Mitos dan Fakta Seputar Kolesterol

her_is_mine

New member
MITOS
Cukup dengan menghindari daging, santan, jeroan, dan keju dalam makanan, maka kadar kolesterol pasti normal

FAKTA
BELUM TENTU. Karena 80% dari kolesterol darah dihasilkan dari dalam tubuh kita sendiri (endogen). Bila metabolisme tubuh sudah memburuk, maka dibutuhkan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol secara terus menerus (jangka panjang). Selain itu dibutuhkan pula modifikasi gaya hidup melalui diet dan olahraga.

MITOS?
Kadar kolesterol yang tinggi dan penyakit kardiovaskuker hanya masalah pria

FAKTA?
TIDAK BENAR. Walaupun di masa sebelum menopause wanita memproduksi estrogen yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, namun perlu dilihat juga faktor lain seperti hiperkolesterol, hipertensi, diabetes, faktor keturunan, dll. Di seluruh dunia, sekitar 8,5 juta wanita meninggal setiap tahunnya akibat penyakit jantung.

MITOS?
Makan daging kambing akan menyebabkan hiperkolesterol dan tekanan darah tinggi

FAKTA?
TIDAK BENAR. Tidak ada bukti bahwa daging kambing mempunyai kandungan lemak (terutama lemak jenuh) yang lebih tinggi dibanding dengan jenis daging merah lainnya...

MITOS?
Orang gemuk memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari orang kurus

FAKTA?
BELUM TENTU. Karena kadar kolesterol dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk: apa yang anda makan, seberapa cepat tubuh anda memproduksi dan membuang kolesterol LDL yang jahat, tingkat kesehatan dan kebiasaan makan.

Semoga bermanfaat yaaa
 
MITOS»
Vegetarian lebih sehat dari pemakan daging
FAKTA»
Selama si Vegetarian ga' ngerokok pasti si Vegetarian lebih sehat
 
Back
Top