Janji Selesaikan Reaktor Nuklir Tepat Waktu

Status
Not open for further replies.

pratama_adi2001

New member
Janji Selesaikan Reaktor Nuklir Tepat Waktu

TEHERAN - Kepala Keamanan Rusia Igor Ivanov menyatakan pembangkit nuklir Iran akan berdiri pada September mendatang sesuai jadwal. Penegasan itu diungkapkan Ivanov setelah bertemu pemimpin Negara Islam tersebut kemarin.

"Rusia serius memenuhi kewajiban untuk menyelesaikan pembangkit nuklir Bushehr tetap waktu," katanya seusai bertemu menteri luar negeri Iran, Manouchehr Mottaki. Pada September 2006, kedua negara menyepakati September 2007 sebagai tengat waktu mulai beroperasinya stasiun nuklir Bushehr buatan Rusia di semenanjung barat daya Iran.

Pembangkit tersebut akan memproduksi listrik mulai November dan bahan bakar nuklir akan dipasok tidak lebih dari Maret. Dalam kunjungan ke Iran kemarin, Ivanov juga bertemu Presiden Ahmadinejad dan Kepala Keamanan Nasional Iran yang juga negositor Iran ternama, Ali Larijani.

Hingga Sabtu, Iran belum memastikan kapan proyek nuklirnya beroperasi. Agen energi Iran juga membantah pernyataan pejabat senior bahwa Teheran mulai membangun 3.000 mesin untuk memperkaya uranium.

Namun, Hossein Cimorgh, public relations director Organisasi Energi Atom Iran, menyatakan mesin baru kini dibangun di Natanz. Proyek pengayaan uranium Iran ini sempat jadi perbincangan dunia karena Iran dituding akan memproduksi bom atom. (afp/ina)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top