CARA MENURUNKAN KOLESTEROL DAN ASAM URAT SECARA ALAMI

Nandadc

New member
Berikut merupakan beberapa alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan cepat dan alami yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. MEMPERBANYAK KONSUMSI SERAT
Serat dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh manusia. Selain itu, serat juga dapat memperlancar proses pencernaan dan menyerap kadar asam berlebih pada darah.

Khusus untuk Anda yang menderita kolesterol tinggi, mengonsumsi serat juga akan merangsang tubuh Anda untuk mempercepat proses metabolisme, sehingga tumpukan lemak kolesterol pun bisa terbakar dengan lebih cepat.

Cara-Menurunkan-Kolesterol-dan-Asam-Urat.jpg


Beberapa bahan makanan kaya serat yang bisa Anda jadikan sebagai makanan penurun asam urat dengan cepat yaitu: gandum, oats, wortel, brokoli, dan kubis.

2. BUAH CERI
Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang ke dua adalah dengan mengonsumsi buah ceri.

Menurut hasil penelitian di University Boston disebutkan bahwa jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ceri kabarnya juga dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga sangat ramah untuk penderita kolesterol tinggi.

3. APEL
Selain enak, buah Apel dan produk turunan nya ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan cepat lho.

Ya, menurut hasil penelitian, kandungan asam malat yang terdapat dalam buah apel telah terbukti dapat membantu mengeluarkan asam urat berlebih dari dalam tubuh.

Disamping itu, zat pektin yang terdapat dalam buah ini kabarnya juga dapat menghambat proses terbentuk nya kolesterol LDL dalam tubuh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk penderita kolesterol.

4. ALPUKAT
Meski pun memiliki kandungan lemak yang tinggi, buah alpukat ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat secara alami. Hal ini dikarenakan jenis lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah jenis lemak yang tidak berbahaya, yaitu lemak DHL.

Bahkan, selain tidak berbahaya, lemak DHL dalam buah alpukat juga turut berperan aktif mempercepat proses pelarutan lemak kolesterol LDL.

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsi alpukat secara bersamaan dengan potongan sayur dan buah lain nya dalam bentuk salad buah.

Satu hal penting yang harus Anda ingat, jangan pernah mengkonsumsi alpukat menggunakan gula atau susu.

5. BANYAK MINUM AIR PUTIH
Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang berikut nya adalah dengan memperbanyak angka konsumsi air putih.

Air putih dapat membantu melarutkan kadar asam urat dan kadar kolesterol berlebih yang ada pada tubuh. Maka dari itu, jika Anda ingin sehat dan terhindar dari kolesterol dan asam urat berlebih, jangan malas mengkonsumsi air putih ya!

6. MINUM TEH HIJAU
Selain air putih, ada satu lagi bahan minuman yang bisa dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat. Bahan minuman tersebut adalah teh hijau.

Teh hijau sangat kaya akan anti oksidan yang berperan aktif membasmi toxin dan racun dalam tubuh manusia. Selain itu, kadar anti oksidan yang terdapat pada teh hijau juga dipercaya dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam praktek nya, Anda dapat mengkonsumsi teh hijau sebagai pengganti minuman sehari – hari Anda di pagi dan sore hari.

7. BANYAK MAKAN BUAH PISANG
Alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak makan buah pisang.

Buah pisang memiliki kadar gula dan kalori yang rendah sehingga sangat pas untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, buah pisang juga sangat kaya akan zat alkali dan kalium yang dapat membantu melarutkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. IKAN SALMON
Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan ikan salmon.

Ikan pada dasar nya tidak begitu dianjurkan untuk penderita asam urat berlebih. Namun begitu, kadar purin yang terdapat dalam ikan salmon masih tergolong rendah, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi.

Dampak positif nyata yang akan didapatkan dari ikan salmon adalah kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi. Zat omega 3 ini nanti nya akan berperan aktif memerangi kadar lemak LDL jahat yang menumpuk dalam tubuh.

Disamping itu, kandungan asam lemak yang terdapat dalam ikan salmon juga terbukti dapat menurunkan resiko terjadi nya penyakit komplikasi seperti jantung dan stroke.

9. SUSU RENDAH LEMAK
Alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan susu rendah lemak.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu rendah lemak diyakini dapat membantu menetralkan kadar asam urat dan membasmi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Disamping itu, kandungan kalsium dan protein yang terdapat di dalam nya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sumber: Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat
 
Back
Top