sumpah dlm jual beli bag 4

nurcahyo

New member
Dan dalam sebuah riwayat lain disebutkan : Dengan sumpah yang keji?. Serta apa yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim dan lain-lain, bahwa Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dia bercerita, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

Artinya : Sumpah itu dapat melariskan dagangan tetapi juga menjadi penghilang berkah?

Juga didasarkan pada apa yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari di dalam kitab Shahihnya jilid IV halaman 316, dari Abdullah bin Abi Aufa Radhiyallahu 'anhu, bahwasanya ada seseorang yang menawarkan suatu barang di pasar, lalu dia bersumpah atas nama Allah bahwa dia telah memberikan harga yang paling rendah yang belum pernah diberikan, agar ada seorang muslim yang terjebak, lalu turunlah ayat.

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berbicara pada mereka dan tidak (pula) akan melihat kepada mereka pada hari Kiamat dan tidak (pula) akan menyucikan mereka. Bagi mereka Adzab yang pedih? [Ali-Imran : 77] [1]
 
Last edited:
Back
Top