Rombongan Anak Penyu Nyasar ke Restoran

Kalina

Moderator
ROME - Tukik alias anak penyu yang baru menetas lazimnya akan langsung menuju ke laut. Tapi, yang terjadi pada sekitar 60 tukik di Pantai Calabria, selatan Italia, ini benar-benar di luar kebiasaan. Rombongan tukik itu malah kesasar ke sebuah restoran.

Keruan saja, kedatangan barisan bayi-bayi penyu tersebut mengejutkan pengunjung restoran di pinggir pantai itu yang sedang menikmati makan malam. Otoritas Pantai Calabria kemudian segera dihubungi untuk menyelamatkan anak-anak penyu tersebut.

Antonio Colucci, pekerja proyek konservasi monitoring penyu kelompok World Wide Fund for Nature (WWF), kemarin (19/8) mengatakan meminta bantuan kelompok pekerja konservasi lain dalam kejadian langka itu. Bagaimana tukik-tukik tersebut bisa tersesat? Menurut Colucci, bayi penyu itu mungkin keluar dari jalur menuju pantai. Mereka tertarik dengan cahaya terang menuju restoran. "Mereka melihat cahaya dan memilih jalan yang salah," ujar Colucci.

Sekelompok anak penyu itu akhirnya diantar ke tempatnya yang benar. Mereka dilepas ke laut. Penyu betina membuat sarang dan bertelur di pantai. Secara insting, anak-anak penyu itu akan menuju ke laut setelah menetas. (Rtr/erm/ami)

Sumber: Jawa Pos
 
Back
Top