Pecahkan Soal Sulit dengan Logika Game

uRaN

New member
Lagi-lagi Indonesia kembali menuai berprestasi. para siswa jenjang SMP mengharumkan nama bangsa dalam lomba matematika di Hongkong yang juga diikuti oleh 15 negara.

Senyum terus tersungging pada lima wajah gagah mungil ?yakni Stefano Chiesa Sunyanto, 11; Richard Akira Heru, 12; Christa Lorenzia Soesanto, 12; Fransisca Susan, 12; dan Peter Tirtowijoyo Young, 12? saat jumpa wartawan di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Kamis (17/7).

Kelima anak itu adalah peraih predikat first class honor atau Setara medali emas pada 12th Po Leung Kuk Primary Mathematics World Contest (PMWC) di Hongkong.

Ekspresi yang tak kalah gembira juga tampak pada wajah Nicholas Tarino, 11; dan Vincent, 11, yang meraih second class honor (setara perak) serta Reynaldi Satrio Nugroho yang mampu meraih third class honor (setara perunggu).

Chiesa, Christa, Fransisca, dan Nicholas dengan bangga menunjukkan piala perak yang menandakan raihan best overall performance. Empat putra-putri terbaik Indonesia itu tergabung dalam Tim Indonesia 1.

Untuk kategori team competition, Tim Indonesia 1 menempati posisi first runner-up. Tim tersebut juga merupakan salah satu di antara enam tim yang meraih posisi juara (the champion) untuk best overall performance, selain Bulgaria, AS, Tiongkok, Taiwan dan Filipina, Sementara itu, Peter,Reynaldi, Fransisca, dan Vincent yang tergabung dalam tim Indonesia 2 gagal tampil maksimal pada kategori beregu.

Peter, putra pasangan Steven Tirtowijoyo dan Rani Tirtowijoyo tersebut punya tips jitu ketika mengerjakan soal-soal matematika. ?Strateginya, buat kayak main game aja. Seru gitu ngerjainnya sampai benar-benar menang,? ujar siswa SMP Petra 1 Surabaya tersebut berapi-api. Menurut satu-satunya wakil Indonesia asal Surabaya tersebut, soal-soal dalam kompetisi ternyata lebih mudah dibanding soal-soal latihan. Widih keren banget caranya, sukses terus deh buat matematikawan cilik Indonesia (Indopos)
 
Back
Top