Prihatin Konflik, Menperindag Mundur

pratama_adi2001

New member
KATMANDU - Kekerasan di Nepal bagian selatan yang tak kunjung usai menyulut keprihatinan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) Nepal Hridesh Tripathi. Menganggap pemerintah tidak becus mengatasi konflik tersebut, sang menteri memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sejauh ini, konflik tersebut sudah menyebabkan sekitar delapan orang meninggal dan melumpuhkan aktivitas sehari-hari warga Nepal. Tapi, tidak ada langkah nyata yang ditempuh pemerintah untuk menyelesaikan konflik tersebut.

"Saya sudah mengajukan surat pengunduran diri kepada Perdana Menteri melalui sekretaris negara. Pemerintah telah gagal mengatasi masalah Mahadhesis. Karena itu, tidak ada alasan bagi saya untuk tetap bertahan dalam pemerintahan," papar Tripathi, seperti dikutip The Associated Press, kemarin. Selain menjabat sebagai menteri, politisi yang mewakili kawasan selatan Nepal itu juga dipercaya sebagai Sekjen Nepal Sadbhawana Party.

Sejak gejolak terjadi dua pekan lalu, sebagian besar kota di wilayah selatan memberlakukan jam malam. Kebijakan itu diterapkan untuk meredam gejolak yang ada dan menekan jumlah korban. Hingga kemarin, Kota Birgunj, Janakpur, Kalaiya dan Lahan di wilayah Terai masih memberlakukan jam malam.

Konflik tersebut bermula dari tuntutan komunitas Mahadhesi untuk mendapatkan wilayah politik yang lebih luas. Pasalnya, selama ini, mereka merasa dikesampingkan dan tidak diperhatikan oleh pemerintah. Namun, semenjak tuntutan diajukan, belum ada respons dari pemerintah hingga saat ini. (ap/afp/hep)
 
Back
Top