sampel Tanah Mars Kembali Menggumpal

gupy15

Mod
sampel Tanah Mars Kembali Menggumpal



Selasa, 29 Juli 2008 | 19:25 WIB

PASADENA, SENIN - Wahana Phoenix Mars Lander kembali kesulitan memindahkan sampel tanah Mars ke instrumen yang akan memeriksa ada tidaknya kandungan air. Sampel tanah yang diduga mengandung es menggumpal di dalam sekop yang mengeruknya.

Dari sekitar 3 centimeter kubik sampel tanah Mars yang diambil, hanya sebagian yang masuk ke dalam ruang pemanggang TEGA (Thermal and Evolved Gas Analyzer). Akibatnya proses pemanggangan sampel untuk mendeteksi kandungan air tidak dapat dilakukan karena pintu ruang pemanggang tidak menutup.

"Kami yakin material yang kami cari justru yang menggumpal di bagian dalam sekop," ujar Barry Goldstein dari Laboratorium Propulsi Jet NASA. Untuk itu, para insinyur NASA akan mencoba strategi baru untuk memindahkan sampel. Foto-foto sampel yang menggumpal telah dikirim untuk dianalisis.

Mereka mungkin akan kembali menggetarkan sekop agar sampel tanah lebih mudah jatuh. Cara tersebut berisiko menyebabkan hubungan arus pendek seperti yang terjadi pada saat pengukuran pertama. Hal tersebut diharapkan tidak terulang apalagi instrumen tersebut saat ini berfungsi dengan baik.
www.kompas.com



NASA/JPL-Caltech/University of Arizona/Max Planck Institute
Sampel tanah Mars menggumpal di bagian dalam sekop.
 
Back
Top