Tips Melindungi Prostat

Yukari-san

New member
Kanker prostat merupakan kanker ganas yang banyak menyerang lelaki berusia diatas 50 tahun. Konon, hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat, yang umumnya baru akan terasa mulai usia 40-an. Gejalanya antara lain sering buang air kecil (BAK), kemih bercampur darah, sulit pada awal BAK, aliran yang lambat, dan perasaan bahwa BAK belum selesai meskipun telah melakukannya. Gaya hidup sehat dan nutrisi tepat merupakan kunci utama memperlambat atau meminimalisasi gangguan prostat. Berikut beberapa tips untuk kesehatan prostat :

1. Jangan Makan Berlebih dan Kurangi Lemak

Pria umumnya mengalami kegemukan di area pinggang dan perut. Pada pria obesitas, beban atau lemak di perut dapat menekan otot organ seksual, sehingga menyebakan hilangnya kelenturan otot organ seksual. Deposit lemak berlebih juga dapat mengganggu kinerja testis.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur, Buah, dan Biji-bijian

Perkaya menu harian dengan mkanan berserat tinggi seperti nasi beras merah, roti gandum, dan oat. Selain kaya serat, oat juga bagus untuk menurunkan kolesterol.

3. Pilih Lemak "Baik"

Bahan makanan kaya omega 3 baik dikonsumsi. Nutrisi ini terkandung secara alami dalam ikan salmon dan makarel.

4. Minum Teh Hijau

Dalam teh hijau terkandung zat antioksidan seperti polipenol yang disinyalir membantu mencegah kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

5. Ejakulasi secara Teratur

Tujuannya supaya saluran pengeluaran tidaktersumbat. Lakukan secara teratur dan terukur.

6. Batasi Konsumsi Alkohol dan makanan sangat merangsang

Alkohol dapat menekan sistem syaraf dan pusat yang membuat otot-otot di di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih. Akibatnya, urine tertahan.

7. Jangan kekurangan mineral seng

Variasikan menu harian dengan makanan kaya seng seperti kerang dan ikan herring. Padi-padian, biji-bijian, bekatul, susu, dan polong-polongan juga mengandung mineral ini.

8. Berolahraga

Nyatanya, pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.

9. Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama membuat prostat tertekan terlalu lama. Jika anda tipe pekerja di beakang meja, bangkit dan berjalan-jalanlah setiap 30-60 menit sekali.

10. Jangan Menahan Kencing dan Hindari Minum Banyak di Malam hari

Dampak minum terlalu banyak di malam hari adalah terganggunya tidur dengan keinginan untuk bang air kecil. Batasi juga minum kafein karena dapat merangsang keinginan kencing.
 
Back
Top