Tangguh mobil mabuk saat bepergian

jacquesharvey

New member
Perjalana yang harusnya menyenangkan terkadang berubah jadi sengsara gara-gara mabuk di kendaraan. Tidak cukup itu, mabuk di kendaraan, terkadang juga bikin malu, apalagi kalau sedang bepergian barenga ama temen-temen, study-tour misalnya.

Pertama yang perlu diketahui, setiap jenis transportasi itu dapat menyebabkan mabok perjalanan. Mabok perjalanan dapat menimpa secara mendadak, mulai dari perasaan tidak enak sampai keluar keringat dingin, pusing lalu muntah atau diare.

Namun jangan khawatiur, mabok kendaraan biasanya mereda begitu kendaraan berhenti. Semakin banyak bepergian, semakin diri anda terbiasa dengan kendaraan yang bergerak.

Penyebab mabuk kendaraan

Mabuk kendaraan bisa disebabkan berbagai hal, mungkin tidak tahan dengan bau bahan bakar yang dipakai kendaraannya, mungkin jarang bepergian jauh, dan mungkin lemah jantung.

Ada juga karena perut kosong alias belum diisi sewaktu hendak bepergian sehingga masuk angin dan muntah-muntah.
Ada yang bilang kalau mabuk kendaraan itu karena kecepatan yang konstan, tapi ada juga yang bilang karena kecepatan yang selalu naik-turun.

Menurut yang agak ilmiah, mabuk kendaraan disebabkan daya tahan tubuh yang menurun. Juga karena syndrom neurosis yang bereaksi karena faktor yang pertama (mengiringinya). Kebanyakan bagi yang mabuk kendaraan mengalami gejala tersebut karena kurang stabilnya keadaan dan tidak rileks ketika berpergian.

Cara ngatasinya gimana?

Ada beberapa tips yang kamu-kamu praktekkan agar g' lagi mabuk di kendaraan:

* Rencanakan jauh- jauh hari ketika ingin bepergian.

* Baca Basmalah (Bismillahirrahmaanirrahiim) dan doa naik kendaraan.

* Jangan biarkan perut kamu kosong sewaktu hendak berangkat naik kendaraan, apalagi bepergian jauh. Tapi, jangan makanan pedas dan terlalu banyak makan.

* Terutama untuk oranglemah jantung, maka sebelum naik kendaraan minumlah 3 sdm madu murni dicampur sedikit garam.

* Ciptakan suasana santai dengan mengobrol antar sesama penumpang atau mengkonsumsi gula/asam. Intinya, jangan stres atau banyak pikiran sewaktu berkendaraan.

* Jangan merokok atau duduk di dekat orang yang merokok.

* Jaga agar kepala anda tetap bersandar di sandaran kursi.

* Kalau pergi dengan kapal laut, mintalah kabin di tengah kapal, dekat garis air. Kalau di pesawat mintalah duduk di tepi depan pesawat, begitu masuk pesawat arahkan segera hembuskan udara ke arah wajah. Jika di kereta pilihlah tempat duduk di dekat jendela dan menghadap ke depan, kalau di mobil duduklah di depan.
 
Last edited:
Back
Top