Akhirnya kebenaran dari lagu Gaby JAUH KAU PERGI terkuak! Nih!

jamil

New member
Menjawab thread kontroversi ini lagu ega gaby caramel dan supaya teka tekinya jelas, maka ini dia jawabannya



Ternyata lah pencipta lagu itu adalah seorang blogger, namanya Agnes Davonar, ini blognya http://www.lieagneshendra.blogs.friendster.com/ , dia sampai buat buku tentang hal ini http://lieagneshendra.blogs.friendster.com/my_blog/2008/07/agnes_davonar_k.html

Graphic1a.jpg









Kontroversi lagu Gaby, berjudul JAUH KAU PERGI atau TINGGAL KENANGAN, ternyata menarik perhatian pengamat telematika Roy Suryo. Menurut pria asal Yogyakarta itu, lagu Gaby hanya bualan mistis belaka.

"Ujung-ujungnya hanya cari sensasi. Karena memang lagu tersebut bukan dinyanyikan oleh orang yang sudah meninggal," kata Roy, saat ditemui di Gedung BEJ Tower 2 lt 25, Jakarta, Rabu (16/7) sore.


Roy menduga kalau semua ini hanyalah kerjaan blogger yang tak bertanggung jawab, yang sengaja menciptakan fantasi mistis dari sebuah lagu. "Itu sama sekali tidak ilmiah menurut saya," kata pria yang pernah berseteru dengan mentalis Deddy Corbuzier itu.


Lebih lanjut Roy mengatakan, dirinya kini telah menemukan sebuah video yang suaranya diyakini sebagai Gaby yang sebenarnya.


"Saya menemukan sebuah video yang dibuat pada tahun 2005. Video tersebut menunjukkan suara penyanyi seperti yang beredar di internet," tambahnya.


Menurut Roy, melalui sebuah alat penguji kecocokan suara, Audio Spektrum Analyzer, ia menemukan video yang memiliki kesamaan suara seperti yang beredar di internet. Suara itu diyakini milik seorang mahasiswi berambut pendek asal Makassar.


"Dari fakta yang ditemukan, lagu yang beredar di internet itu sudah di-remix berulang-ulang. Video tersebut berasal dari seorang mahasiswi dengan petikan gitar, asal Makassar, yang direkam pada tahun 2005," tegasnya.


Meski demikian, ia belum berani mematenkan temuannya itu, yang disebut milik Caramel Band asal Makassar.


"Saya tidak mengatakan mahasiswi yang ada di video itu juga penciptanya. Kalau sekedar pengakuan, siapapun bisa, tapi untuk membuktikan sampai sekarang kan belum ada yang bisa. Itu yang harus dicari," tandasnya.


"Namun menurut saya, kita di sini bicara atas data dan fakta. Saya rasa kalau band-band yang saling mengaku sebagai pemilik sekaligus pencipta lagu itu, harus bisa memberikan fakta bahwa lagu tersebut telah direkam sebelum tahun 2005. Tapi kalau tidak ada, ya band asal Makassar tersebut pemiliknya," pungkasnya. (kpl/mai/bun)

kapanlagi.com











Agnes Davonar Sempat Dituduh Berkonspirasi Populerkan Lagu Geby
Rabu, 11-06-2008 08:57:21 oleh: agnes davonar
Kanal: Peristiwa
Itulah kalimat yang muncul dalam sebuah headlines news berita portal detik.com. Akhirnya setelah sekian lama, lagu jauh yang menjadi penuh dengan misterius terungkap. Lagu yang membawa kisah lirik terakhir menjadi begitu melekat hingga bermunculan kisah-kisah lain yang sesungguhnya membuat saya sendiri menjadi pusing.

Kenapa pusing? Karena kisah ini sejak awal telah saya katakan hanya fiktif, namun menyebar menjadi banyak hal dan berputar putar tak karuan hingga bermunculan kisah kisah lain.

Kutipan detik.com Nurul Hidayati - detikcom Jakarta -












Band Caramel: Lagu Jauh Bukan Milik Kami
Senin, 28-04-2008 13:47:40 oleh: agnes davonar
Kanal: Peristiwa

Ini adalah wawancara saya dengan Caramel band. Band ini berasal dari kota Malang terdiri dari personal yang didalangin oleh:

Anang sebagai gitaris,

Arief, Ega dan Putri sebagai vokalis

Angga pada Bas,

Didin pada Drum dan yang terakhir adalah

Romie pada Keyboard.

