Matematika? Kecillllll...
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Matematika? Kecillllll...

Matematika? Kecillllll...



Kamis, 17 Juli 2008 | 14:45 WIB
www.kompas.com


JAKARTA, KAMIS - Para pemenang 12th Po Leung Kuk Primary Mathematics World Contest 2008 yang diadakan di Hongkong, 12-16 Juli kemarin, sepakat bahwa matematika tak sesulit yang dikira anak-anak sekolah pada umumnya.

Menurut Christa Lorenzia Soesanto, salah satu pemenang first class honour dalam kompetisi ini, matematika itu tidak sulit jika melihatnya dengan logika dan nalar. "Kemarin soal-soal yang dikasih (adalah) matematika logika yang membutuhkan nalar, seperti aljabar, geometri, dipecahkannya juga dengan menggunakan trik-trik baru berdasarkan logika," ujar Christa seusai jumpa pers di Jakarta, Kamis (17/7).

Christa mengatakan, soal-soal dalam kompetisi tersebut bahkan cenderung lebih mudah dibandingkan soal-soal yang biasanya diberikan kepadanya untuk latihan. Rekannya, Stefano Chiesa Suryanto, juga mengatakan bahwa belajar matematika itu tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut Stefano, lihat saja soal-soal matematika itu sebagai sebuah tantangan. "Kayak tantangan aja, jadinya terus cari tahu ngerjain sesuatu itu kayak gimana. Seru gitu ngerjainnya," ujar Stefano pada kesempatan yang sama.

Semangat belajar matematika bagi keduanya memang datang dari kecintaan terlebih dahulu terhadap bidang studi ini. Christa dan Stefano mengaku mulai jatuh cinta pada matematika dari rumah mereka masing-masing. Christa dibimbing ayah dan ibunya melalui berbagai perhatian dan fasilitas, sementara Stefano diajari dengan tekun oleh ayahnya.

Menurut ibu Christa, Betsy Prawiroharjo, dia dan suaminya sudah menaruh perhatian pada perkembangan kecerdasan kedua putrinya sejak mereka kecil dengan sistematis. "Dari mereka kecil, saya menaruh banyak alat-alat untuk bermain. Jadi saya tinggal melihat kecenderungannya ke mana. Kalau dia suka menghitung mainannya, warna-warnanya, saya arahkan mereka ke matematika," ujar Betsy ketika ditemui Kompas.com.

Setelah itu, mereka terus memastikan bahwa ketertarikan dan hobi kedua putrinya pada matematika. Kemudian mereka juga mendukungnya dengan beberapa kursus tambahan yang menambah kemampuan Christa dan adiknya dalam matematika. Betsy mulai membelikan poster-poster matematika, seperti perkalian dan pembagian, dan ditempelkan di tembok rumah. "Mama nempel-nempelin itu, jadi otomatis setiap hari melihat," ujar Christa.

Stefano juga mengatakan bahwa ayahnya mengajarinya secara berjenjang, mulai dari mengajar konsep-konsep dasar lalu mengerjakan soal dan mendukungnya dengan beberapa kursus tambahan. "Ya, yang penting kalo ngerjain matematika itu enggak boleh gampang nyerah," kata Stefano.

Hal itu juga ditegaskan oleh Direktur Direktorat Pembinaan TK dan SD Depdiknas Mudjito. Prestasi dalam matematika muncul karena ada kecintaan terlebih dulu terhadap bidang studi ini. Kecintaan terhadap matematika pun harus ditanamkan secara berjenjang. "Orangtua dan sekolah harus mampu membuat anak-anak senang dulu dengan matematika. Kalau sudah enggak suka kan jadi susah," ujar Mudjito.

Menurut Mudjito, dalam matematika, ketimbang mencekoki anak dengan materi-materi yang sangat padat, hendaknya orangtua dan guru mulai "menulari" mereka konsep mendasar mengenai logical thinking dan problem solving dalam mempelajari matematika. (LIN)
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.766
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:

Recent Blog: Lirik Lagu Akad - Payung Teduh   
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

maematika? gedee
subhanluffy
subhanluffy subhanluffy is offline
World Level

Post: 12.414
 
Reputasi: 252






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

matematika ada yang susah ada yang gampang
subhanluffy
subhanluffy subhanluffy is offline
World Level

Post: 12.414
 
Reputasi: 252






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

Kutip:
Oleh subhanluffy View Post
matematika ada yang susah ada yang gampang
Emang sih.. Tapi, asal kita paham soal n caranya, pasti jadi gampang koq!!!

Sebenarnya, w termasuk orang gak begitu minat alias gak terlalu kuat di MTK.. Cuma entah kenapa terkadang w bilang MTK tuh asik.. Klo w bisa jawab satu soal yang cukup rumit, jadi punya kepuasan tersendiri.. (lebbayyy deh..) Hhe..
Yukari-san
Yukari-san Yukari-san is offline
National Level

Post: 667
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Matematika? Kecillllll...

tapi mending, walaupun gak belajar asal kita paham nilai tetep maksimal
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.766
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:

Recent Blog: Lirik Lagu Akad - Payung Teduh   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

Lah, kalau buat saya matematika justru lebih mudah daripada mata pelajaran lainnya, soalnya kalau ngerjain matematika nggak ketemu jawabannya kan masih bisa diakali pakai cara-cara lain, beda sama mata pelajaran lainnya yang sekalinya jawabannya nggak ketemu udah jalan buntu.
Monoxdifly Monoxdifly is offline
City Level

Post: 292
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

Wah keren amat Bro sharingnya.. jadi membuka wawasan baru buat ane ni.. thank ya..
kembarpro
kembarpro kembarpro is offline
City Level

Post: 193
 





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

Tergantung yang bicara, Kalau ane mah Matematika gedeee
karangercon karangercon is offline
Village Level

Post: 56
 
Reputasi: 0

__________________
Sewa Tenda | Rental Tenda





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

Kutip:
Oleh subhanluffy View Post
matematika ada yang susah ada yang gampang
Contoh yang mudah/gampang itu 10 + 10 = 20 ya den hehhe
Yang susah itu matematika saat tawar menawar sama pedagang yang keras saat belanja
msyahrul
msyahrul msyahrul is offline
Continent Level

Post: 3.903
 
Reputasi: 28






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Matematika? Kecillllll...

waduhhh matematika kecil, gedeeee gede bgt malah..
gustianalamsyah
gustianalamsyah gustianalamsyah is offline
National Level

Post: 1.518
 
Reputasi: 14

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.