hukum cincin tunangan Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

hukum cincin tunangan

Peningset, seperti cincin biasa, hanya saja diiringi suatu kepercayaan sebagaimana diyakini oleh sebagian orang, dengan menuliskan namanya dicincin yang akan diberikan kepada tunangan wanitanya, sedangkan yang wanita menuliskan namanya di cincin yang akan diberikan kepada lelaki yang akan meminangnya, dengan keyakinan bahwa hal tersebut bisa mempererat tali ikatan antara keduanya. Dalam keadaan seperti ini, hukum memakai cincin tunangan adalah haram, karena berhubungan dengan keyakinan yang tidak ada dasarnya. Juga tidak diperbolehkan bagi lelaki untuk memakaikan cincin tersebut untuk tunangannya, karena belum menjadi istrinya, dan dinyatakan sah menjadi istrinya setelah akad nikah.

sumber : almanhaj.or.id - Berjalan Di Atas Manhaj As-Salaf Ash-Shalih
nurcahyo
Continent Level

Post: 3.501
 
Reputasi: 13

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: hukum cincin tunangan

kalo menurku sich, memakai cincin tunangan itu gak haram.. karena udah dasarnya begitu/udah umum. makasih
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: hukum cincin tunangan

Berarti kalau preman minum minuman keras gak bakalan berdosa coz preman pada dasarnya/sudah umumnya suka minuman keras.....
gupy15
Mod

Post: 2.759
 
Reputasi: 131

__________________

Recent Blog: Galaxy Alpha   





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: hukum cincin tunangan

tergantung niat masing-masing...!! kalo niatnya bener gimana
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

benar apa yang dikatakan oleh Nur Cahyo kl kaum Adam itu haram jika pakai cincin tunangan..........
mungkin bagusnya sewaktu shalat cincin tersebut dilepas kali yach...dan haram atau tidaknya bukan kita yang tahu.....jd ngak masalah doung..............:finger::finger::finger:
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

kutipan dari internet ttg cincin tunangan
Kutip:
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : “Apa hukum memakai cincin tunangan?”

Jawaban

Memakai emas, baik cincin atau jenis lainnya, tidak diperbolehkan bagi lelaki dalam bagaimanapun juga, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang penggunaan emas bagi kaum lelaki dari umat ini. Beliau pernah melihat seorang lelaki memakai cincin emas di jarinya, beliau langsung mencopotnya dan bersabda.

“Artinya : Salah seorang di antara kalian telah mengambil sebongkah bara dari Neraka dan menaruhnya di tanganya”.

Maka diharamkan bagi lelaki untuk memakai emas. Sedangkan cincin yang terbuat dari selain emas, seperti dari perak dan logam lainnya, maka diperbolehkan memakainya, meski terbuat dari logam yang sangat mahal.

Sedangkan cincin tunangan, bukanlah merupakan kebiasaan kaum muslimin. Bila meyakini bahwa cincin tunangan bisa memperkuat rasa sayang antara kedua suami istri, dan mencopotnya akan berpengaruh terhadap hubungan keluarga, ini merupakan syirik, dan termasuk keyakinan jahiliyah. Oleh karenanya tidak diperbolehkan memakai cincin perkawinan dengan sebab-sebab.

Pertama.

Mengikuti sesuatu yang tidak ada kebaikannya sama sekali. Cincin pertunangan bukan merupakan adat kaum muslimin.

Kedua.

Jika dibarengi dengan keyakinan bahwasanya cincin pertunangan bisa berpengaruh terhadap hubungan suami istri, maka sudah termasuk syirik.

Tiada daya dan kekuatan hanya dari Allah.

[Kitab Al-Muntaqa Min Fatawa Syaikh Al-Fauzan]
[Disalin dari kitab Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita 3, hal 102-103, 116-117, Darul Haq]
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

Yg dmaksud cincin pertunangan disni sama dgn cincin kawin ga?
Continent Level

Post: 2.596
 
Reputasi: 15






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

Tunangan itu ada contohnya engga sih di jaman nabi
lala_lulu
National Level

Post: 712
 
Reputasi: 15






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

@mizbeau:cincin tunangan biasanya berbeda dgn cincin kawin, setahuku kedua cincin tersebut tidak diajarkan dalam pernikahan islam, yang boleh adalah mahar kepada istri berupa cincin emas, adapun bertukar cincin antara suami-istri (menurut pendapatku) masih boleh selama tidak mempercayai cincin tersebut bisa mempengaruhi (takdir) rumah tangganya, sekedar adat istiadat/formalitas saja, tetapi suami tetap tidak boleh memakai cincin emas, karena sudah ada larangan pria menggunakan perhiasan emas.

@lala_lulu: aku belum pernah membaca nabi/sahabat nabi bertunangan sebelum menikah, yg ada adalah hanya melamar, jika cocok, kemudian di lanjutkan dengan menikah

wallahu a'lam
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: hukum cincin tunangan

Sippp den infonya, kejora deh buat den Masykur
tukul4mata
City Level

Post: 392
 
Reputasi: 3

Reply
 



Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tunangan? Gubraks deh! rahwana Cinta & Romantis 21
Risalah Lengkap Tentang Haid dan Hukum-Hukum Seputarnya (Plus Cara Mandi Besar) T-Rex Islam 2
Cincin Kerongkongan Bagian Bawah mozilla_solo1 Kesehatan 0
Bantahan terhadap orang yang menganggap bahwa hukum-hukum syari'at Islam tidak andy_baex Islam 0
memakai cincin perak nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.