Manfaat sehat ASAM JAWA Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Manfaat sehat ASAM JAWA



Nama Latin : Tamarindus indica, Linn.
Familia : Leguminosae

Uraian :
Asam jawa (tamarindus indica) adalah sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras. Bisa tumbuh besar dan berdaun rindang. Batang pohonnya yang keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerahan denganan polong berwarna coklat dengan rasa khas asam. Dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2 5, berbentuk pipih dengan warna coklat kehitaman.
Sebutan Lokal :
Asem (Jawa), Tamarind (Inggris), Tamarinier (Perancis), Asam Jawa (Indonesia), Celangi atau Tangkal asem (Sunda);


Komposisi :

Efek Farmakologis :

Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Penyakit Yang Dapat Diobati :

Asma, Batuk, Demam, Sakit panas, Reumatik, Sakit perut, morbili; Alergi/biduren, Sariawan, Luka baru, Luka borok, Eksim, Bisul; Bengkak disengat lipan/lebah, Gigitan ular berbisa;

Pemanfaatan :

1. Asma
Bahan: 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air
sampai mendidih, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari
2. Batuk Kering
Bahan: 3 polong buah asam jawa, genggam daun saga
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air
sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
3. Demam
Bahan: 1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya;
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan liter air
sampai mendidih, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

4. Sakit Panas
Bahan: 2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam
secukupnya
Cara membuat: kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air
panas, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum biasa
Catatan: bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini
5. Reumatik
Bahan: 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu =
jawa)
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus
Cara menggunakan: dipakai untuk kompres bagian yang sakit

6. Sakit perut
a. Bahan: 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih
dan minyak kayu putih secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut dicampur sampai merata
Cara menggunakan: digunakan sebagai obat gosok, terutama
pada bagian perut
b. Bahan: 3 polong buah asam jawa, 1 potong gula aren
Cara membuat: kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air
panas, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum biasa
c. Bahan: 2 polong buah asam jawa, 1 rimpang kunyit sebesar ibu
jari, 1 potong gula kelapa
Cara membuat: Kunyit diparut, kemudian dicampur dengan bahan
bahan lainnya dan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian
disaring
Cara menggunakan: diminum biasa

7. Morbili
Bahan: 1 - 2 potong buah asam jawa yang telah masak, 2 rimpang
kunyit sebesar ibu jari
Cara membuat: kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut
dicampur sampai merata
Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak/obat gosok bagi
penderita morbili

8. Alergi/Biduren (Jawa)
Bahan: 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam
secukupnya, sendok kapur sirih.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air
sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

9. Sariawan
Bahan: 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu
jari, 1 potong gula kelapa
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus sampai mendidih
hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum biasa

10. Luka baru
Bahan: daun asam jawa secukupnya
Cara membuat: daun asam jawa dikunyah sampai lumat
Cara menggunakan: ditempelkan pada luka

11. Luka borok
Bahan: beberapa biji asam jawa (klungsu = jawa)
Cara membuat: biji asam jawa ditumbuk halus
Cara menggunakan: ditempelkan pada luka, kemudian diperban

12. Eksim dan Bisul
Bahan: 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom =
jawa), 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit
13. Bengkak karena disengat lipan atau lebah
Bahan: 3 - 5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya
Cara membuat: biji asam jawa ditumbuk halus
Cara menggunakan: bagian yang bengkak dibersihkan terlebih
dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih,
kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa
tersebut.


Komposisi :

KANDUNGAN KIMIA : Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Source :
iptek.net.id
rsherbal.blogspot.com
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Masya allah, ternyata buah asam jawa ini banyak manfaatnya, nggak tau kenapa aku kurang suka kalau konsumsi langsung asam jawa ini, padahal didaerahku ada lumayan banyak pohon asem jawa..
Village Level

Post: 72
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Dimakan/dicemil langsung juga enak kok. Dicocol pake gula.
hmmm air liurku keluar.
Second_Sister
Mod

Post: 3.118
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Kutip:
Oleh Guritaikan View Post
Masya allah, ternyata buah asam jawa ini banyak manfaatnya, nggak tau kenapa aku kurang suka kalau konsumsi langsung asam jawa ini, padahal didaerahku ada lumayan banyak pohon asem jawa..
Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Dimakan/dicemil langsung juga enak kok. Dicocol pake gula.
hmmm air liurku keluar.
wajar aja kalau nggak suka, karena memang rasanya yang asam dan untuk sebagian orang gak cocok di pencernaan

bener tuh kata non Dipe, divemil pakai gula enak aduhh jadi ngiler.. Kalau lagi batuk si emak biasa buatin megha minuman asam jawa dengan cara menyeduh asam jawa ditambah gula putih diaduk sampai larut ya salaaam jadi ngiler bayanginnya
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

ada yang tau ga kenapa d sebut asam jawa
padahal d sulawesi lbh banyak asam kayak gitu
mojave
Mod

Post: 51.144
 
Reputasi: 1163






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Kutip:
Oleh mojave View Post
ada yang tau ga kenapa d sebut asam jawa
padahal d sulawesi lbh banyak asam kayak gitu
Kalo menurut polly-shielda.blogspot.com

Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa. Tumbuhan ini sendiri didatangkan oleh orang-orang dari India.
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Kutip:
Oleh Megha View Post
Kalo menurut polly-shielda.blogspot.com

Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa. Tumbuhan ini sendiri didatangkan oleh orang-orang dari India.
thx infonya non ganjen [risih juga dgn julukan ini kayak sesuatuuu banget ]
mojave
Mod

Post: 51.144
 
Reputasi: 1163






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Kutip:
Oleh mojave View Post
thx infonya non ganjen [risih juga dgn julukan ini kayak sesuatuuu banget ]
Alhamdulillah ya sudah melekat sih mau diapain lagi

Asam jawa ini ternyata di beberapa daerah di jadikan cemilan dan oleh-oleh di daerah Ciater sempet nemuin satu toko yang membuat manisan asam jawa ini. Suegerrrr banget, dan bisa menghilangkan mual dikala berkendara..
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

Selain karena banyak dipakai oleh orang jawa sehingga disebut asam jawa, ada juga sebab lain mengapa asam jenis ini disebut sebagai asam jawa...
Ini dipopulerkan oleh para pedagang dan masyarakat Sumatera yang lebih mengenal asam jenis lain yaitu asam kandis dan asam gelugur... mereka menyebut jenis ini sebagai asam jawa karena asam ini ditanam sepanjang jalan Anyer - Panarukan yang dibangun oleh gubernur jenderal Belanda Daendels yang menyusuri hampir seluruh pulau jawa...

Selain itu juga hampir dipastikan di jalan2 utama yang dibangun oleh Belanda pada masa itu di Pulau Jawa selalu ditanami asam ini di pinggir jalannya, seperti jalan2 yang menghubungkan Semarang - Magelang - Jogja ....




-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

indonesia: Sebelumnya Solve Answer





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Manfaat sehat ASAM JAWA

@megha
ak bantu tekan tombol answ solf ya
mojave
Mod

Post: 51.144
 
Reputasi: 1163

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Manfaat sehat semangka Megha Flora, Pertanian & Perkebunan 3
Pikiran sehat, badan pasti ikut sehat! nurcahyo Kesehatan 2
Asam-asam Pepes Ayam graphe Memasak & Makanan 0
Asam - Peribahasa Gia_Viana Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.