telat mens...

stera

New member
dok, saya wanita 19 tahun.. saya sering mengalami masalah dengan mens, terkadang teratur setiap bulan, terkadang bisa terlambat beberapa minggu atau sampai 1 bulan.. mens saya terakhir kali sekitar tanggal 8 juli - 16 juli.. kemudian dalam rentang waktu 16 juli - 5 agust tersebut beberapa kali saya melakukan hubungan badan dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom.. tetapi sebelum sperma nya keluar, pacar saya telah mengeluarkan mr. P nya dari ###### saya.. perlu dokter ketahui, mulai awal agust saya mempunyai beberapa masalah dan itu cukup menganggu pikiran saya, dan saat ini saya juga sering stress dengan tugas2 kuliah saya.. saya pernah membaca artikel kalau stress bisa menyebabkan terlambat haid juga karena terbukti ketika sedang banyak tugas atau ujian saya juga telat haid.. ketika saya merasa terlambat mens, saya mulai mengkonsumsi pil tuntas dan kemudian jamu asam kunyit.. pahadal sebelum2 nya, kalau saya mengkonsumsi pil tuntas, saya akan mendapat haid 3-4 hari kemudian tetapi sampai sekarang saya belum mendapat mens.. yang ingin saya tanyakan adalah :
1. apakah telat mens saya ini masih wajar? bagaimana cara menghitung siklus haid saya? sudah berapa lama saya telat?
2. apakah benar, terlambat haid saya bisa dikarenakan stress? selain itu, faktor apa lain apa yang bisa menyebabkan nya? apakah obat yang bisa saya konsumsi untuk mengatasi telat nya haid saya?
3. apakah ada kemungkinan saya hamil? bagaimana ciri2 ibu hamil dan kapan mulai terasa?
terus terang saya merasa kwatir sekali karena saya sudah pernah melakukan hubungan badan, mohon balasan email nya dok.. terima kasih atas jawaban2nya...
 
Last edited by a moderator:
wah stera pertanyaannya bagus juga. Di sini ada dokter-nya ga sih u/ pakar konsultasi?

Klo setau saya u/ mengitung siklus haid adalah dr pertama mendapat menstruasi, seminggu sesudahnya tahap aman dan 2 minggu setelahnya masa subur. Perhitungan kehamilan biasanya dihitung dr tanggal terakhir menstruasi. Klo terakhir kamu haid sekitar pertengahan juli, berarti seharusnya mendapat haid sekitar pertengahan agustus (klo siklus haid kamu teratur). Berarti kamu sudah telat hampir 1 bulan.Saran saya coba beli testpack kehamilan, ga mahal kok banyak dijual di farmacy.

Memang wajar klo kita stress bisa mengalami gangguan siklus haid, misalnya stress saat kuliah or dll. Malah dulu pernah saya telat 2 bulan karena strees, dan bulan berikutnya 2 kali menstruasi dalam 1 bulan. Tapi saran saya lebih baik konsultasikan ke dokter, apalagi mengenai obat2an.

Ada juga kemungkinannya kamu hamil. Seandainya kamu hamil kira-kira usia kehamilannya 7 minggu (itu kata bu dokter). Ciri-ciri orang hamil biasanya males, perut terasa tidak comfortable, merasa sakit pahahal tidak sakit, mual-mual, mengalami morning sickness yang cukup hebat. Katanya sih setelah 4 bulan rasa aneh2 tsb mulai menghilang. Melakukan hubungan badan memang beresiko tinggi u/ yg belum menikah, bahkan alat kontrasepsi pun tidak 100% bisa mencegah kehamilan.
 
Perkenalkan,saya adlh mahasiswa kedokteran..
Hmmm dalam dunia kedokteran,tetap ada kemungkinan hamil walau hanya "petting" dan "coitus interuptus" (penis ditarik keluar sblm ejakulasi).
Karena saat bersenggama,penis juga mengeluarkan cairan pelumas,nah terkadang dalam cairan pelumas/pre cum ini suka ada sperma yang 'nakal' gitu nongol.
Kemungkinan hamil tetap ada walau sangat kecil
Tentang telat mens sendiri memang banyak faktor yg mempengaruhi nya
kondisi fisik yang lelah,psikis yang labil,stress dan hormonal.
Pada usia2 seperti Anda memang terkadang siklus menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi..
 
