Konsumsi Jeruk saat Menstruasi

Mawardian

New member

SINDO - BUAH jeruk memang yang paling kaya kandungan vitamin C-nya. Sebuah jeruk (manis) mengandung sekitar 70 mg vitamin C, atau lebih dan 100 persen dafi jumlali asupan yang disarankan oleh dokter.

Vitamin C sangat penting untuk menekan terbentuknya radikal bebas dan ampuh melawan gejala flu. ?Jeruk juga membantu tubuh menyerap zat besi dan makanan, terutama saat datang bulan. Namun bisa diganti dengan sumplemen vitamin C,? tutur Rimbawan Ahli gizi dan IPB.

Karena itu, dia menyarankan agar wanita yang sedang haid untuk mengonsumsi banyak jeruk. ?Sebab saat haid sejumlah zat besi dalam darah berkurang,? jelasnya.

Vitamin ini juga merangsang pembentukan kolagen jaringan, mempercepat proses penyembuhan luka atau pendarahan. Selain itu vitamin C pada jeruk pada umumnya juga mengandung senyawa tambahan yaitu limonin, limonin glukosit, limonen, dan hesperidin.

Senyawa itu berfungsi mencegah perubahan sel menjadi kanker. Limonen juga ikut meningkatkan aktivitas protein untuk menghambat hormon yang berkaitan dengan terjadinya kanker payudara. Jadi, penting untuk kaum wanita mengonsumsi 1-2 buah jeruk agar terhindar dan risiko kanker dan berbagai penyakit lainnya.
 
Back
Top