Kroasia-Yunani ke Olimpiade Beijing

Megha

New member


KEJUTAN: Bintang Timnas Basket Jerman Dirk Nowitzki (kanan)tak berkulik mendapat pengawalan ketat Marko Banic (Kroasia) pada semifinal turnamen kualitikasi Olimpiade 2008 diAthena,Yunani, beberapa waktu lalu.


ATHENA— Kejutan besar mewarnai semifinal turnamen kualitikasi Olimpiade 2008 Beijing yang berlangsung di Athena,

Yunani, dini hari WIB beberapa waktu lalu. Timnas Basket Jerman yang digadang-gadang melaju Ice final dengan mulus karena berstatus unggulan justru dipaksa menelan kekalahan. Dirk Nowitzki dkk harus menyerah 70-76 dari Kroasia. Gara-gara kekalahan itu, Jerman harus menunda kepastian meraih tiket Olimpiade 2008 Beijing. Dua di antaratiga tiket lobs direbut Kroasia dan Yunani yang memenangi Jerman-Puerto Riko Berebut Tiket Terakhir laga semifinal lain atas Puerto Riko, 68-63.

Tak seperti turnamen pada umumnya, tim yang menang pada semifmal tumamen itu (Kroasiadan Yunani)tak perlu lagi tampildipartai final. Sebab. tak diperlulcan juara dalam turnamen tersebut, hanya tiket menuju Olimpiade. Laga pemungkas justru akan mempertemukan dua tim yang kalah di semifinal, yaitu Jerman dan Puerto Riko. ‘Mimpi itu menjadi kenyataan, ini kesuksesan besar bagi Kroasia. ini hadiah besar bagi kami. Tapi, kami tak akan pergi ke Beijing sebagai turis,” ujar guard Kroasia Marko Popovie setelah mengalahkan Jerman.Kroasia langsung unggul jauh untuk mengakhiri kuarter pertama dengan 24-14. Namun, Jerman mampu membalikkan

keadaan di dua kuarter berikutnya. Jerman unggul tipis 48-47 pada akhir kuarter ketiga.Kroasia langsung menekan begitu memasuki cuarter keempat. Tanpa banyak melakukan kesalahan di barisan pertahanan, mereka juga produktif menuai angka. Kroasia menambah 29 poin sepanjang kuarter keempat, sedangkan Jerman hanya 22 poin.

“Jerman adalah tim hebat dengan pemain-pemain spesial, mungkin salah satu yang terbaik di dunia. Kami sangat bahagia bisa mengalahkan mereka dan mendapat langkah ke Olimpiade,”

tegas Pelatih Kroasia Jasmin Repesa pada situs resmi turnamen, Sementara itu, tim tuan rumah Yunani tak mendapatkan hanyak kesulitan saat menghadapi Puerto Riko. Mereka selalu unggul didalam perburuan poin di tiap kuarter. Apalagi, mereka mendapatkan dukungan penuh dari 18 ribu pendukungnya di OAKA Indoor Sport Arena, Athena.

“Kami memiliki tim yang sangat bagus. Saat tampil dihadapan publik sendiri, kami harus meningkatkan konsentrasi dan mengambil energi dari para fans. Kami melakukan persiapan dengan baik dan saya pikir kami memang pantas mendapatkan tiket ini,” jelas Theo Papaloukas, guard Yunani. (MI)
 
Last edited:
Back
Top