Ini Dia Manfaat Brokoli Untuk Penderita Nyeri Haid

alitkurniawan

New member
Untuk sebagian wanita, ketika mengalami PMS tentu saja rasa sakit atau nyeri pada bagian perut bawah mereka menjadi menghambat aktivitas kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini memang sangat wajar, namun rasa nyeri yang timbul membuat sangat tidak nyaman terhadap kondisi tubuh.

Terlebih lagi bagi wanita pekerja, sudah dipastikan pekerjaannya tidak terselesaikan dengan baik karena konsenstrasi hilang dan yang ada hanya terus merintih kesakitan merasakan nyeri perut yang luar biasa.

Kondisi seperti ini disebabkan karena otot pada dinding rahim pada setiap wanita saat akan mengalami kontraksi yang sangat lembut, bahkan sakit lembutnya kontraksi sama sekali tidak dirasa. Akan tetapi, berbeda halnya ketika masa menstruasi tiba, pergerakan kontraksi akan semakin kencang yang disebabkan adanya proses menggugurkan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Tidak hanya itu saja, rasa nyeri yang juga dipicu karena adanya pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh sehingga pergerakan kontraksi pada rahim semakin kuat. Selain itu, prostaglandin juga akan menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti diare, lemas, sakit kepala, kram perut, dan juga mual-mual.

Menurut para ahli, setiap wanita yang menghasilkan prostaglandin dalam jumlah yang berbeda-beda. Apabila seseorang menghasilkan prostaglandin dengan jumlah sedikit, kemungkinan besar tidak aakn merasakan nyeri lagi. Begitupun sebaliknya, jika wanita menghasilkan prostaglandin banyak, maka dapat menimbulkan nyeri yang lebih parah saat haid.

Para pakar kesehatan telah menyatakan bahwa terdapat beberapa penyebab dari lambatnya datang bulan ini. Misalnya seperti wanita mengalami emosi yang tidak stabil, wanita sedang stress, dan berbagai gangguan psikologi lainnya. Maka dari itu, mereka cenderung akan lebih mudah mengalami terlambatnya datang bulan. Tidak hanya itu saja, terdapat dalam beberapa kasus, terlambatnya fase menstruasi ini dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu.

Agar dapat membuat fase menstruasi tetap lancar, pakar kesehatan untuk menyarankan anda agar mengkonsumsi makanan yang sehat layaknya sayuran dan juga buah-buahan. Salah satu makanana yang dianjurkan untuk memperlancar menstruasi adalah brokoli.

Makanan yang identik dengan warna hijau tua ini ternyata kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh seperti vitamin ( A, B, C, K ), antioksida, zat besi, dan juga serat. Kandungan vitamin B nya serta folat di dalam brokoli dipercaya sangat baik dalam mencegah depresi, salah satu penyebab ketidakteraturan fase menstruasi. Ternyata, hal ini tentu saja tidak hanya sehat, wanita yang mengkonsumsi sayuran brokoli juga dapat memperlancar siklus haidnya.

Seluruh kandungan yang ada pada brokoli mampu meredakan gejala dari PMS ini. Selain dengan mengkonsumsi brokoli, para ahli juga menganjurkan wanita untuk banyak minum air putih dan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Kurangnya istirahat serta kelelahan dapat juga menyebabkan fase menstruasi datang dengan tidak teratur.

Cara Mengolah Brokoli :

- Pertama, bersihkan brokoli yang anda beli dari toko

- Lalu, buang batang utama dari brokoli

- Kemudian, potong bagian kuntum brokoli

- Selanjutnya, Simpan tempat kukusan di dalam panci dan masukan brokoli ke dalam wadah tersebut

- Setelah itu, Kukus brokoli dengan waktu yang tepat

- Terakhir, Tuangkan brokoli yang sudah matang ke dalam wadah atau piring. Anda dapat mengkonsumsi sayuran brokoli ini satu kali dalam sehari.
 
Back
Top