tips membersihkan luka(disinfeksi)

ubay

New member
disinfeksi adalah tindakan membersihkan luka yang terbuka dan kotor untuk mencegah terjadinya infeksi.
caranya;taruhlah/balutlah luka dengan sepotong kain kasa steril agar tidak terkena luka pada saat pencucian]
,basuh dan sabuni kulit di sekitar luka kemudian angkat kain kasa dari luka lalu siram dengan air steril
untuk membasuh kotoran dan darah beku.jika masih terdapat darah beku pada luka,ambil dengan pinset
yang sudah di sterilkan dengan air panas atau alkohol.tutup lagi luka dengan kain kasa steril yang halus/lembut dan baru
,bawa penderita segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.
 
kepepetnya gakda apa2, pakai air suam2 kuku & kapas. basuh perlahan di sekitar luka. usahakan sebelum di usap, kapas di peras dulu. jangan lupa, tangan harus bersih lho.....kalau ada, setelah dibersihkan pakai air hangat, beri betadine pada luka nya.
 
Bls: tips membersihkan luka(disinfeksi)

menurut w seh...klao ada luka....beli 1 botol cairan infus ( yg murah aja) buat lubang kecil di kpl botol....semprotkan aja ke luka....sambil di bersihkan dgn kain kasa ( kalo terjadi pendarahan...tekan kain kasa pada luka ampe pendarahan na berhenti )......kalu dah bersih...ambil 1 lembar kain kasa steril en lembabkan dgn cairan infus...kemudian tutupkan pada luka en bungkus.....tiap hr ganti 1 x sampai luka sembuh...gt deh....(yg paling penting pd luka adalah kebersihan....kalo luka kt bersih...dijamin gak bakalan infeksi....walaupun luka pd penderita diabetes)
 
Bls: tips membersihkan luka(disinfeksi)

kalo lebih kepepet lagi, misalnya kecelakaan di jalan raya, engga ada toko,apotik atau masyarakat yang bisa membantu, ambil aja lap yang udah dibasahin bensin dari tanki. usap2kan pada luka.
 
Back
Top