Saya mendapatkan kesempatan langsung dari ketua pendiri group ini, Anang. Mereka kini berada di Surabaya.
Lagu Jauh yang dinyanyikan oleh seorang wanita misterius. Telah menjadi kontroversi dimana-mana, bahkan nyaris menjadi lagu paling digandrungi oleh pendengarnya. Lagu ini muncul di youtube dalam banyak versi. Bahkan lagunya sendiri dicari-cari dan menjadi populer dari berbagai sharing file yang ada. kemudian menjadi diskusi hangat diberbagai forum. Saya membuat kisahnya dalam judul Kisah Lirik Terakhir. Tidak pernah berpikir bahwa kisah yang saya buat berdasarkan inspirasi lagu tersebut merebak dan menjadi populer . Sayapun merasa tergoda untuk mencari tau kebenaran lagu ini. Mungkin band Caramel dapat membantu untuk membuka kontroversi ini.



Kutipan wawancara full:



Davonar: Halo Mas Anang? Apa kabar dengan Caramel Band?

Anang : Baik.. ini Agnes Davonar yang nulis cerita Caramel ya?

Davonar: Iya neh mas, cerita yang saya bikin tentang Caramel menjadi kontroversi karena cerita itu menjadi simpang siur. Dari sumber sumber yang saya dapatkan, group andalah yang menjadi salah satu pencipta lagu tersebut. Egalah yang menjadi penyanyi

(Anang tertawa)

Anang: gitu ya.. sebenarnya terima kasih uda bikin cerita itu.



Davonar: Tapi saya sebagai penulis mendapatkan banyak sekali pertanyaan seputar kontroversi kematian sang vokalis yang dikatakan bunuh diri . . Saya sendiri membuat itu melalui berbagai pertimbangan dan jujurnya inspirasi saya sebagai penulis ketika melihat lirik tersebut membuat saya membayangkan kisah itu begitu sendu. Dan saya merasa patut mempertanggungjawabkan apa yang saya tulis kepada pembaca saya!! Bisakah anda membantu saya mengikis rasa penasaran saya sendiri terhadap siapa sosok Ega.



Anang: Hmm.. sebenarnya kami memang mempunyai personal bernama Ega. Namun jujur saja. kami pun lelah mendapatkan telepon yang hampir selalu berdering. Lagu Jauh yang menjadi kontroversi itu sesungguhnya bukanlah lagu dari band kami. Ntah dari mana rumor, tiba tiba lagu ini seolah olah menjadi bagian dari punya kami. Ega personal kami pun menjadi bingung..



Davonar : Lalu bagaimana bisa muncul istilah Ega sebagai penyanyi dan Jauh sebagai milik kelompok kalian?

Anang : Inilah akibat salah paham. Ketika kami konser banyak sekali penonton yang meminta kami untuk menyanyikan lagu tersebut. Tapi sejujurnya itu bukan lagu kami. Kami pun agak keberatan untuk menyanyikan lagu tersebut. Nah mungkin dari sana muncul gosip seperti itu!!

Davonar : Wow. Lalu sikap dari band kalian sendiri terhadap rumor ini?



Anang : Kami selalu menjawab apa yang sesungguhnya, bahkan dari wawancara radio. Kami sudah katakan bukan kami. Tapi sepertinya lagu tersebut sudah mendaging.. kami memang cukup terkenal karena lagu itu.

Davonar : Lalu kalian sendiri kenal tidak dengan penyanyi tersebut?

Anang : Hm, tadinya aku pikir kamu loh yang menyanyikan lagu itu. Soalnya cerita kamu paling populer diantara semua versi. Ternyata kamu juga bukan hehehe.

Davonar : Hehehe. Saya hanya menulis sebagai naluri. Kalau begitu yang anda tau tentang gadis penyanyi itu?

Anang : Kami mendapatkan informasi, jika penyanyi itu berasal dari Bali. Kalau tentang misteri di mana dia? Maaf , kami pun tidak tau.. kami malah berpikir kamu yang tau.. makanya kami sangat senang ketika anda muncul dan setidaknya kejelasan bisa terjawab!!

