipasang ke slot printer. Masukkan terlebih dahulu adhesive cleaning roller ke cartridgenya yang berwarna biru. Jangan lupa buang isolasi terluar sebelum memasukkan adhesive cleaning roller ke cartridge.
5. Pengaturan Ketebalan Kartu PVC
Jenis kartu yang digunakan untuk membuat kartu id card adalah kartu PVC dan kartu PVC ini tersedia dengan ketebalan yang berbeda. Biasanya ukuran ketebalan kartu PVC sudah tertera di bungkusnya pada saat anda membelinya. Jadi sesuaikan pengaturan ketebalan kartu PVC pada printer sebelum melakukan proses pencetakan.
6. Masukkan Kartu PVC
Bukalah cover input hopper pada printer untuk memasukkan kartu PVC dan jangan diisi melebihi kapasitas. Jangan lupa juga untuk selalu membuka cover output hopper (tempat kartu keluar) sebelum melakukan proses pencetakan.
7. Koneksikan Printer & Komputer
Bila driver printer kartu zebra P330i sudah diinstal maka printer akan terkoneksi/terbaca oleh sistem windows pada komputer secara otomatis setelah kabel data USB pada printer disambungkan ke komputer. Sebaiknya jangan melepas kabel data USB kecuali anda ingin memindah printer ketempat lain atau mengganti komputer yang digunakan.
8. Setelah semua tahapan di atas sudah dilaukan, maka langkah terakhir colokkan kabel power komputer ke listrik dan nyalakan printer dengan menekan tombol power. Printer Kartu Zebra P330i sudah siap untuk mencetak kartu id card.


header_tpkcoid_sept2015.png
 
Last edited:
Back
Top