Meningkatnya Jumlah Penderita HIV/AIDS di Indonesia

andy_baex

New member
Sejak tahun 1987 hingga Desember 2006 sebanyak 13.424 orang terkena virus HIV/AIDS di Indonesia.

Jumlah tersebut baru berdasarkan laporan dari tim kesehatan dan lembaga sosial yang perduli terhadap HIV/AIDS, kata Agus Widarsa dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional kepada Antara seusai memberi pelatihan wartawan tentang AIDS di Palembang, Selasa.

Menurut dia, jumlah tersebut kemungkinan lebih besar lagi karena penyakit HIV/AIDS seperti gunung es yang hanya kelihatan dipermukaannya saja. Selain itu perkiraan jumlahnya akan lebih banyak karena masyarakat masih merasa enggan untuk memeriksakan diri terhadap penyakit yang cukup berbahaya itu, ujarnya.

Dikatakannya, sebenarnya HIV/AIDS bisa dihindari bila masyarakat mengerti proses penularan penyakit tersebut sehingga perlu bantuan media massa. HIV/AIDS hanya bisa ditularkan antara lain melalui hubungan intim yang berganti-ganti dan pengguna alat suntik bagi pecandu narkoba, katanya.

Kalau proses penularan itu sudah diketahui maka masyarakat bisa menghindari penyakit HIV/AIDS tersebut, ujarnya.
Dia mengakui, KPA Nasional sendiri terus memberikan penyuluhan baik proses terjadinya menularan dan penanggulangan HIV/AIDS pada seluruh lapisan masyarakat.
Namun, lanjutnya, dalam sosialiasasi ini pihaknya masih mengalami kendala terutama dana yang masih mengandalkan bantuan dari luar.

Sehubungan itu pemerintah perlu menganggarkan dana untuk KPA supaya penanggulangan dan pemberantasan HIV/AIDS dapat dilaksanakan secara maksimal. Pihaknya telah mengusulkan pada DPR agar pemerintah menganggarkan dana untuk KPA yang diharapkan dapat terealisasi tahun 2007 ini, tambahnya
 
Last edited by a moderator:
Re: 13.424 Masyarakat Terkena HIV/AIDS di Indonesia

Januari Hingga Agustus 2010, 1.238 Warga DKI Terinfeksi HIV/AIDS​

Jakarta - Virus HIV/AIDS masih menjadi momok yang menakutkan bagi warga Ibukota. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta sejak Januari hingga Agustus 2010, 1.238 orang terinfeksi HIV atau AIDS.

"Yang terinfeksi 1.238 orang, dengan rincian 787 HIV dan 451 AIDS," ujar Kepala Dinkes Pemprov DKI, Dien Emmawati saat dihubungi detikcom, Minggu (5/12/2010) malam.

Menurut Dien angka tersebut cenderung mengalami penurunan, karena saat ini Ibukota DKI tidak lagi dijadikan kota nomor satu persebaran virus yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh tersebut.

"Kalau dilihat dari grafiknya, kecenderungan untuk DKI sudah menurun, tapi tetap akan kita tekan agar tidak ada lagi angka infeksi HIV/AIDS," terangnya.

Dinkes DKI pun melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya infeksi baru virus mematikan tersebut. Penyuluhan, pemberian konseling serta penyediaan sarana konsultasi di tiap Puskesmas berusaha untuk mencegah persebaran virus tersebut.

Kasus HIV/AIDS tercatat di Jakarta sejak tahun 1987, hingga Agustus 2010 ini tercatat 7.018 orang mengidap HIV/AIDS. Dengan rincian 3.424 orang terjangkit AIDS dan sebanyak 3.594 terjangkit HIV, dari jumlah tersebut korban meninggal berjumlah 107 orang.

"Kita punya target 2014, DKI bebas dari infeksi baru HIV/AIDS. Kita sudah membuka keran lebar-lebar soal pencegahan dari bahaya penyakit ini, kita harapkan masyarakat juga berperan dengan menerapkan perilaku hidup yang sehat,"imbuhnya.

Dengan data diatas kita harus peduli akan bahaya penularannya dimulai dari diri kita dan lingkungan kita
 
Back
Top