Davonar : Wow , tambah rumit ya. Saya bahkan sempat menghentikan novel itu hingga episode kedua , karena saya pikir anda bisa membantu saya dalam menelusuri kisah ini. Tapi saya senang, setidaknya saya tau sesuatu dari sini. Saya punya kesempatan untuk menulis lagi kisah ini sesuai versi saya hingga orang misterius itu datang dan memberikan penyataan

Anang : Terima kasih juga. Karena anda kami juga mendapatkan tempat di masyarakat. Tapi sekali lagi kami tegaskan bukan kami pemilik lagu itu. Kalau ada yang tau? Kami pun sangat ingin tau.

Davonar : Ok. Terima kasih. Senang berkenalan dengan Band Caramel. Terus sukses dan semoga albumnya segera keluar ya.



Dan saya pun tidak dapat menjawab langsung apa yang sebenarnya terjadi. Namun saya berpendapat lagu ini adalah milik semua masyarakat pencintanya. Siapapun pendengarnya. Saya yakin ia mencintai lagu ini, walau kontroversi merebak di masyarakat tentang lagu ini. Saya harapkan sekali lagi, masyarakat dapat berpikir positif. Di manapun Ega/Geby atau Angel sesuai karakter lagu itu, saya harap dia baik-baik saja di dunia manapun.















Wawancara Eksklusif Agnes Davonar dengan Gaby Sang Misterius
Kamis, 17-07-2008 15:12:13 oleh: agnes davonar
Kanal: Peristiwa
Setahun sudah misteri Gaby menghantui setiap orang yang resah dan paranoid karena sebuah kisah yang ada dibalik kematiannya. Agnes Davonar selalu penulis yang membawa kisah ini menjadi fenomenal akhirnya mendapatkan kesempatan langsung bertemu dengan sang Gaby yang datang dari Makassar.

Pertemuan yang tentunya diharapkan sekian lama akhirnya berhasil disatukan dalam sebuah kondisi yang cukup menarik dan ramah. Terlebih sosok Gaby yang muncul selama ini dipercaya nyata adalah akhir babak dari penantian seluruh masyarakat Indonesia. Akhirnya muncul secara terbuka agar tidak membuat penasaran dan polemik lebih panjang. Agnes Davonar selaku pengarang fiksi bahkan secara tegas menyatakan itu hanya khayalan fiksi semata. Dan dengan ini ia berhasil membuktikan bahwa apa yang ia tulis selama ini tidaklah seheboh yang dibicarakan masyarakat yang terus berpolemik tentang kisah Gaby.

Menurut Gaby, sebenarnya yang terjadi saat ini bukanlah kata yang muncul karena nama sesungguhnya namun karena konotasi yang terus berkembang dari mulut ke mulut. Gaby asal kata sesungguhnya berasal dari kata Aby , yang terdengar bila kita mendengarkan versi akustik dari lagu tersebut di internet. Aby sendiri adalah nama panggilan penyanyi yang saat ini masih berstatus kuliah di STIMK Makassar dengan nama asli Andy Besse. Ia adalah sosok gadis yang cantik dengan kulit hitam yang eksotis.

Aby sendiri selama ini memilih untuk tidak muncul ke media karena permasalahan intern dalam keluarga di mana orang tuanya sedang sakit. Sedangkan dia sendiri tinggal 8 jam jauhnya dari kota Makassar. Setelah keadaan membaik, ia pun berani ke Jakarta untuk memberikan kenyataan sesungguhnya tentang misteri dirinya.

Kutipan Agnes Davonar dalam pembicaraan di sebuah caf?.

DAVONAR : "Hai Gaby..opss. maksudnya Aby apa kabar..?"

ABY : "Baik. Kamu sendiri?"

DAVONAR : "Saya baik. Dan tentu saja menjadi baik ketika akhirnya dapat bertemu dengan anda.."

ABY: "Oh ya.. saya jadi tersanjung. Sebenanya saya juga sangat ingin bertemu anda, akhirnya dapat juga bertemu dengan penulis. Saya sudah baca cerita dari anda. Bagus dan saya koleksi."

DAVONAR : "Wah, saya juga jadi tersanjung. Oh ya Gaby. Bagaimana perasaan anda ketika tau kisah lirik terakhir menjadi melekat pada diri anda? Dan anda dituduh sudah meninggal."

ABY : "Saya sempat paranoid karena masalah itu. Tapi akhirnya setelah tau itu ternyata cerita dari anda. Saya jadi tenang. Apalagi dengar dengar lagu itu meledak di Jakarta. Kita di Makassar pun baru tau tentang masalah ini ketika heboh di infotaiment."

