pengertian ibadah

nurcahyo

New member
Ibadah itu banyak macamnya. Ia mencakup semua macam keta-atan yang nampak pada lisan, anggota badan dan yang lahir dari hati. Seperti dzikir, tasbih, tahlil dan membaca Al-Qur'an; shalat, zakat, puasa, haji, jihad, amar ma'ruf nahi mungkar, berbuat baik kepada kerabat, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil . Begitu pula cinta kepada Allah dan RasulNya, khasyyatullah (takut kepada Allah), inabah (kembali) kepadaNya, ikhlas kepadaNya, sabar terhadap hu-kumNya, ridha dengan qadha'-Nya, tawakkal, mengharap nikmatNya dan takut dari siksaNya. Jadi, ibadah mencakup seluruh tingkah laku seorang mukmin jika diniatkan qurbah (mendekatkan diri kepada Allah) atau apa-apa yang membantu qurbah. Bahkan adat kebiasaan (yang mubah) pun bernilai ibadah jika diniatkan sebagai bekal untuk taat kepadaNya.


sumber : almanhaj.or.id - Berjalan Di Atas Manhaj As-Salaf Ash-Shalih
 
Last edited:
Asalammualaikum...

Ibadah bagaikan format dalam komputer...
Jika komputer tidak menjalankan formatnya dengan benar, maka itu dikatakan rusak.
Bagaimana dengan manusia yang tidak menjalankan formatnya?
Lihatlah:
harimau tidak akan pernah memakan rumput karena ia menjalankan formatnya kepada Allah, begitu juga unta tidak akan memakan daging karena ia menjalankan formatnya dihadapan Allah.
Manusia dan jin diberi waktu dan kesempatan untuk beribadah dan bertitah, semuanya adalah format. Jika format tidak dijalankan, akan terjadi kesalahan, dan jika kesalahan terlalu sering maka akan terjadi "paradox"... Paradox identik dengan "kiamat"...
 
tulisan anda lumayan membantu saya dalam mengerjakan makalah tapi ko sedikit, yang banuyak atuh. by Al-fatah
 
Back
Top