Kumpulan Tips dalam Memasak

TIPS MASAK

* Biasakan untuk menggantung daging selama 10�*-15 menit sebelum dipotong-potong, setelah diambil dari lemari es. Dengan demikian, sarinya meresap ke seluru daging. Masa penggantungan daging akan menghasilkan daging yang kuat, keras, dan lentur sehingga dapat dengan mudah dipotong.
* Jika membuat burger, buatlah di tengah-tengah burger tadi lingkaran kecil sekitar 1 cm. Lingkaran ini berguna agar burger dapat matang dengan sempurna karena dimasak dari dua arah (luar dan dalam).
* Memasak ayam yang sudah dipotong-potong, mulailah dari daging ayam yang berwarna lebih gelap karena warna gelap biasanya matangnya lebih lama dibanding yang berwarna putih. Dengan demikian, ayam matang secara bersamaan.
* Jangan lupa oleskan jeruk pada ikan sebelum dimasak. Air jeruk membuat ikan tambah lezat dan tak berubah warna saat digoreng.
* Agar kentang atau nasi terasa lebih nikmat dan juga air rebusan tidak tumpah ke mana-mana saat mendidih, tambahkan sesendok makan mentega atau margarin ke dalam air rebusan.
Kentang tak akan berubah warna ketika direbus jika Anda memasukkan beberapa tetes cuka ke dalam air rebusannya.
* Saat menggoreng kentang, jangan masukkan kentang berlebihan ke penggorengan karena hasilnya kentang akan berminyak, basah, dan tidak enak. Masukkan sedikit demi sedikit sehingga hasilnya sempurna.
* Kurangi makanan Anda dari minyak yang berlebihan. Sebelum diberi minyak, taburkan sedikit garam terlebih dahulu di penggorengan.
* Agar bawang cepat matang saat digoreng, tambahkanlah 1/2 sendok teh garam ke dalamnya.
* Jika Anda memasak, mulailah dengan menumis bawang merah dan bumbu lain, terakhir baru tambahkan bawang putih. Ini untuk mencegah bawang putih tidak menjadi gosong dan menimbulkan rasa pahit pada masakan.
* Masak tomat dengan panas rendah agar rasa manis yang dihasilkan tomat tidak hilang. Sebaliknya, jika memasak tomat dengan panas tinggi, tomat akan menjadi asam.

(sumber: tabloidnova,no.884-31 januari 2005)
makasih ye yam
soal goreng kentang, bener juga ya, kalau banyak2 kentang dimasukan bakal layu, berminyak gituh
dan penggunaan garam supaya bawang cepat masak n penggunaan minyak berlebihan, great
 
Back
Top