DAVONAR : "OK. Selanjutnya, siapa pencipta lagu yang anda bawakan dalam versi akustik?"

ABY : "Lagu itu diciptakan oleh Pay yang ketika dulu bergabung dalam sanggar Sangdipa , sebuah sanggar seni dan budaya di kampus kami. Karena saat itu saya mendengarkan lagu itu dari Pay. Saya pinjam. Kemudian pada saat itu ada acara pentas seni 2005 di kampus kami. Saya diundang bernyayi dan saya nyanyikan lagu Pay. Judulnya Jauh. "

DAVONAR : "OK. Apakah anda tau. Lagu itu merebak di internet?"

ABY : "Lagu Pay sebenarnya sudah cukup ngetop di kalangan daerah kami Makassar. Karena Pay saat itu masih dalam bentuk band indie. Sehingga tidak memiliki album. Lagu itu popular di radio dan sering dinyanyikan oleh pengamen. Namun tidak seperti sekarang, dulu tidak ada istilah Gaby dan bunuh dirinya."

DAVONAR : "Sekarang lagu itu diklaim oleh sebuah band sama bernama Caramel Surabaya . Apa pendapat kamu?"

ABY: "Ya. Tujuan saya datang ke Jakarta juga sebagai bentuk pelurusan dan permintaan maaf kepada Pay karena gara gara saya lagu ini jadi diributkan. Di sini saya hanya ingin memberikan klarifikasi terhadap kasus lagu yang direbutkan selama ini . Lagu yang saya nyanyikan adalah MURNI milik Pay, kalau ada band lain yang mengakui pencipta lagu itu. Mungkin mereka harus berpikir kejujuran dan kasian buat Pay, yang lagunya diklaim . Karena sejujurnya saya sebagai pemusik. Merasa seni itu perlu di hargai. Kita boleh menyanyikan lagu tapi kita harus bertanggung jawab. Bila itu bukan lagu kita katakan bukan. Yang terjadi saat ini adalah sebaliknya."

DAVONAR : "Apa anda tidak merasa dimanfaatkan oleh pihak tertentu?"

ABY : "Tidak sama sekali. Saya murni mendukung Pay karena saya bersumpah dan tau lagu itu milik Pay. Saya tidak pernah merasa dimaanfaatkan oleh siapapun."

DAVONAR : "Taukah anda kalau anda sekarang sudah boleh disejajarkan dengan seorang artis yang paling banyak dicari masyarakat?"

ABY: "Hahaha. Kalau tidak ada unsur kisah yang anda buat. Apa akan menjadi seperti ini?"

DAVONAR : "Hehehe. Jadi kelanjutan setelah kasus ini terhadap hidup anda. Dan harapan anda apa?"

ABY : "Ya. Saya berharap agar kasus ini dapat cepat selesai, sehingga Caramel Makassar dapat mengeluarkan album mereka. Kasian mereka, album mereka tertahan karena kasus sengketa ini."

DAVONAR : "Tidak berminat jadi vokalis Caramel?"

ABY: "Hehehe. Kalau sekedar feat ga ada masalah. Saya juga punya band sendiri bernama FEMALE. Disana saya bertindak sebagai gitaris. Jadi tidak mungkin saya bersama Caramel."

DAVONAR : "Ada niat terjun ke dunia music setelah ini?"

ABY: "Ya , kalau Tuhan memberikan kesempatan. Kenapa tidak?"

DAVONAR : "Ok, terima kasih untuk wawancara singkat ini. Anda begitu mengagumkan. Saya bersyukur kepada Tuhan menjadi orang yang bisa bertemu dengan anda pertama kali. Harapan saya pun sama. Masalah ini cepat selesai dan tidak ada lagi kesalahapahaman"

ABY : "Sukses juga buat novel kamu ya. Kan mau keluar?"

DAVONAR: "Yup, akan keluar bulan Agustus ini,. Anda jadi orang pertama yang harus membaca."

****

Aby saat ini berada di Jakarta. Dan hari ini rencananya akan mengadakan jumpa pers secara luas. Ia bahkan akan bernyanyi secara live untuk membuktikan bahwa dia adalah Aby sesungguhnya dalam versi akustik. Uniknya pakar telekomunikasi Roy Surya, hadir sebagai saksi untuk membuktikan keabsahan lagu tersebut.

