Cara Mengatasi Demam Panggung Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Musik & Lagu
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Cara Mengatasi Demam Panggung

Kadang kita sebagai anak band sering mengalami hal yang satu ini "Demam Panggung", kalo kita itung-itung kita dah punya jam terbang manggung diberbagai tempat tapi gak tau kenapa setiap mau naik panggung timbul perasaan "nervous" atau grogi dan berujung pada tindakan jayus yang gak jelas. Nah lho, ribed kan tuh urusanny..!!
Trus Gimana mengatasinya mod ganjen?
Berikut adalah tips untuk menangani rasa grogi itu. Semoga bantu :wink:


1. Pahami bahwa perasaan grogi adalah energi positif

Apa yang loe rasakan saat grogi? Dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, dan darah seolah mengalir lebih cepat. Pahami bahwa semua itu adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri anda. Tidak ada yang salah pada energi itu. Ia perlu disalurkan secara positif. Ia semestinya menjadi bahan bakar yang mendorong presentasi anda lebih baik. Anda bisa menggunakan energi itu untuk memantapkan penampilan anda. Dan biasain sedikit bergoyang supaya semuanya jadi stabil, kayak yang pernah saya tulis diforum kesehatan. aAgim gtL

2. Bersikaplah nothing to loose

Keinginan kita untuk bersikap sebaik-baiknya mendorong munculnya perasaan grogi. Secara negatif, pikiran kita biasanya terbebani oleh ketakutan untuk membuat kesalahan, kekhawatiran akan gagal, kecemasan bila melakukan kekonyolan, dan berbagai bayangan-bayangan negatif lainnya. Sebelum anda bisa menggunakan energi grogi itu secara positif, maka terlebih dahulu anda harus menetralisir emosi-emosi negatif tersebut. Bersikaplah "nothing to loose"; tak sesuatu yang patut kita takutkan. Bila toh kita gagal, maka tidak sesuatu yang harus menjadikan kita begitu kehilangan.

3. Tenangkan diri anda

Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Keluarkan energi yang meletup-letup dalam dada anda melalui hembusan nafas yang teratur. Tenangkan pikiran dan emosi anda.Bila perlu pejamkan mata. Kumpulkan energi itu sebaik-baiknya. Jangan biarkan mengganggu ketenangan jiwa anda.

4. Kerahkan energi anda

Kerahkan energi anda. Lepaskan energi itu dari "kekangannya" . Bila para audiens memberi appalus pada pembicara sebelum anda, maka kerahkan energi anda dengan memberikan applaus yang tak kalah meriah. Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil berteriak kecil, "yes". Atau turut bertepuk tangan menyambut applaus dari audiens. Lakukan apa-apanya dengan sikap tegas. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan anda.

5. Berbicaralah dengan keras dan lantang

Bila anda berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun jugasarana menyalurkan energi tersebut. Ada baiknya anda menghafal tekspertama anda namun tetap bersikap wajar.

6. Diam

Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan anda terserap dan jadi ketegangan audiens. Bila anda merasa ketegangan di audiens sudah cukup meninggi, mulailah presentasi anda dengansebuah pembukaan yang kuat, tajam dan lantang.

7. Lontarkan humor yang wajar.

Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas. Dan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri anda.

Jadi , sekarang giliran anda untuk mencoba. Dalam satu buku, dikatakan bahwa lebih baik dicambuk daripada berbicara di depan publik, tapi begitu mencoba, maka lebih baik ditembak daripada berhenti . Jadi, give it your best Shot!! *Salam Psikologi Klinis dari Om Marbusan!!!
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Woy bagi Bintangnya Dong
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Kutip:
Woy bagi Bintangnya Dong
wah malak nih?
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Posko Pengaduan   





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Kutip:
wah malak nih?
Pastinya..!!!
Gimana nggak, pegel nih gw muter otak + ngetik
So,, biar mod ganjen ini semangat.. Bagi dong Bintangnya
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

demam panggung????? i'ts me...... hahahaahaaa......
lovelybyrne
City Level

Post: 471
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Kutip:
Oleh megha View Post
Pastinya..!!!
Gimana nggak, pegel nih gw muter otak + ngetik
So,, biar mod ganjen ini semangat.. Bagi dong Bintangnya
oke deeeh... gw kasih kaaak...... tapi bales baagi yaaaa
lovelybyrne
City Level

Post: 471
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

gw sringtuh ngaalamin yg namanya deman panggung.
tp pas lg deman panggung kadang" gk bs mikir krn saking groginya jd kacau dah semua, yg tdnya dah hafal malah gk hafal
gilag
National Level

Post: 1.508
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Hmmmph ,, hal itu xuma terjadi ama gw sekali . Pas pertama kali manggung .. Setelah ntu nggak lagi ...

Munkimn dengan Sering2 latian dirumah sambil di liatin orang banyak ..
Home Level

Post: 8
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

ngatasinya lw mikir aja 'yang tampil bukan gw sendiri kok kan bareng-bareng sama bandnya'.. cara gue kalo mau manggung,
c_karh9
National Level

Post: 1.262
 
Reputasi: 4

__________________

Intel Core 2 Duo 2.6 GHz| GNU/Linux Fedora11-Leonidas | 4 Gb of DDR3 RAM | NVIDIA GeForce 8800 GT Ultra 512 MB
***** Sell Premium Account ##########, Paypal verified, cPanel 11. Want It ? PM me ******





Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Cara Mengatasi Demam Panggung

Wah aku juga mau buat pengakuan neeh, walaupun jam terbang udah lumayan tapi Demam panggung masih aja menghantui gw dikala naik pentas. Alhasil sampe sekarang gw cuma sanggup jadi backingvocal band. biarpun begitu kadang apess menjemput gw dikala sang vocalis sakit lantaran suaranya terposir, jadilah gw yang kena imbasnya. Sialnya saat manggung kadang ketara banget kalo kaki & tangan gw gemeter, yang bisa gw lakuin cuma sedikit bergoyang ngikutin alur dan nganggep semua orang yang lagi melotot ke arah gw adalah pohon

Payah banget yakk OP nya, bisa posting tapi pas prakteknya malah gelagapan



yang punya pengalaman Demam panggung silahkan atuh di share cerita-ceritanya
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
bagaimana cara mengatasi mata kuning? Gia_Viana Kesehatan 4
Demam, apa itu demam? vabs Kesehatan 4
Demam nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.