Ketahui Nilai Normal Asam Urat agar Dapat Waspada

rahmatwi

New member
attachment.php


Asam urat tentunya penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia, karena itu penderita penyakit ini wajib mengetahui nilai normal asam urat agar selalu dapat waspada. Asam urat atau biasa dikenal dengan gout merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan, dan panas pada area persendian. Salah satu sendiri yang sering terserang asam urat adalah sendi jari tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Asam urat sendiri dapat menyerang siapa saja, namun untuk laki-laki lebih tinggi resikonya dalam terkena penyakit ini dibandingkan perempuan. Sebab banyak kasus yang menunjukkan bahwa laki-laki yang berusia 30 tahun ke atas berpotensi tinggi terkena penyakit ini, sedangkan perempuan berpotensi tinggi terkena penyakit ini apabila telah mengalami menopause. Rasa sakit yang ditimbulkan juga dapat berlangsung lama yaitu selama 3 hingga 10 hari.

Nilai Normal Asam Urat Yang Wajib Anda Ketahui

Penderita penyakit ini tentunya berbeda jenis kelamin dan usianya, karena itu untuk nilai normal asam urat setiap penderita tentunya berbeda. Hal ini telah ditetapkan oleh WHO yang menjadi acuan, karena itu jika Anda penderita penyakit ini wajib untuk mengetahuinya.

1. Pria dewasa

Salah satu penderita penyakit asam urat adalah pria dewasa, dimana terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya penyakit ini. Untuk nilai rendah asam urat pada kelompok ini adalah 2 mg/ dL sedangkan untuk nilai batasnya adalah 7,5 mg/ dL.

2. Wanita dewasa

Tidak hanya pria dewasa, wanita dewasa juga menjadi salah satu penderita penyakit ini. Untuk wanita dewasa nilai rendahnya sama seperti kelompok penderita dari pria dewasa yaitu 2 mg/ dL sedangkan untuk nilai batasnya adalah 6,5 mg/dL.

3. Pria lansia 40 tahun ke atas

Pria lansia tentunya memiliki peluang besar dalam terkena penyakit asam urat, dimana untuk pria lansia yang berusia 40 tahun ke atas nilai rendahnya juga 2 mg/ dL. Tentunya sama seperti kelompok pria dan wanita dewasa, sedangkan untuk nilai batasnya tentunya berbeda juga yaitu 8,5 mg/ dL.

4. Wanita lansia 40 tahu ke atas

Wanita yang mengalami monopause tentunya memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini, karena itu ukuran nilai rendahnya juga 2 mg/ dL namun untuk nilai batasnya adalah 8 mg/ dL. Karena itu apabila nilainya melewati ini maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjut.

5. Anak laki-laki berumur 10 hingga 18 tahun

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat terkena penyakit ini namun anak-anak juga dapat terkena penyakit ini. Untuk anak yang berjenis kelamin laki-laki maka nilai rendahnya adalah 3,6 mg/ dL sedangkan nilai batasnya adalah 5,5 mg/ dL.

6. Anak perempuan berumur 10 hingga 18 tahun

Sedangkan untuk anak perempuan maka nilai rendahnya sama seperti kelompok anak laki-laki yaitu 3,6 mg/ dL. Untuk nilai batasnya adalah 4 mg/ dL, tentunya Anda harus waspada jika nilainya batasnya lebih dari 4.

Karena itu untuk menghindari penyakit asam urat ikutilah gaya hidup yang sehat, sebab munculnya penyakit ini adalah karena gemarnya mengkonsumsi jeroan, daging merah, makanan laut, dan alhkohol. Namun penyakit asam urat juga dapat timbul akibat terkena penyakit obesitas, diabetes, dan hipertensi. Karena itu bagi penderita penyakit ini ada baiknya untuk mengetahui juga untuk nilai normal asam urat agar dapat waspada.
 

Attachments

  • kaki terkena asam urat..jpg
    kaki terkena asam urat..jpg
    16.3 KB · Views: 288
Back
Top