Raja Thailand Terkaya di Dunia

Kalina

Moderator
WASHINGTON - Pada saat dunia berupaya lepas dari ancaman resesi, para raja dan ratu justru masih bergelimang harta. Majalah Forbes edisi terbaru menyebutkan, kekayaan 15 pemimpin kerajaan terbesar di dunia telah menembus jumlah USD 131 miliar (Rp 1.206 triliun), naik 42 persen daripada tahun sebelumnya. Melesatnya harga minyak membesarkan pundi-pundi para raja itu, khususnya yang masih bercokol di negara-negara Timur Tengah.

Lantas, siapa raja paling makmur di dunia? Forbes menempatkan Raja Bhumibol Adulyadej di urutan pertama. Kekayaan raja pujaan rakyat Thailand itu melebihi harta penguasa daftar orang terkaya bertahun-tahun, yakni Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam dan Ratu Inggris Elizabeth II.

Jumlah harta Bhumibol encapai USD 35 miliar (Rp 322 triliun). Termasuk dalam daftar kekayaan raja yang telah bertakhta 62 tahun itu adalah tanah seluas 3.493 hektare di Bangkok.

Di bawah posisi puncak, raja-raja Timur Tengah berjaya. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab dengan kekayaan USD 23 miliar (Rp 211 triliun) mencuat di posisi kedua. Harta raja yang juga presiden produsen minyak Gulf Arab United Arab Emirates itu naik berlipat-lipat seiring dengan lonjakan harga minyak dunia. Berkah emas hitam juga dinikmati Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz. Total kekayaan raja berusia 84 tahun yang mengklaim sebagai penjaga dua tanah suci -Makkah dan Madinah- itu diprediksi USD 21 miliar (Rp 193 triliun).

Bolkiah menyisip di antara kekayaan harta-rata raja di Jazirah Arab dengan menempati posisi keempat daftar Forbes. Padahal, bertahun-tahun sebelumnya Bolkiah merupakan raja paling kaya di dunia. Pria berusia 62 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan senilai USD 20 miliar (Rp 184 triliun). "Sultan yang mewarisi kekayaan dinasti muslim tak tergoyahkan berumur 600 tahun, harus mengurangi produksi minyak negaranya karena menyusutnya cadangan," tulis Forbes menjelaskan turunnya jumlah kekayaan sahabat karib mendiang Presiden Soeharto itu.

Posisi kelima terkaya kembali ditempati raja Timur Tengah, Sheikh Mohammed bin Rashid dari Dubai. Pria berusia 58 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan senilai USD 18 miliar. Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani dari Qatar menduduki posisi ketujuh. Pria berumur 56 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan USD 2 miliar. Raja Mohammed VI, 56, dari Maroko berada di peringkat kedelapan dengan total kekayaan sekitar USD 1,5 miliar.

Raja-raja Eropa tidak mau tertinggal. Pangeran Hans-Adam II, 63, dari Liechtenstein menempati urutan keenam daftar dengan nilai kekayaan sekitar USD 5 miliar. Pangeran Albert II, 50, dari Monako dengan kekayaan senilai USD 1,4 miliar menduduki posisi kesembilan. Ratu Inggris Elizabeth II, 82, menempati peringkat ke-12 dengan nilai kekayaan sekitar USD 650 juta.(AFP/Rtr/kim)

Sumber: Jawa Pos
 
19773large.jpg


Tapi, kalo mereka rajin beramal.. no problem, kan?
 
19836large.jpg


[ Minggu, 24 Agustus 2008 ]
Bantah Bhumibol Raja Paling Kaya
BANGKOK - Laporan majalah Forbes, yang menyebut Raja Thailand Bhumibol Adulyadej sebagai raja terkaya sedunia, direaksi negatif di Negeri Gajah Putih tersebut. Rakyat Thailand tidak percaya bahwa raja mereka paling kaya di antara raja-raja di dunia.

Kementerian Luar Negeri Thailand pun menyatakan laporan majalah Forbes itu tidak akurat. Dalam pernyataannya, mereka menegaskan bahwa artikel yang ditampilkan dalam edisi terbaru Forbes tersebut tidak benar.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri itu diperkuat data dari Biro Properti Raja. Menurut biro tersebut, beberapa aset yang disebut Forbes sebagai milik raja sebetulnya bukan milik raja, melainkan milik biro. Itu berarti aset-aset yang disebut milik raja tersebut sebetulnya milik seluruh rakyat Thailand yang dikelola biro itu.

''Biro Properti Raja telah mengklarifikasi bahwa berita itu tidak benar,'' ujar Kementerian Luar Negeri dalam pernyataannya kemarin (23/8). Kementerian Luar Negeri juga mengatakan, laporan bahwa Raja Bhumibol terkait kudeta 2006 sama sekali tidak benar.

Seperti diberitakan kemarin, Forbes edisi 20 Agustus menurunkan artikel tentang kekayaan 15 raja di dunia. Jumlah kekayaan ke-15 pemimpin kerajaan itu ditaksir menembus angka USD 131 miliar (Rp 1.206 triliun). Itu berarti naik 42 persen dibandingkan tahun lalu.

Dalam artikel itu, Forbes menempatkan Raja Bhumibol Adulyadej di urutan pertama, disusul Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab. Tiga berikutnya ialah Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz, Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, dan Sheikh Mohammed bin Rashid dari Dubai. (AFP/AP/Bangkokpost/dia)
 
pernah denger di berita raja thailand mengclaim klo terjadi kesalahan penghitungan harta kekayaam, sumbernya mana yg bener???
 
kaya betul
living cost di thailand pun 1/20 living cost di eropah
artinya
kita harus kalikan dengan 20 kali lagi bila kita bandingkan dengan eropah

kaya kaya
rakyat sengsara

Tidak semurah itu lah biaya hidup di Thailand. Mungkin Eropa sekitar 4 atau 5 kali lebih mahal lebih masuk akal.
 
Bls: Raja Thailand Terkaya di Dunia

kalo raja thailand zakat ngeluarinnya 2,5% ataw Rp30.150.000.000.000.000 terbilang 30triliun 150biliun rupiah WAHHH!!!!
Emang bener ya zakat penting, kan lumayan uang segitu dikasih ke 200juta orang(penduduk indo +), satu orangnya dapet Rp.150.750.000 terbilang 150juta 750ribu (lumayan tuh)
 
Last edited:
Back
Top