Segitiga Bermuda Hingga Masalembo

gupy15

Mod
Segitiga Bermuda Hingga Masalembo

Kantong udara adalah sebuah ruangan yang berisi udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi.

Segitiga Bermuda identik dengan fenomena misterius atas hilangnya pesawat atau kapal yang melintas di kawasan tersebut. Benda seberat ratusan bahkan ribuan ton bisa tiba-tiba lenyap seperti ditelan bumi jika melintas di kawasan Miami-Bermuda-Puerto Rico tersebut.

Fenomena Segitiga Bermuda terjadi karena adanya fenomena alam yang disebut air pocket (kantong udara) atau air hole. Air pocket ini pula yang kini disebut-sebut menjadi jawaban atas simpang siurnya penyebab kecelakaan yang membuat pesawat Adam Air yang jatuh di kawasan Sulawesi Senin (1/1).

Banyak pihak menyatakan berbagai alasan yang berbeda-beda terhadap nasib pesawat yang hingga kini belum ditemukan keberadaannya ini. Mulai dari gangguan cuaca, kelalaian pilot, sabotase, hingga fenomena alam berupa kantong udara atau air pocket.

Adalah pakar hukum penerbangan, Kamis Martono yang menyampaikan kemungkinan ini. Kepada wartawan di Jakarta, Selasa lalu (2/1), Martono menyatakan ada kemungkinan pesawat Adam Air jatuh akibat masuk ke dalam wilayah kantong udara. Pasalnya, lokasi menghilangnya pesawat berada dalam wilayah titik kantong udara.

Martono menjelaskan bahwa kantong udara adalah sebuah ruangan yang berisi udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi. ''Biasanya titik air pocket ini berada di sekitar kawasan pegunungan,'' jelasnya. Jika di atas wilayah air pocket ini melintas pesawat udara dengan ketinggian yang rendah, jelasnya, pesawat ini bisa saja tiba-tiba tersedot ke bawah menghantam bumi atau justru terlontar ke atas.

Di perairan sekitar Masalembo, Sulawesi Selatan bisa dikatakan sebagai kawasan Bermuda ala Indonesia lantaran adanya perairan dalam yang berputar. ''Putaran ini ke mana larinya, kita tidak tahu,'' kata dia.

Fenomena inilah yang menurut Martono bisa menjelaskan mengapa pesawat yang dikemudikan kapten pilot Revri Agustian Widodo ini tiba-tiba turun drastis dari ketinggian 35 ribu kaki menjadi 8 ribu kaki. Menurut Martono, fenomena air pocket sendiri tidak bisa dijelaskan asal muasalnya. ''Layaknya gejala alam yang lain, air pocket juga merupakan fenomena alam yang sulit dijelaskan,'' ungkapnya.

Martono menjelaskan sebenarnya fenomena alam ini jarang menimbulkan korban jatuhnya pesawat. Namun, lanjutnya, kecelakaan bisa saja terjadi jika daya tarik akibat air pocket ini luar biasa besar. ''Jika daya tarik besar ditambah ketinggian pesawat yang rendah, maka kecelakaan bisa saja terjadi,'' jelasnya.

Namun sejauh ini Martono tidak bersedia menyatakan bahwa hilangnya pesawat Adam Air di Sulawesi diakibatkan oleh air pocket. ''Tidak seperti itu, apa yang saya sampaikan hanyalah sebuah kemungkinan bahwa bisa saja pesawat Adam Air itu jatuh karena fenomena air pocket,'' ungkapnya. Karena itu, ia pun enggan memprediksi seberapa besar kemungkinan jatuhnya pesawat berbadan oranye ini akibat fenomena alam ini.

Tak ada penjelasan ilmiah
Selain karena fenomena air pocket, Martono menjelaskan Indonesia memiliki beberapa titik yang berbahaya bagi penerbangan. Salah satunya adalah perairan Masalembo di Sulawesi Selatan, dan Teluk Bayur di Sumatera Barat. Namun Martono menegaskan fenomena alam di dua lokasi ini berbeda dengan fenomena alam yang menjadi kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat Adam Air yaitu air pocket.

Khusus di perairan Masalembo, ungkapnya, lokasi ini pernah menelan tiga buah pesawat yang menghilang secara msiterius. Hingga kini nasib ketiga pesawat yang hilang secara berurutan di tahun 1961 ini belum bisa diketemukan keberadaannya. Karena itu, Martono menyebut kawasan ini sebagai Segitiga Bermuda-nya Indonesia akibat peristiwa misterius hilangnya pesawat di tempat ini.

''Disebut seperti itu, karena seperti Segitiga Bermuda, fenomena hilangnya pesawat di perairan ini tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, namun terjadi,'' katanya. Seperti di Segitiga Bermuda, fenomena hilangnya tiga pesawat di perairan Masalembo juga tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Apalagi, hingga kini pesawat naas itu hilang begitu saja seakan ditelan bumi.

Risiko Kecelakaan Ia menambahkan, semestinya pada Januari hingga Februari tidak diadakan pelayaran maupun penerbangan di lokasi tertentu yang berkemungkinan terdapat air pocket. Pasalnya dalam bulan-bulan ini kondisi cuaca memperburuk kondisi alam saat berlayar maupun terbang. ''Tapi, sayang di sini sudah dianggap biasa karena menjadi hal yang rutin,'' ujarnya.

Menurut data penerbangan titik aman kecelakaan justru berada saat pesawat berada di udara. ''Walaupun pernah terjadi, tapi persentasenya bisa diabaikan,'' kata Kamis. Malahan kemungkinan kecelakaan tertinggi berada di bandara. Ketika itu kemungkinan terjadi kecelakaan 100 persen. Sementara saat take off kemungkinannya jauh berkurang, hanya 13 persen sampai 19 persen.

Pesawat berada dalam titik tenang saat berada di udara. Lalu kemungkinan kecelakaan kembali meningkat saat akan menurun, yaitu 81 persen sampai 87 persen. Saat telah mendarat pun masih terdapat kemungkinan kecelakaan sebesar 1 persen. ''Ini pernah terjadi di Pulau Kenari ketika pesawat yang sudah mendarat malah tabrakan dengan pesawat lainnya di ujung landasan dan menewaskan lebih dari 500 penumpang,'' tutur Martono.
(uli/ria =republika.co.id)
 
Last edited by a moderator:
Iya deeh............... oM, pE lit amat...
tapi tulisannya cukup memberikan penjelasan baru tentang misteri segitiga bermuda masalembo, tapi koq adanya di laut Sulawesi ?
Pahalanya kirim lewat e-mail aja yach.......... biar gak ribet.
Julie, Makassar
 
Back
Top