matematika memang aneh Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

matematika memang aneh

Pembuktian Matematis bahwa 2 + 2 = 5 !!


Gue gak nyangka kalo 2 + 2 = 5 itu bisa dibuktiin secara matematis! Selama ini elo setuju kan kalo 2 + 2 itu sama dengan 4? Gue akhirnya nemuin rumus pembuktian untuk hal itu! Percaya gak lo…? Baca aja pelan-pelan dan jangan lupa corat-coret di kertas kalo elo emang penasaran!!

1. Pertama-tama…
Pikirkan angka a. Angka apa aja.
2. Sekarang bikin angka b.
3. Angka a harus sama dengan b. Catet tuh: a = b
4. a*a = b*a. Ya kan? Angkanya sama loh.
5. Karena angka itu sama di kedua sisi, boleh kan gue kasih sesuatu?
Nih, a*a - b*b = b*a - b*b. Perhatikan - b*b yang sama di kedua sisi.
6. Kalo difaktorkan, persamaan kita menjadi (a+b)*(a-b) = b(a-b).
7. Dari persamaan tersebut, kita bisa “mencoret” angka yang sama, yaitu (a-b), sehingga persamaannya menjadi: (a+b)*(a-b) = b(a-b).
8. Setelah dicoret, hasilnya menjadi (a+b) = b
9. Sekali lagi, jika gue kasih angka yang sama di kedua sisi, sama aja kan? Nih dia, (a+b) +3 = b + 3
10. Sekarang misalnya kita menganggap kalo a = 1. Catet dulu tuh.
11. Karena a = b , maka b = 1 juga kan?
12. Masukkan angka itu ke persamaan no 9 –> (1+1) +3 = 1 + 3
13. 5 = 4

NAH LO!! 5 = 4 !!?

BERARTI 2 + 2 = 4. KARENA 4 = 5 , MAKA TERBUKTILAH BAHWA 2 + 2 = 5 !!

*rumit10111.wordpress.com
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Main Ketoprak   

 






Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: matematika memang aneh

Penjumlahan yang Menyenangkan


well.. kita bermain angka yuk..

kita tulis angka 1 sampai 9 berurutan ke bawah…

1

2

3

4

5

6

7

8

9

di sebelah kananya kita tulis lagi angka 1 sampai 9 dibalik…

19

28

37

46

55

64

73

82

91

terus ditengahnya kita sisipkan tanda plus (+=penjumlahan), lalu hitunglah hasilnya!!

1+9= 10

2+8= 10

3+7= 10

4+6= 10

5+5= 10

6+4= 10

7+3= 10

8+2= 10

9+1= 10

waahh… semua hasilnya 10…

eh ternyata dari angka 10 itu ada yang unik lho…

lihat saja…

1+9 ( Satu ditambah Sembilan )

2+8 ( Dua ditambah Delapan )

3+7 ( Tiga ditambah Tujuh )

4+6 ( Empat ditambah Enam )

5+5 ( Lima ditambah Lima )

weleh weleh… ternyata huruf awalnya sama…

hmm… lumayan dapat permainan baru dari keunikan angka… :-)*adhistroon.wordpress.com
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Main Ketoprak   





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: matematika memang aneh

Satu Lagi Angka yang Unik

ada yang unik lagi nich dari pengoprasian angka… sekarang kita bermain pengkalian angka 142857…
ayo kita mulai!!

1 x 142857 = 142857 (susunan angkanya tetap)
2 x 142857 = 285714 (susunan angkanya bergeser)
3 x 142857 = 428571 (susunan angkanya bergeser)
4 x 142857 = 571428 (susunan angkanya bergeser)
5 x 142857 = 714285 (susunan angkanya bergeser)
6 x 142857 = 857142 (susunan angkanya bergeser)
7 x 142857 = 999999 (waah.. angkanya 9 beruntun..!!)

ternyata pengkalian angka 142857 dengan angka 1 sampai 6 menghasilkan angka itu juga yang susunanya bergeser..
dan yang lebih menarik lagi saat dikalikan dengan angka 7 hasilnya 999999..
waah.. hebat yah?!! :-)
selanjutnya ada keunikan apa lagi ya?!*adhistroon.wordpress.com
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Main Ketoprak   





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: matematika memang aneh

Ternyata Angka 37 Unik juga

Wah… baru kepikiran, ternyata angka 37 tuh unik juga yah?! Mungkin kalian lebih duluan tahu tentang keunikan ini, tapi bagi Adhi ini baru pertama kali nemuin angka yangg unik ini (he he.. ketinggalan zaman nich! :-) ). Awalnya sih cuma iseng aja main kalkulator. Waktu memasukan angka 111, dicoba aja dibagi angka-angka, eh ternyata habis dibagi 3 dan hasilnya 37. Sempet terpikir kalo 111 habis dibagi 3, angka 222 juga habis dibagi 3, angka 333 juga, dst. Hasilnya yang pasti kelipatan dari 37 kan? dari sana Adhi nemuin rumus lho, ternyata
111 / (1+1+1) = 37
222 / (2+2+2) = 37
333 / (3+3+3) = 37
444 / (4+4+4) = 37
555 / (5+5+5) = 37
dan seterusnya..

Penasaran dengan apa yang Adhi dapatkan, Adhi coba cari informasi tentang keunkan angka itu, eh ternyata emang bener. Angka 37 adalah salah satu dari sejumlah angka unik. Ternyata ada tambahannya juga loh dari keunikan angka 37, lihat saja angka
37.037.037.037 x (3×1) = 111.111.111.111
37.037.037.037 x (3×2) = 222.222.222.222
37.037.037.037 x (3×3) = 333.333.333.333
37.037.037.037 x (3×4) = 444.444.444.444
37.037.037.037 x (3×5) = 555.555.555.555
dan seterusnya.

Subhanalloh begitu besarnya kekuasaan Allah… Ternyata masih banyak hal-hal yang perlu kita cari.

Sebenarnya tidak hanya angka 37 yang merupakan angka unik. Tapi kali ini Adhi hanya membahas tentang angka ini. Soalnya Adhi nemuin angka ini dengan tidak disengaja. He he.. dengan kata lain, nemu. ;-) *adhistroon.wordpress.com
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Main Ketoprak   





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: matematika memang aneh

Kutip:
matematika memang aneh
sebenernya yng aneh itu siapa??
subhanluffy
World Level

Post: 12.429
 
Reputasi: 252

__________________
StRaWhAt DeViL BaTzZz

klik ini lalu beri lah makan...





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: matematika memang aneh

matematika itu logika kehidupan...
kontra
Village Level

Post: 84
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: matematika memang aneh

btr btr cari kalkulator dolo ga mampu ngitung pake tangan mah
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

__________________
Suka barang atau program gratis yang asik langsung aja ke sini





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: matematika memang aneh

logika kehidupan ya benarr ga ada anehnya kan???
Continent Level

Post: 5.134
 
Reputasi: 8






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: matematika memang aneh

unik n kreatif
iwankzzz
City Level

Post: 100
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: matematika memang aneh

tak ada keanehan di matematika karena itu ilmu pasti ....
Continent Level

Post: 5.134
 
Reputasi: 8

__________________
anak betawi asli
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
{R E Q} karin - jika memang franzo Musik & Lagu 0
Cinta memang tak harus memiliki EsterAntonia Cinta & Romantis 1
matematika Gia_Viana Sekolah & Pelajaran Sekolah 9


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.