Good Design Award Exhibition, pameran produk canggih Jepang

Megha

New member
Good Design Award Exhibition diadakan di Tokyo Big Sight bulan Agustus ini, merupakan pameran produk-produk yang dinominasikan untuk ?Good Design Award?. Penghargaan ini diberikan pada produk baik didalam maupun diluar Jepang yang memiliki kualitas dan design yang baik, juga harga yang terjangkau. Pengelola Good Design Award di Jepang berharap dengan pemberian label ?G-Mark? (penanda Good Design Award), para pengusaha akan dapat berlomba memperoduksi sesuatu yang lebih baik, dan dapat bersaing secara sehat. Mari kita lihat seperti apa produk-produk yang dipajang di pameran Good Design Award kali ini!



Rolly, robot speaker yang mampu berdansa keluaran produsen Sony


Robot sound speaker ini mampu ?berdansa? dengan gerakan yang dinamis dan cepat, mengikuti irama lagu. Modal utama dari Rolly terletak penampilannya yang simpel futuristik, mungil dengan bentuk seperti bola football, namun memiliki kemampuan bergerak yang mengagumkan.

Rolly mempunyai fungsi ?Self Motion? dimana ia dapat mengenali bit per detik dari setiap lagu, dan dengan cerdas membuat gerakan dansa sambil anda menikmati lagu tersebut. Anda dapat mendownload gerakan-gerakan dansa dari Motion Park, website resmi Rolly Sony atau menciptakan gerakan sendiri dan di up-load ke website yang sama untuk di-share ke pengguna lain. Robot ini popular karena kemampuannya berdansa, baik cepat maupun lambat untuk lagu jenis apapun, sehingga saat anda melihatnya tentu akan membuat anda ingin ikut bergoyang. Hiburan kecil ini sangat cocok untuk melepas stress dan akan mengilhami siapapun dengan gerakannya yang lucu dan menarik.

Sony Rolly ini pertama kali diperkenalkan di Jepang dan menyedot perhatian khalayak umum karena merupakan robot speaker pertama yang diluncurkan di dunia. Didukung dengan digital amplifier yang baik memberikan kualitas suara yang jernih, internal memory 1 GB dan dilengkapi gadget bluetooh, sehingga mampu mendownload lagu via telepon genggam maupun PC. Jenis musik yang dapat dimasukkan dalam Rolly adalah MP3, ATRAC3, ATRAC3plus, and AAC files. Saat berdansa, lampu yang berada disisi kiri dan kanan speaker juga berubah warna dengan dinamis mengikuti irama musik.

Teknologi canggih lainnya adalah kemampuan Rolly untuk dapat dikendalikan hanya dengan sistim ?motion? atau gerakan. Anda cukup menggeser , memutar, atau ?mengocok? Rolly, dan anda dapat mengatur besar kecil volume, lompat ke lagu selanjutnya maupun pindah mode ke shuffle yang memainkan lagu secara acak.



Honda FCX Clarity, mobil ramah lingkungan keluaran produsen mobil Honda


?Eco-friendly? merupakan ciri khas dari mobil keluaran Honda ini. Bagaimana tidak, mobil cantik dan mewah ini bukan berbahan bakar bensin maupun solar, tetapi hanya hidrogen dan lithium. Honda mengklaim, pemakaian mobil ini akan mengurangi membantu mengurangi efek rumah kaca dan mengurangi kadar CO2, sehingga lebih ramah lingkungan. FCX Clarity pertama kali diperkenalkan di Los Angeles pada bulan November tahun lalu US, dan disewakan dengan tarif 600 dollar US per bulan. Saat ini cukup banyak peminat yang menggunakan mobil ini dengan membuat perjanjian sewa dengan dealer Honda.

Di jepang sendiri FCX Clarity baru akan mulai disewakan ke masyarakat luas pada bulan November tahun ini. Menurut pihak Honda, saat ini mereka tidak berencana untuk menjual FCX Clarity dan akan tetap menggunakan sistim ?kontrak sewa? dengan alasan pemeliharaan mobil dan keamanan. Ditambah lagi, saat ini stan hydrogen isi ulang tidak banyak tersedia di area Jepang, sehingga mereka perlu mengontrol ketat pemakaian mobil demi menjamin keselamatan pengendara.

Toshiyuki Watanabe, Chief Engineer Honda memberikan penjelasan bahwa FCX Clarity merupakan tahap kedua dari seri FCX yang dikeluarkan Honda tahun 2005. Menurutnya, Honda telah memperbaiki beberapa kekurangan seri terdahulu dan menyempurnakan FCX Clarity menjadi mobil yang lebih nyaman dan hemat energi. ?Keunggulan dari FCX Clarity keluaran Honda ini adalah power cell hydrogen yang kami buat dengan ukuran lebih kecil dan menyatu dengan badan mobil, sehingga ada ruang lebih besar untuk duduk. Mobil ini dapat menampung 4 orang dan mereka dapat duduk dengan lega karena ruang yang luas.? jelas Toshiyuki. Tambahnya lagi, ?Produsen mobil lain memang telah mengeluarkan alat transportasi berbahan bakar hydrogen, tapi mobil berbentuk ?sedan? ini adalah yang pertama di dunia diinovasi oleh Honda.?



Winglet, skuter mini keluaran produsen mobil Toyota


Skuter mini ini diciptakan khusus untuk menolong mereka yang harus sering ?berkeliaran? di mall dan airport, seperti halnya petugas maupun kru keamanan. Berbentuk ramping dan sylish, Winglet berkecepatan 3.7 mph, dan mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan badan. Jika anda ingin maju, cukup mencondongkan badan kedepan, begitupun dengan belok kanan maupun kiri, anda tinggal mencondongkan badan ke arah yang anda inginkan maka Winglet akan menyesuaikannya. Penciptaan Winglet sendiri didasarkan pada keinginan Toyota untuk menciptakan robot yang friendly dan mampu menolong manusia. Saat ini Winglet belum dipasarkan karena Toyota masih akan diuji-cobakan di mall dan airport Jepang tahun depan.

Produk-produk menarik lainnya


Ratusan produk bermutu lainnya memenuhi areal pameran, seperti LED light bath-tub, yang merupakan keluaran produsen Thailand yang saat ini tengah bersaing dengan produsen asal Jepang lainnya. Tak ketinggalan produk asli inovasi Jepang, yaitu toilet canggih keluaran Toto dengan tombol flush, deodorant, serta tombol untuk membilas. Toilet ini juga dilengkapi kemampuan sensor yang mampu mendeteksi saat orang sudah selesai memakai toilet, sehingga secara otomatis penutup toilet akan turun dan menutup dengan sempurna.

Beberapa produk unik seperti USB berbentuk manusia dan sepatu anak-anak untuk bermain juga tampak dalam pameran. (oleh Liliana Yap, korensponden Era Baru, Tokyo Jepang)
 
Back
Top