Nokia N73 VS NOKIA 5610

subhanluffy

New member


Saya mengakui bahwa Nokia N72 ME memiliki fitur yang menggiurkan seperti:
Memori eksternal 2GB
Kamera digital 3,2 mega pixel dari optika Carl Zeiss
Advanced auto-focus dan shutter mekanik
Layar lebar dan terang 2,4 inchi
Stereo FM dan mendukung Visual Radio
Speaker stereo 3-D yang terintegrasi

Ok, Kalo kamu pikir dengan fitur-fitur itu, Nokia N73 ME adalah untukmu. Kamu sebaiknya berpikir dua kali, terutama untuk orang yang seperti saya. Berikut adalah beberapa hal yang saya benci dari Nokia N73 ME.

Tombol “Notes” dan “Music” yang tak bisa dikonfigurasi. Nokia N73 memiliki 4 buah tombol di sekitar keypad-nya. Dua di antaranya adalah “Notes” dan “Music”. Fungsi mereka sesuai dengan nama mereka. Sekali saya sempat berpikir bahwa tombol-tombol ini sangat istimewa yang tidak bisa diubah fungsinya. Namun saya salah. Ketika saya mengubah beberapa shortcut pada mode standby dan memindahkan beberapa aplikasi ke folder preferensi saya, saat itulah saya menyadari bahwa kedua tombol ini kehilangan fungsinya. Setelah berusaha sejenak, akhirnya saya berhasil mengembalikan semua perubahan tersebut dan mengembalikan aplikasi-aplikasi ke tempatnya semula. Dan saya menemukan diri saya membenci akan fungsi memindahkan aplikasi ke folder lain adalah tidak berguna. Ada keuntungan dan kerugian dalam memindahkan aplikasi dari folder semula ke folder lain. Jadi, pilihan saya adalah saya memindahkan aplikasi-aplikasi ke folder pilihan saya dan membiarkan 2 tombol tersebut tidak berfungsi.

Keypad Nokia N73 yang berdekatan dan rata. Keypadnya saling berdekatan satu dengan lainnya, juga rata! Untuk seseorang yang memiliki jempol besar akan sangat menjengkelkan. Terutama saat mencoba menekan tombol “c”, tak pernah tercapai! Saya hampir selalu meleset ketika menekan tombol “c”.

Sumber daya perangkat keras yang terbatas. Respon yang lambat dan terbatasnya memori adalah hal yang umum saat menggunakan Nokia N73. Di sinilah saya dapat mengambil kesimpulan bahwa telepon genggam ini tidak cocok untuk orang kantoran (atau pebisnis) seperti saya.

Namun bagaimanapun juga, saya berterima kasih kepada Allah yang telah memberikan kamera yang indah dan telepon musik ini. Walaupun saya tetap merindukan Sony Ericsson T610 saya.
 


Lagi, Ponsel Musik Nokia

Sepertinya Nokia tidak pernah puas untuk mencipta ponsel musik. Sudah banyak ponsel-ponsel musik keluaran pabrikan asal Finlandia ini yang dilempar ke pasar. Belum saja habis masa edar seri 5200, 5300, dan 5310, kini nokia kembali menawarkan satu ponsel musiknya ke pasar. Namanya seri K5610 XpressMusic. Ponsel ini sudah dilengkapi fitur mutakhir seperti video call, browsing internet via Opera browser, Yahoo! Go hingga kamera 3,2 MPix.

DESAIN
Dari sisi desain Nokia 5610 XpressMusic pantas disebut sebagai ponsel musik. Ini terlihat dari luas layar yang melebihi separuh bodi dan tombol khas pemutar musik yang mengharuskan tombol-tombol keypadnya harus tersembunyi di balik slide. Dimensinya sebesar 98,5 x 48,5 x 17 mm tergolong berukuran sedang. Namun bobotnya boleh dibilang sedikit berat yakni 111 gram.

KEYPAD
Kemudahan mengoperasikan fitur musik ada pada tombol navigasi 5 arah khusus untuk pemutar musik yang berikon play dan pause. Di atas tombol navigasi 5 arah, ada tombol unik yang fungsinya menggeser tampilan layar utama ke fitur pemutar musik dan radio FM ke arah . Di sisi kanan atas terletak tombol volume untuk musik maupun volume ponsel.

