Hal penting yang perlu dilakukan jika ingin memulai usaha

EsterAntonia

New member
Business plan adalah hal yang sangat vital dalam setiap bisnis. Jika anda menjalankan atau berencana untuk menjadi wirausaha(membuat bisnis sendiri), semakin banyak yg anda tahu tentang business plan, bisnis anda akan semakin sukses.

Apa itu Business Plan?

Business plan adalah dkoumen yang berfungsi sebagai blueprint bisnis anda. Ini penting jika anda ingin mendapatkan pinjaman, tapi tetap penting meskupn anda tidak mencari pinjaman. Ketika anda ingin mengembangkan dan mengelola bisnis anda, business plan akan membantu anda tetap fokus pada kemana bisnis anda ingin diarahkan dan bagaimana cara mencapainya. Terkadang orang sering berbelok ketika akan mengembangkan produknya sehingga karakter bisnis orang tersebut hilang. Dalam pandangan tersebut, business plan bisa disebut sebagai sebuah peta untuk mencapai tujuan bisnis anda.

Manfaat lain dari membuat business plan adalah anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis anda, mengelola keuangan anda, memelihara pertumbuhan bisnis anda.

Apa saja yang ada di dalam Business Plan?
* Executive Summary ? Gambaran ikhtisar tentang dokumen tersebut yang berisi informasi tentang sejarah bisnis anda, tujuannya, dan produk atau jasa yang anda tawarkan. Biasanya jg ditambahkan gambaran tentang pasar dari produk atau jasa anda, daya saing anda(competitive advantage), rencana pengembangan bisnis, orang-orang penting yang terlibat dalam bisnis anda dan keperluan dana untuk bisnis anda.
* Market Analysis ? Deskripsi dari pasar yang anda pilih, dan permintaan akan produk atau jasa anda. Persentase jumlah pasar yg akan didapat sesuai dg yg kamu ramalkan dan mengapa demikian.Seharusnya menampilkan gambaran umum dan kesimpulan tentang data penelitian pemasaran yang sudah diperhitungkan , tapi detail penuh tentang penelitian pasar anda harus diletakkan di Appendix.
* Company Description - Gambaran tentang bagaimana elemen2 yang berbeda dalam bisnis anda bisa saling membantu, termasuk informasi tentang bisnis anda dan faktor sukses yang anda rasa akan membuat bisnis anda sukses secara terus menerus dan menguntungkan.
* Organization and Management ? Siapa orang-orang penting dalam bisnis anda, bagaimana pengalaman mereka, keahlian, dan tingkat pendidikannya. Siapa yang bertanggung jawab terhadap aspek2 tertentu dalam bisnis anda? Berapa gaji yang akan anda bayarkan pada mereka. Termasuk di dalamnya struktur organisasi.
* Marketing and Sales Strategies ? Bagaimana cara anda mempromosikan bisnis anda, bagaimana anda akan menyampaikan produk atau jasa anda ke konsumen, biaya distribusi dan promosi, bagaimana anda akan mengukur keefekifan metode yg sudah anda lakukan. Ditambahkan juga strategi pemasaran dan pengiklanan, dan strategi pengembangan bisnis.
* Products and Services - Apa produk dan jasa yang anda tawarkan. Apakah produk anda sudah jadi dan langsung dijual atau masih dibuat dulu? Apa yang membuat produk anda unik? dsb.

Artikel merupakan terjemahan dari :
http://homebusiness.about.com/od/getstarted/a/bizplanBasics.htm

Contoh :
http://indonesia.smetoolkit.org/indonesia/id/content/id/236/Contoh-Rencana-Bisnis
http://www.bplans.com/Sample_Busine.../Brewery_Business_Plan/Company_Summary_fc.cfm

Artikel yang berkaitan :
http://www.danamon.co.id/content_a.php?idCon=171&lng=1&mn=4&bn=4
http://indonesia.smetoolkit.org/indonesia/id/content/id/793/Membuat-Rencana-Bisnis-yang-Efektif
 
Bls: Hal penting yang perlu dilakukan jika ingin memulai usaha

Bener banget..
Business plan sangat penting dalam memulai suatu usaha. sekecil apapun usaha itu...

Walaupun hanya berdagang bakso ataupun jadi pengusaha angkot, Business plan akan membatu kita dalam pencapaian tujuan akhir...
 
Back
Top