Kakek 84 Tahun Ceraikan 82 Istri

Kalina

Moderator
ABUJA - Meski setengah hati, kakek Nigeria, Alhaji Mohammed Bello Masaba, akhirnya setuju untuk melepas 82 di antara 86 istrinya. Dengan demikian, lelananging jagat itu hanya bisa bersanding dengan empat istri.

BBC melansir, Sabtu (30/8) Bello terpaksa mengambil keputusan tersebut karena tekanan Pemerintah Nigeria. Untuk menceraikan istri-istrinya yang mayoritas masih berusia 30-40 tahun itu, Kakek Bello yang berusia 84 tahun meminta perpanjangan waktu.

''Saya akan meminta emir (pemerintah setempat) untuk memperpanjang tenggang waktu yang diberikan, dari 48 jam menjadi dua mingguan, supaya saya bisa mengatur semua kebutuhan untuk anak-anak dan istri-istri saya,'' harap Bello.

Sejatinya, Bello enggan berpisah dari keluarga superbesarnya yang tinggal di dua tempat terpisah itu. Asal tahu saja, dari 86 istrinya, dia mendapatkan 170 keturunan. ''Saya sangat mencintai anak-anak saya dan ingin sepenuhnya merawat mereka.''

Wajar Bello risau. Dia telah bersama dengan para istri dan anak-anaknya itu lebih dari 30 tahun. Tentu, tidak mudah baginya harus meninggalkan mereka begitu saja.

''Semua istri saya itu sudah memberikan keturunan dan saya juga telah tinggal dengan sebagian di antara mereka selama 30 tahun lebih. Bagaimana mungkin saya disuruh meninggalkan mereka semua dan hanya diberi waktu dua hari?'' keluh Bello seperti dilansir media setempat.

Jika kakek yang mengaku tidak punya pekerjaan pasti itu tidak mau menceraikan 82 istrinya, dia harus siap menghadapi hukuman mati. Ketika dicecar oleh para intelektual muslim di Nigeria soal jumlah istrinya yang tak lazim, Bello yang muslim berkilah bahwa dalam Alquran tidak ada larangan bagi seseorang untuk mempunyai istri lebih dari empat orang. Dia juga mengatakan bahwa meski beristri banyak, dirinya tidak pernah mendapatkan masalah karena mereka semua berada di bawah kendalinya.

''Saya kan tidak melanggar hukum apa pun yang bisa membuat saya diusir dari tanah ini. Tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa seseorang tidak boleh menikah lebih dari empat kali,'' ujar Bello saat diwawancarai AFP.

Negara Bagian Niger, Nigeria, berpenduduk mayoritas muslim. Sejak 2000, di wilayah itu diberlakukan hukum syariah. Sejak itu, banyak warganya yang divonis dengan hukuman mati karena berbuat zina. Namun, belum satu pun hukuman yang dilaksanakan hingga kini.

Kelakuan Bello itu dikecam oleh Dewan Agung Nigeria Urusan Islam (NSCIA). Mereka malu. ''Sultan mendesak warga Islam tidak menghiraukan tingkah laku Bello yang melanggar syariat Islam, yang sebenarnya hanya mengizinkan seorang pria memiliki empat istri,'' kata Sekjen NSCIA Dr Abdul Lateef Adegbite. (BBC/Earthtimes/dia/ami)
 
Lailahailallah... 82 Istri?? Tiap bulan merit, tuh.. subur bener si kakek.. dan... kok mau ya.. para wanitanya?? Apakah para wanita takut kehabisan stok pria?? Jumlah pria dan wanita, kan.. prianya lebih sedikit..
 
kakek aku juga mau kayak kakek punya istri banyak,tapi masalah nya gue cewek gak punya dan cewek-cewek gak mau sama aku,bagaimana aku mau punya istri banyak
 
Back
Top