TOMBOL SHORTCUT
Tombol shorcut ke fungsi kamera terletak di sisi kanan bawah, sehingga momen penting dengan mudah dapat diabadikan. Di bagian atas berjajar beberapa port, yaitu audio konektor 2,5 mm, micro USB dan charger. Di bagian belakang bodi ponsel terletak lensa kamera auto focus dan flash light. Speaker juga ada di bagian belakang, suara musik mengalir dari tujuh lubang kecil.

MUSIK
Penasaran dengan kemampuan ponsel musik ini, Selular langsung mentransfer beberapa file musik bergenre rock dan mencoba kualitas speaker luarnya. Diputar dengan equalizer rock, stereo widening pada posisi on, dan volume digeser sampai mentok. Hasilnya cukup memuaskan, suara musik dan vokal yang mengalir dari tujuh lubang kecil dapat didengar bersama dengan kualitas apik. Fitur music player terbilang cukup lengkap untuk pengaturan musik, seperti equalizer, now playing, playlist dan lain-lain.

KAMERA
Kamera 3,2 Mpix berlensa auto focus dilengkapi flash light cukup untuk bekal mengabadikan obyek foto. Selain itu juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi hingga 640 x 480 pixel dan format file .3gp Sebagai ponsel musik, tak lengkap rasanya jika tak dipasang pula Radio FM. Tapi seperti ponsel Nokia lainnya yang memiliki fitur radio, untuk mengaktifkannya harus mencolok headset terlebih dahulu sebagai antena.

GAMES
Pada ponsel Nokia 5610 XpressMusic yang kami terima untuk diuji, sudah terinstal 4 games popular sekaligus. Yaitu City Bloxx, Music Guess, Rally 3D dan Snake III. City Bloxx adalah game menyusun bangunan gedung bertingkat. Music Guess adalah game menebak potongan lagu yang sedang diputar secara acak, untuk melatih ingatan pada judul suatu lagu. Yang cukup seru adalah game Rally 3D, dengan tampilan 3D game balapan mobil ini menarik untuk dimainkan di ponsel.

YAHOO! GO
Popularitas Yahoo! Memang sudah dikenal orang seantero dunia. Sehingga Nokia pun memasukkan Yahoo! Versi mobile untuk kemudahan penggunanya yang sering mengakses Yahoo! Baik untuk mengecek email, melihat news, ramalan cuaca, sport, entertainment, sesuai region. Juga untuk informasi finance serta sekedar berkunjung ke situs blog foto Flickr.

MOBILE SEARCH
Sebenarnya ini adalah mesin pencari Yahoo! Yang dibenamkan di ponsel ini untuk mencari alamat web dan gambar-gambar. Kita bisa masukkan kata kunci apa saja dan klik search. Dan akan tersedia alamat web atau pun gambar yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan.

FITUR LAIN
Selain itu aplikasi music player ini juga bisa memutar video clip dan video streaming berukuran QVGA, VGA dan QCIF dengan format file berekstensi .3gp Dengan user interface S40 3rd edition, kemudahan mengakses menu-menu pilihan dapat difasilitasi. Beberapa fitur unggulan selain fitur musik seperti Yahoo! Go, Opera Browser, SMS, Alarm, kalkulator, bluetooth menu terpampang di layar bagian atas.

BATERAI
Tenaga baterai ini sebesar 900 mAh dengan model atau tipe BP-5M berteknologi lithium ion. Menurut keterangan vendor baterai ini mampu siaga selama 13 hari dan digunakan untuk berbicara selama 6 jam serta 22 jam untuk memutar musik. Saat di uji coba memutar musik selama 3 jam nonstop, baterai nya tidak berkurang secara signifikan. Indikator baterainya masih utuh seperti semula.

KINERJA
Saat digunakan untuk menerima panggilan dan melakukan panggilan, suara yang keluar cukup baik. Tidak ada gangguan suara-suara asing saat proses komunikasi berlangsung. Ketika musik sedang berjalan, begitu ada panggilan masuk atau menelopon musik akan terhenti, kemudian berlanjut lagi jika sudah selesai pembicaraan. Tapi jika untuk video call, musik yang sedang berputar akan berhenti. Performa speaker bisa diacungkan jempol untuk sebuah ponsel pemutar musik.
 
Back
Top