Ciri-ciri orang hamil biasanya males, perut terasa tidak comfortable, merasa sakit pahahal tidak sakit, mual-mual, mengalami morning sickness yang cukup hebat.
saya juga sering mengalaminya tapi kok ga hamil hamil ya?
 
saya juga sering mengalaminya tapi kok ga hamil hamil ya?

ayam kan bertelur,.,.,

chicken-basking.jpg
 
saya wanita 21 tahun,selama ini haid saya setiap bulan banyak mengalami masalah antara lain setiap awal haid terasa nyeri yang sangat sakit,haid pada hari ketiga dan seterusnya kurang lancar dan kadang2 hanya flek saja,tanggalnya juga tidak menentu pada bulan berjalan.yang ingin saya tanyakan apakah itu masih batasan normal bagi seorang wanita usia saya?dan tips2 apa saja yang dapat membantu saya untuk memperlancar haid dan mengurangi nyeri?pernah saya konsultasi ke dokter kandungan takutnya kista ternyata hasilnya nihil dan untuk mengurangi rasa nyeri saya minum kiranti tapi itupun tidak mengurangi nyeri tersebut...tapi saya tidak pernah melakukan hubungan intim.
 
klo masalah nyeri pada awal haid, itu wajar2 saja apalagi sudah periksa ke dokter dan hasilnya tidak ada apa2. Namun tidak semua perempuan mengalami nyeri haid, sebagian memang mengeluh sangat sakit sekali, dan sebagian lagi mengalami nyeri haid saat terlambat haid. Dari pengalaman teman2 saya waktu seusia shifa, memang banyak juga yg mengalami sakit yg luar biasa (seperti kasus de shifa)...kadang mereka tidak bisa melakukan aktivitas apa2 sampai tidak bisa pergi ke kelas atau praktikum. Saya sendiri biasanya mengalami nyeri haid jika terlambat, biasanya di hari 1 dan kedua. Pernah mengkonsumsi pil terlambat dtg bulan, tp menurut mama saya tidak baik mengkonsumsi pil2 tsb jadi saya hentikan.
 
Perkenalkan,saya adlh mahasiswa kedokteran..
Hmmm dalam dunia kedokteran,tetap ada kemungkinan hamil walau hanya "petting" dan "coitus interuptus" (penis ditarik keluar sblm ejakulasi).
Karena saat bersenggama,penis juga mengeluarkan cairan pelumas,nah terkadang dalam cairan pelumas/pre cum ini suka ada sperma yang 'nakal' gitu nongol.
Kemungkinan hamil tetap ada walau sangat kecil
Tentang telat mens sendiri memang banyak faktor yg mempengaruhi nya
kondisi fisik yang lelah,psikis yang labil,stress dan hormonal.
Pada usia2 seperti Anda memang terkadang siklus menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi..

setuju dengan pendapat bro.....
 
setujuuuu.........









:setujuu:
:setujuu::setujuu:
:setujuu::setujuu::setujuu:
:setujuu::setujuu::setujuu::setujuu:
 
Kapan Menstruasi bisa terjadi ?
Menstruasi terjadi bila kadar estradiol dan progesteron dalam darah pada titik paling rendah. Endometrium menjadi iskemia ⇒nekrosis ⇒kerusakan Pembuluh Darah ⇒menstruasi (Teorititisnya).
Intervalnya : 28 ± 7 hari (21-35 hr)
Rata-rata kehilangan darah: 35 ml, (95% kasus bisa < 60 ml)

Kenapa nyeri pada awal haid?
Nyeri awal haid adalah normal. Hal ini terjadi karena konstriksi/penyempitan pada pembuluh darah endometrium (dinding rahim) untuk menjaga agar perdarahan terkontrol sehingga dinding rahim mengalami kontraksi dan timbul nyeri.

Untuk tips, bisa melakukan gaya hidup sehat seperti : olahraga teratur, makan makanan bergizi, istirahat cukup, hindari stres, tidak merokok dan yang lebih penting kontrol ulang ke dokter spesialis kebidanan & kandungan (obsgyn).

Semoga membantu.
 
Back
Top