laskar WaTaniAh

lelaki

New member
Penjelasan pemerintah seputar kabar adanya WNI yang direkrut menjadi Laskar Wataniah Malay

Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa menegaskan, tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang direkrut oleh Malaysia menjadi paramiliter Askar Wataniah.
?Saya tidak yakin ada WNI berbuat seperti itu, dan Pak Dino (jubir presiden-red) mengatakan kepada saya setelah melakukan pengecekan lapangan dan ternyata tidak ada seperti itu,? kata Hatta di Istana Negara Jakarta Jum?at (15/2).

Hatta menyayangkan sumber informasi tersebut yang dinilai kurang akurat dan perlu pengecekan data-data lapangan lebih lanjut.

?Jangan cepat bereaksi kalau sumber informasi dan data-datanya tidak akurat, kita tentu tidak ingin membuat hubungan kedua negara menjadi panas hanya karena berita yang akurasinya belum bisa dipertanggungjawakan,? katanya.

Dalam rapat dengar pendapat, Senin (11/2), antara Komisi I DPR RI bidang pertahanan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Agustadi Sasongko Purnomo, Ketua Kelompok Kerja Panitia Anggaran Komisi I Happy Bone Zulkarnaen membeberkan informasi dari Pangdam VI Tanjungpura tentang foto-foto proses rekrutmen Askar Wataniah dan sejumlah latihan tempur, disertai dengan seragam yang mirip militer.

Dalam rapat dengar pendapat itu, juga dikemukakan selain latihan militer, Malaysia juga kedapatan menggeser sejumlah patok batas. Tim Kodim 0906 Tanjungpura berhasil mengabadikan gambar pergeseran patok-patok ini sejak 30 Juni 2007 lalu sebanyak 11 kali.

?Kita telah klarifikasi dan melakukan pengecekan dan yang paling benar itu melalui jalur diplomatik,? katanya.

Sementara itu, Menko Polhukan Widodo AS menyatakan pihaknya belum bisa meyimpulkan hal itu, karena belum memperoleh data-data akurat di lapangan
 
Back
Top