Tubuh
 
Go Back   Home > Agama > Buddha

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Tubuh

Tubuh



Sebagaimana, tubuh ini yang ditunjang oleh makanan, tergantung padanya dan tidak dapat hidup tanpanya, demikian pula kelima rintangan batin ditunjang oleh makanan mereka, tergantung padanya, dan tidak dapat hidup tanpanya.

Makanan apakah yang menimbulkan nafsu keinginan atau mengembangkan nafsu keinginan yang telah ada? Tak lain adalah perhatian yang salah pada hal-hal yang memikat hati.

Dan makanan apakah yang menimbulkan kedengkian atau mengembangkan kedengkian yang telah ada? Tak lain adalah perhatian yang salah pada hal-hal yang menjijikkan.

Dan makanan apakah yang menimbulkan kemalasan atau mengembangkan kemalasan yang telah ada? Tak lain adalah perhatian yang salah pada rasa sesal, kantuk, kelesuan, kekenyangan, dan kemalasan berpikir.

Dan makanan apakah yang menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran atau mengembangkan kecemasan dan kekhawatiran yang telah ada? Tak lain adalah perhatian yang salah pada kejengkelan.

Dan makanan apakah yang menimbulkan keragu-raguan atau mengembangkan keragu-raguan yang telah ada? Tak lain adalah perhatian yang salah pada hal-hal yang meragukan dan tidak pasti.

SAMYUTTA NIKAYA


singthung
singthung singthung is offline
National Level

Post: 508
 
Reputasi: 4

__________________
YO DHAMMAM DESESI ADIKALYANAM MAJJHEKALYANAM PARIYOSANAKALYANAM TI

Dhamma itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya dan indah pada akhirnya
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Tubuh

Tulisan yang bagus
Tomoyo Tomoyo is offline
City Level

Post: 241
 
Reputasi: 2






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Tubuh

Tq :finger:
skyview skyview is offline
Home Level

Post: 7
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Tubuh

BG 17.7: Makanan yang paling disukai setiap orang juga terdiri dari tiga jenis, menurut tiga sifat alam material. Demikian pula korban suci, pertapaan dan kedermawanan. Sekarang dengarlah perbedaan antara hal-hal itu.

BG 17.8: Makanan yang disukai oleh orang dalam sifat sāttvika (kebaikan) memperpanjang usia hidup, menyucikan kehidupan dan memberi kekuatan, kesehatan, kebahagiaan dan kepuasan. Makanan tersebut penuh sari, berlemak, bergizi dan menyenangkan hati.

BG 17.9: Makanan yang terlalu pahit, terlalu asam, terlalu asin, panas sekali atau menyebabkan badan menjadi panas sekali, terlalu pedas, terlalu kering dan berisi terlalu banyak bumbu yang keras sekali disukai oleh orang dalam sifat rājasīka(nafsu). Makanan seperti itu menyebabkan dukacita, kesengsaraan dan penyakit.

BG 17.10: Makanan yang dimasak lebih dari tiga jam sebelum dimakan, makanan yang hambar, basi dan busuk, dan makanan terdiri dari sisa makanan orang lain dan bahan-bahan haram disukai oleh orang dalam sifat
tāmasīka (kegelapan)
riwancack
riwancack riwancack is offline
Village Level

Post: 40
 
Reputasi: 2

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 1
aswin khimsu
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.