Tips Mengetahui Gejala & Cara Mengatasi Dehidrasi

her_is_mine

New member
Saat melakukan banyak aktivitas, tanpa kita sadari tubuh bisa kekurangan cairan (air) dan elektrolit (larutan ber-ion) sehingga tubuh jadi lemas dan tidak bertenaga. Jangan biarkan hal ini terjadi, karena dapat merusak organ tubuh secara perlahan.
Badan kita membutuhkan kadar air yang lebih banyak pada saat kita ; berada di daerah yang beriklim panas, berada di dataran tinggi (jauh dari permukaan laut), melakukan aktivitas yang menguras keringat, melakukan penerbangan panjang, terkena flu dan diare, dalam masa pengobatan tertentu.
Gejala dehidrasi yaitu rasa haus yang berlebihan, pusing, frekwensi buang air kecil menurun dan urine berwarna kuning gelap serta mengeluarkan bau yang menyengat, mulut dan hidung terasa kering, merasa lelah dan lemah, mual, dan jantung berdetak lebih kencang.
Cara mengatasi dehidrasi :
- Jaga kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh ; Walau air penting untuk mencegah dehidrasi, tapi air tidak mengandung elektrolit. Jadi, air putih saja tidak cukup untuk mengatasi dehidrasi. Untuk menambah kadar elektrolit, makan kaldu sup yang kaya akan sodium, minum jus buah serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air dan potassium. Selain itu juga ditambah energy drink, seperti Pocari Sweat.
- Kalau sudah merasa haus, pusing, dan lemas, segera hindari tempat yang panas dan berteduhlah.
- Sebelum melakukan aktivitas outdoor, minumlah banyak air terlebih dahulu dan jangan sampai menunggu haus.

.:GoGirls! edisi 41/Juni 2008:.
 
Back
Top