Tips Membersihkan Hati Di Bulan Ramadhan

subhanluffy

New member
Bersihkan Hati Di Bulan Ramadhan




Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan leluasa dimana pun, kapan pun dan dengan siapa pun. Namun berbeda jika saat bulan Ramadhan datang, selain tidak makan dan minum saat sedang puasa, ada hal-hal lain yang harus dihindari bergosip, berprasangka buruk, dengki sampai berbohong. Namun seharusnya hal-hal buruk itu tidak hanya dihindari di saat bulan puasa, tapi juga di luar bulan puasa.

Nah, di bulan Ramadhan ini, alangkah baiknya jika hal-hal negatif yang masih menyelimuti diri, dibuang jauh-jauh sehingga dalam menjalani ibadah puasa, hati kita sudah ‘bersih’ dan fokus untuk menjalani puasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri, agar dalam menjalankan ibadah puasa, tidak ada lagi perasaan yang mengganjal di hati, seperti:

- Pengendalian diri memegang kendali dalam diri kita masing-masing dalam menjalankan ibadah puasa, dimana kita harus sering mengingat bahwa kita sedang berpuasa dan jika perasaan ingin marah atau kesal akan muncul, cobalah untuk mengalihkan pikiran ke arah yang rileks, seperti mendengarkan radio, membaca atau yang lebih baik dengan sholat.

- Kebiasaan bergosip atau sekedar ngobrol di sela-sela waktu luang, sebaiknya jangan dilakukan selama menjalani puasa, salah-salah nanti bisa keceplosan dan puasanya jadi tidak afdol.


- Melakukan introspeksi diri untuk merenungi hal-hal yang sudah kita perbuat selama 11 bulan belakangan. Dimana semua kelakuan yang kita berbuat pasti ada maksud yang terkandung didalamnya, baik itu kelakuan baik atau buruk.

- Jika anda memiliki masalah dengan rekan sehingga tidak saling bicara, dibulan Ramadhan ini cobalah untuk saling sekedar melempar senyum atau sekedar say hello, agar suasana hati bisa sedikit mencair. Dengan begitu, anda bisa tahu apakah dia memberi respon positif atau negatif.


- Jika biasanya di jam istirahat anda dan teman-teman pergi makan siang bersama, di bulan puasa ini lebih baik mendengarkan siraman rohani atau mengaji, selain bisa mengisi waktu istirahat, pahala pun semakin mengalir.

Raihlah kebaikan sebanyak-banyaknya di bulan yang penuh Rahmat ini, dengan demikian kesempurnaan Ramadhan bisa tercapai dan menjadi individu yang jauh lebih baik lagi.

Baca Sumber
 
susahnya itu adalah penyakit hatinya... susah di kendalikan... misalkan bergosip dan prasangka buruk sama orang
 
Back
Top