Mari Kita Diskusikan ttg pesan jibril sebelum ramadhan

rafed

New member
saya akhir" ini baru mendapatkan artikel ini

Ketika Rasullullah sedang berhotbah pada suatu Sholat Jum'at (dalam bulan Sya'ban), beliau mengatakan Aamin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Aamin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Aamin. Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata Aamin sampai tiga kali.

Ketika selesai sholat Jum'at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau menjelaskan: "ketika aku sedang berhotbah, datanglah Malaikat Zibril dan berbisik, hai Rasullullah aamin-kan do'a ku ini," jawab Rasullullah.

Do'a Malaikat Zibril itu adalah sbb:
"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:
*Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada)
*Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri.
*Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya."

Maka Rasullullah pun mengatakan Aamin sebanyak 3 kali. Dapat kita bayangkan, yang berdo'a adalah Malaikat dan yang meng-aminkan adalah Rasullullah dan para sahabat, dan dilakukan pada hari Jum'at. Tentunya do'a tersebut akan didengar oleh Allah swt."

Dari lubuk hati yang paling dalam saya dan keluarga memohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan yang pernah saya perbuat, baik berupa tindakan, ucapan maupun tulisan maupun semua bentuk yang saya tidak sadari lainnya. Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita semua untuk melakukan amal yang terbaik, amin.

Marhaban Yaa Ramadhan
Kerinduan kami akan hadirmu dalam segala bulanNya
Dan untuk yang menjalankannya, Selamat Menunaikan
Puasa Ramadhan....


dari http://wiki.direktif.web.id/moin.cgi/PesanJibrilMenjelangRamadhan
disitu bilang ada 3 keganjilan terhadap cerita tsb

1 Penulisan nama malaikat di atas berbeda dengan yang umum digunakan dalam literatur Islam di Indonesia. Yang sudah digunakan luas adalah Jibril, bukan Zibril. Atau, jika diambil dari rujukan asing, yang populer adalah Gabriel. Dari mana asal kata Zibril berasal?
2 Mengapa malaikat Jibril dalam pesan tersebut digambarkan menambahi syarat berpuasa, dengan ancaman puasa yang tidak diawali dengan tiga syarat yang dikemukakan minta diabaikan oleh Allah. Sepengetahuan saya ketiga syarat di atas belum pernah disebutkan sebagai syarat ibadah puasa dalam agama Islam.
3 Saya coba mencari rujukan resmi tentang kisah di atas (yang sayangnya di email-email asal-kirim keterangan rujukan tidak disebutkan) di Internet dan hanya memperoleh hasil dari Google berupa situs-situs arsip mailing list serta beberapa situs pribadi yang mengutip mentah-mentah materi di atas.

mari kita bahas
source: http://wiki.direktif.web.id/moin.cgi/PesanJibrilMenjelangRamadhan
marikita bahas bersama"
 
Do'a Malaikat Zibril itu adalah sbb:
"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:
*Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada)
*Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri.
*Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya."

Maka Rasullullah pun mengatakan Aamin sebanyak 3 kali

alhamdulillah saya udah sempet minta maaf sebelum masuk bulan ramadhan :D

hmm.. ilmu say belum nyampe sana mas Rafed, biar saya numpang nimba ilmu aja
 
Ada beberapa hadits yang mengutamakan tentang pentingnya meminta maaf sblm puasa.

Bermaaf2an setelah ramadhan adl budaya Islam, ajaran Islam sendiri adl bermaaf2an sebelum ramadhan. Ramadhan / puasa adalah proses penyucian jiwa yg sebelumnya harus ada proses persiapan yaitu bermaaf2an, seperti sebelum shalat adl wudhu. Dan hari raya Ied Fitri adl puncak fitrah dalam konsep hablum-min-'Allah. Sementara hari Ied Adha / kurban adl konsep hablum-min-an-Naas.

Tentang malaikat, apakah makhluk tsb mempunyai wewenang dlm ibadah manusia? Bukankah mereka hanya makhluk taat yang pasif? Dalam hal ini saya merujuk pada

al-Anbiya 21 : 26-28
al-Mu'min 40 : 7
al-Syura 42 : 5

Disurah tersebut disebutkan bahwa malaikat juga mempunyai peran untuk memohonkan ampun kpd umat manusia. Tentang asal cerita tsb asalnya dari mana mungkin juga masih samar, tapi kebenarannya tidak bertentangan dg dalil yang ada. Jazakallah..
 
Back
Top