Roy berkata, " Saya meyakini lagu ini milik Aby yang menyanyikan. Saya mendukung band caramel Makassar karena mempunyai banyak bukti tentang klaim lagu mereka. Saya masih menunggu bukti dari band Caramel Surabaya yang telah menyatakan lagu dari mereka. Saya tunggu. Ini harus dibuktikan kepada masyarakat. Supaya tidak ada pembohongan publik dan perampasan hak milik?


Hm.. Roy Suryo cukup lantang untuk hal ini. Agnes Davonar menjadi lega karena akhirnya apa yang ia katakan menjadi kenyataan. Bahwa Gaby atau siapapun yang ada selama ini muncul ke permukaaan masyarakat hanyalah fiksi semata yang berasal dari Kisah Lirik Terakhir.

Kisah ini akhirnya berakhir dengan kejelasan. Akankah muncul lagi sebuah berita heboh dari maya yang akan fenomenal terjadi kembali. Agnes Davonar percaya bukan tidak mungkin episode ketiga dari kehebatan dunia maya akan terulang kembali esok.














Jakarta. Penulis yang memulai kariernya dari dunia Blogger, Agnes Davonar. Mengeluarkan buku pertamanya dengan judul Kisah Lirik Lagu terakhir : Misteri Kematian Gaby dan Lagunya Jauh. Novel yang di adaptasi dari sebuah cerpen berjudul sama Kisah Lirik Lagu terakhir merupakan sebuah karya fenomenal. Mengapa fenomenal? Karena karakter Gaby dalam cerpennya tersebut kini menjadi pembicaraan dari media televisi hingga cetak bahkan forum-forum internet.

Yang unik dari karya Agnes Davonar adalah sosok Gaby dalam karakter rekaannya tersebut dianggap nyata oleh pembacanya. Terlebih novel yang terinspirasi dari sebuah lagu berjudul Jauh itu juga diikuti sebuah mistik tentang lagu kematian dimana penyanyi itu bunuh diri sehabis menciptakan lagu. Memang bulan-bulan terakhir ini Gaby karakter dalam novelnya itu menjadi terkenal di seluruh pelosok negeri.

Novel itu sempat dibuat secara online memasuki episode ke 6, namun karena niat sebuah pernerbit untuk membeli hak karyanya maka novel itu dicetak dalam buku. Agnes Davonar sendiri sempat terkejut ketika tau karyanya telah tersebar di seluruh forum internet dan blog-blog yang mengambil karyanya sebagai topik. Bahkan ia baru menyadari cerita itu begitu menakutkan hingga beberapa kali harus minta maaf kepada pembacanya kepada tayangan televisi dan media cetak.

Novel ini juga dikeluarkan untuk mengikis kisah mistik yang konon disebutkan beberapa orang sering mengalami gangguan makluk harus ketika mendengar kisah ini. Kisah lirik lagu terakhir juga ikut membuat sebuah lagu menjadi booming di pasaran. Bahkan lagu yang dinyanyikan seorang vokalis bernama Abe itu diperebutkan oleh 20 band yang merasa memiliki lagu tersebut.

Sebegitu fenomenalkah cerita ini hingga begitu banyak yang percaya akan kisah cinta Romeo and Juliet versi Indonesia tersebut. Kisah yang bermula dari cinta yang terjadi antara Gaby dan Popo dalam sebuah band bernama Caramel, memang pantas untuk menjadi koleksi novel dirumah anda. Terlebih, Agnes Davonar menjanjikan secara lengkap dan detil bagaimana perjalanan sosok Gaby hingga akhirnya ia dapat menciptakan lagu indah sebelum kematiannya.

Buku novel ini bisa didapatkan di Gramedia , Tokoh buku Gunung agung dan lain-lain untuk kawasan Jakarta senin,27 July 2008 dan selebihnya tokoh buku kota lain menyusul secara lengkap bulan Agustus. Bahkan bagi kota terpencil yang ingin punya buku ini dapat membeli secara online lewat www.bukukita.com dan menyusul provider pelayanan Qitic.com lewat layanan jaringan GSM seperti Indosat, XL, Telkomsel,Fren,3G dan AXIS akan menawarkan buku novel ini dengan mendownload via Hendphone.

Jadi buat anda yang penasaran bagaimana kisah Gaby yang begitu misterius itu, anda harus membaca novel ini.


http://lieagneshendra.blogs.friendster.com/my_blog/2008/07/agnes_davonar_k.html
 
Last edited:
Back
Top