Racun dalam Cokelat

Megha

New member
Suka makan Cokelat? kayaknya gak tua gak muda hampir semuanya suka sama cokelat, bahkan jaman sekarang makan cokelat sudah hampir sama dengan makan nasi. Bukan main... hati-hati Den soalnya cokelat bisa memicu migrain, itu kata orang-orang jenius lho. Eh, tapi bener gak yah? itulah yang sampe sekarang masih jadi perdebatan para ahli dan mengandung sejuta tanda tanya dibenak saya (termasuk Raden forum juga bukan?)

Dibalik rasa cokelat yang Hmmm..... menggemaskan, ternyta menyimpan kejahatan oleh esensial kimia didalamnya. Kalau orang-orang pintar disana menyebut kimia ini dengan Xanthin. Xanthin yang terdapat pada cokelat mempunyai efek pada otak, tapi kadar xanthin dalam cokelat ini gak bisa dipastiin berapa angkanya karena setiap batang cokelat, dengan berbagai merek punya resep yang berbeda dan tentu dengan ramuan rahasia sampe cucu cicit.

Pokonya yang jelas makanan favorit dihari falentine itu mengandung kakao, gula, mentega, dan susu. Kadang ditambah Rum supaya rasanya lebih nikmat. Adapun bahan yang mengandun xanthin adalah Kakao. Xanthin, teryata menyimpan beberapa kimia jahat untuk anak-anak seperti kafein, theopilin, dan theobromine yang dikenal punya pengaruh terhadap kerja jantung, kandung kemih dan reaksi otak manusia. Xanthin yang masuk kedalam tubuh pastinya gak banyak-banyak amat, tapi akibatnya kepala bisa jadi Nyut-nyutan bukan main.

Lho kok bisa?? pada tubuh anak-anak, enzim atau bahan-bahan organis lainnya belum berkembang secara lengkap. Padahal enzim sangat diperluakn bagi proses biokimia untuk mengolah makanan yang masuk ketubuh. Apalagi pada masa pertumbuhan, anak-anak sangat rentan terhadap berbagai macam bahan kimia dari luar.

Dengan pertumbuhan enzim yang belum sempurna itu, kandungan kakao bisa dengan sendirinya melumpuhkan zat-zat enzim yang serta merta masuk bersamaan kedalam tubuh. kalo nih ya, kumpulan xanthin mandek diotak atau pusat perangsangan saraf, maka bagian itu jelas banget bakalan terganggu, dan akhirnya bakalan berefek Senut-senut berkepanjangan dikepala. Nah lho, kita aja yang udah dewasa dan remaja kadang sampe gak kuat nahan rasa sakitnya gimana sama anak-anak??

bukannya bermaksud Profokator nih, saya sih kalo cuma makan beberapa potongan kecil cokelat masih oke-oke aja. Tapi kalo udah lebih dari itu, Mana tahaaaaaaaaaaaan!!
 
Back
Top