Bulgaria Penghasil minyak mawar terbaik dan termahal di dunia

Megha

New member
Bulgaria : Negeri Kuntum Mawar Penghasil minyak mawar terbaik dan termahal di dunia



Apabila ingin orang mencari parfum ternama dan memiliki kualitas terbaik, tentu akan mengaitkan dengan kota Paris sebagai pusat mode dunia.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa minyak mawar terbaik yang digunakan sebagai bahan campuran parfum bukan berasal dari Perancis, melainkan dari negeri Balkan, Bulgaria.

Merek-merek parfum ternama di dunia seperti Nina Ricci, Chanel, Christian Dior, Kenzo, Givenchy dan Gucci, seringkali menggunakan minyak mawar sebagai bahan potensial bagi produk parfum andalannya. Dan saat ini mereka mulai menggemari minyak mawar Bulgaria yang konon memiliki kualitas terbaik.

Produsen utama minyak mawar dunia saat ini diantaranya ialah Bulgaria, Turki, Maroko, Iran, Perancis dan Italia. Sekitar 60 hingga 70 persen produksi minyak mawar dunia telah diimpor oleh Perancis.

Menurut para ahli, karakteristik iklim yang khusus di Bulgaria, telah membuat produksi minyak mawarnya lebih beraroma dan tahan lama. Hal inilah yang membuat produsen minyak wangi bersaing untuk memakainya.

Dalam dunia internasional, harga minyak mawar secara konstan terus meningkat, sesuai dengan jenis pengolahan yang diperlukan untuk menghasilkan bahan mentah yang berharga ini.

Harga minyak mawar saat ini telah mencapai 4.000 Euro (sekitar Rp 56 juta), yang dapat menghasilkan sekitar 1 kg minyak mawar.

Para ahli dari Institute of Roses and Essential and Medical Cultures yang berlokasi di Rose Valley (Lembah Mawar) Bulgaria, memprediksikan bahwa peningkatan permintaan minyak mawarnya bisa jadi akan melonjak tajam.

Produksivitas substansi parfum yang berharga ini, benar-benar telah menyerap tenaga kerja yang banyak. Untuk menghasilkan dua pound (= 0.9 kg) ekstrak minyak mawar, membutuhkan 5.500 pound (sekitar 2,5 ton) hingga 6.600 pound (2,9 ton) mahkota bunga mawar.

Dengan alasan itu, harga minyak mawar seringkali dibandingkan dengan harga emas. Di Bulgaria misalnya, minyak mawar seberat 0.002 lb (sekitar 9 gram) dijual 10 Euro (Rp 148 ribu).

Waktu untuk memanen bunga mawar hanya terdapat 20 hari pertahunnya. Demi mendapatkan produksi minyak mawar yang banyak dan dengan kualitas terbaik, pemetik bunga harus pergi ke kebun bunga jam 5 pagi.

Bunga mawar harus dipanen sebelum embun pagi menguap. Menurut ahli, hasil panen bunga mawar pada dua pagi hari yang berlainan akan menghasilkan minyak mawar yang berbeda karakteristiknya.

Minyak mawar tidak hanya digunakan untuk parfum dan kosmetik saja. Minuman brandy dan selai juga terbuat dari mawar. Ekstrak minyak mawar juga digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit.

Orang Amerika telah menemukan kegunaan lain dari minyak mawar, yakni digunakan untuk memelihara peralatan pesawat antariksa. Hal ini dikarenakan minyak mawar lebih tahan terhadap berbagai temperatur.

Minyak mawar juga terkandung dalam parfum paling mahal yang bermerek ?Her Majesty First?. Saat ini telah dipajang untuk dijual di Spanyol. Sebotol 500 ml "Her Majesty First? seharga 195.000 Euro ( Rp 3,6 milyar).

Satu botol mini cairan mewah ini berisi minyak essensial sedikitnya 170 jenis bunga mawar. Parfum berharga ini dibuat oleh Clive Christian yang memakan waktu 1 tahun masa pembuatannya. (Erabaru)
 
Back
Top