Objek Wisata Kuliner Kotabaru, Kalsel

Megha

New member
KABUPATEN Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), yang dikenal sebagai daerah yang banyak memiliki objek Nisata, memanjakan wisatawan dengan menyediakan objek wisata kuliner.

Lahan parkir sepanjang 300 meter dan lebar 80 meter di Jalan Pangeran Indrakesuma Negara, Kotabaru, dijadikan tempat menggelar berbagai jenis makanan dan jajanan khas atau kuliner.

Objek wisata kuliner itu sebagai pelengkap dan sejumlah objek wisata yang ada selama mi, seperti Pantal Gedambaan, Air Terjun Tumpang, Batu Karang Teluk Tamiang, dan lokasi pemandian air panas.

Salah satu objek wisata kuliner terdapat di Taman Siring Laut. Lokasi wisata itu Iokasinya berhadapan dengan Kantor Bupati Kotabaru. Tempat itu setiap Ahad ramai dikunjungi ribuan orang, termasuk wisatawan domestik.

Di sekitar taman banyak pedagang kali lima menawarkah berbagai jenis makanan dan jajanan seperti soto konro asal Sulawesi, soto lamongan asal Jawa Timur, soto banjar ash Kalimantan Selatan, nasi balado, hingga peuyeum dan Bandung. Semua jenis makanan itu tersedia di Siring Laut.
Siring laut merupakan tempat wisata kota yang ramai dikunjungi mulai pukul 16.00-05.00 Wita. Selain menyajikan menu masakan Nusantara, di Siring Laut juga tersedia hiburan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Mulai bermain mandi bola khusus untuk anak-anak, adu ketangkasan, menyetir kendaraan roda empat untuk orang dewasa dan anak-anak, hingga panggung hiburan seni tradisional dan modern.

Sambil menunggu anak dan keluarganya bermain, pengunjung Siring Laut dapat menikmati kehangatan teh atau kesegaran minuman susu telur madu jahe (STMJ) ala Siring Laut hasil racikan tangan terampil warga asal Cilacap, Jawa Tengah.

Selain STMJ Siring Laut, stan pedagang sate telur puyuh, sanggar pisang manurun, pisang gepet, tempe dan tahu bacem, serta singkong goreng adalah jenis makanan yang paling dipadati pengunjung.

Makanan khas ikan bakar dengan sambal terasi pembelacanan banyak diserbu pengunjung. Meskipun makanan lain juga banyak ditawarkan di lokasi wisata tersebut.

Warga yang menikmati indahnya alam Pantai Siring Laut juga tidak mau melewatkan es degan yang dihasilkan dan pohon nyiur Sarang Tiung, khususnya kelapa muda hijau yang diperoaya dapat melunturkan racun-racun di daham tubuh.

Selain masyarakat perkotaan, para anak buah kapal asing yang sandar dan berhabuh di Pehabuhan Panjang menyempatkan mengunjungi Siring Laut yang Iokasinya tidak jauh dan pelabuhan.
(AntfS-3/MI)
 
Back
Top