Manfaat Sehat Tanaman KASTUBA

Megha

New member


Kastuba berasal dari Meksiko. Umumnya, tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias di perkarangan dan di taman-taman. Kastuba bisa ditemukan pada 1--1.400 m dpl, tetapi untuk mendapatkan warna daun yang cerah lebih cocok jika ditanam pada ketinggian 600 m dpl.

Perdu tegak dengan tinggi 1,5-4 m ini mempunyai batang berkayu, bercabang, dan bergetah seperti susu. Daunnya tunggal, bertangkai, tangkai daun yang muda berwarna merah dan hijau setelah tua, letak nya tersebar. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai elips memanjang, yang besar umumnya mempunyai 2--4 lekukan, ujung dan pangkal runcing, pertulang menyirip, panjang 7--15 cm, lebar 2,5--6 cm, dan berbentuk cawan dalam susunan yang khas disebut cyathium, keluar dari ujung tangkai. Tiap cyathium berhadapan dengan daun pelindung yang besar, bentuk lanset, warnanya merah atau kuning. Cyathium tinggi nya 1 cm, hijau dengan taju merah dan satu kelenjar besar, pada sisi perut warna nya kuning orange. Buahnya buah kotak, panjang 1,5 cm, ketika masih muda berwarna hijau dan cokelat setelah tua. Biji bulat dan berwarna cokelat.

Pohon merah memilki banyak varietas yang berasal dari Eropa merupakan hasil pemuliaan. Hasilnya, tanaman menjadi lebih pendek, daun lebih lebar, dengan warna daun pelindung yang bermacam-macam, seperti merah menyala, pink, atau putih. Tanaman ini merupakan tanaman rumah yang favorit selama hari Natal Karena daun bunga nya yang berwarna menyala.

Sifat dan Khasiat Rasanya pahit, sepat, sifat nya sejuk, toksik.
Berkhasiat sebagai perangsang muntah, menormalkan siklus haid, menghentikan pendarahan (hemostatis), mempercepat penyembuhan tulang yang patah, menghilangkan bengkak, dan melancarkan keluar nya ASI (galaktagog).

Kandungan Kimia
Daun mengandung alkaloid, saponin, lemak, amylodextrin. Batang mengandung saponin, sulfur, lemak, amylodextrin, asam format, dan kanji.

Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah seluruh tanaman nya. Untuk Penyimpanan, lakukan pengeringan.

Indikasi
Kastuba digunakan untuk pengobatan:

* datangnya haid yang tidak teratur,
* darah haid banyak (menoragia),
* disentri, TB paru,
* air susu ibu sedikit,
* tulang patah, (fraktur), dan
* bengkak karena terbentur (memar).

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, gunakan 10-15 g bahan yang di rebus.

Untuk pemakaian luar, giling daun segar secukupnya sampai halus, lalu turapkan kebagian yang sakit, seperti radang kulit, erisipelas, luka berdarah, bengkak karena terbentur (memar), dan bengkak karena tulang patah.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian
-

Contoh Pemakaian

* Radang kulit, erispelas, luka, memar
Cuci daun kastuba segar secukup nya, lalu giling sampai halus. Turapkan pada bagian yang sakit, lalu balut. Ganti 2-3 kali sehari. Hentikan jika timbul lepuh.

* Melancarkan keluarnya ASI
Cuci bunga kastuba segar sebanyak 10 g, lalu rebus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Catatan

* Kastuba merupakan tanaman obat beracun. Getah nya sangat iritatif, jika mengenai kulit sering menimbulkan lepuh kecil (vesikel). Jika digunakan sebagai obat minum, menyebabkan muntah dan diare. Hati-hati minum rebusan herba ini, jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

Sumbernya
 
Bls: Manfaat Sehat Tanaman KASTUBA

wkwkkwkwk.... masak kayak spiderman? hiahha....
tapi tu tiga warna ya.. ada hijau merah, dan kalau aku liat di tanaman aslinya sih ada putih keungu unguannya juga gitu..

pnggunaan untuk pengobatannya simple juga yah.. tinggal ditumbuk halus, ditempel, udah bisa jadi obat.
 
Bls: Manfaat Sehat Tanaman KASTUBA

tadinya juga kalo gak dibilangin sama nenek kalo tanaman ini berkhasiat udah aku tebang hehe.. simpel banget. apalagi kan temen-temen sebaya aku ada yang suka telat datang bulan, nah bagus banget nih minum rebusan air daun ini ;)
 
Bls: Manfaat Sehat Tanaman KASTUBA

jiah... sukanya tebang tebang aja.... wkwkwk...
emang banyak ya neng tanaman yg bermanfaat sebagai obat. Hanya saja kita emang kurang begitu tau.
 
Bls: Manfaat Sehat Tanaman KASTUBA

ya begitulah non, ternyata orang tua kita gak sembarangan menanam tumbuhan dihalaman rumah ya. Tadinya saya gak pernah tau loh kalo tanaman ini ternyata selain sebagai hiasan juga sebagai tanaman Herbal luar binasaa..
 
Back
Top