Para Pecinta Kura-Kura Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #141   Report Post  

Re: Para Pecinta Kura-Kura

Kutip:
Oleh soul666 View Post
bro and sis,

ane baru beli kuya ney, jenisnya red belly, ukuran sekitar 5-6 cm, doi ane piara di aquarium kecil, sejenis transpoter gitu tapi lebih gede dari transpoter jadi lumayan tu kuya bisa agak hilir mudik walo ga terlalu lebar/luas aquariumnya....
yang mo ane tanyain:
1. Aman ga pake aer ledeng/PAM/PDAM?
2. Gue ga ngasih daratan, so full air, tapi airnya ga terlalu tinggi jd tu kuya bisa berenang/nyelem, tp juga bisa melongo kepermukaan nongolin kepalanye terus kedip-kedip da tuh matanye, apakah ga masalah tu ga dikasi daratan??
3. Ane kasi makan pelet jenisnya aqua turtle? bagus ga???
4. red belly gampang ga si ngerawatnya???ada tips2 ga bro/sis??ane beginer ney baru kepincut ma kuya, heeee
mungkin gitu aje ye curhatnye, ditunggu tips2na, thx again.....

emangnya aman tu kuya di kasih full air?
ga pada capek ya kuya'nya
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #142   Report Post  

Re: Para Pecinta Kura-Kura

kura2 w malah dari bayi d air mulu berenang selama 2 tahun ngak berhenti-henti
eh malah otonya sehat and bugar....!!!!!!!!!!!!
skr anehnya makanannya udah cicak d dinding
makanya w jd nyantai ngak ngeluarin money buat beli mkn nya
asik2
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #143   Report Post  

Re: Para Pecinta Kura-Kura

kura ku kok loyo ya apa kurang makan ###### ya
chickenfighter
World Level

Post: 15.285
 
Reputasi: 37

__________________
SUDAH BEDA APA EMANG BEDA

Recent Blog: Blog Touchscreen   





Reply With Quote     #144   Report Post  

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

mo tnya nich
gua lgi cari kura-kura indian star
klo ada daerah skitar surabaya...

and harga nya berapa yaw
klo ada yg msih baby...

thx
safri_boy2001@yahoo.com
safri
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #145   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Rahasia Panjang Umur Bangau dan Kura-Kura



Di dunia ini konon ada dua hewan yang berumur panjang, yaitu burung bangau dan kura-kura. Keduanya bisa hidup hingga ratusan tahun. Padahal, kaisar-kaisar di Cina dulu cuma bisa hidup sampai usia 40 tahunan.

Kaisar-kaisar lalu memanggil seorang tabib untuk mencari tahu rahasia di balik umur panjang kedua hewan itu. Rahasia itu akhirnya dibongkar. Berdasarkan kajian si tabib, rahasianya ada pada gerakan kaki (seperti kesimbangan kaki burung bangau) dan putaran leher (kura-kura saat berjalan). Kedua gerakan itulah yang diadopsi dalam olah tubuh ala taichi.

Taichi adalah olah tubuh warisan kuno Cina yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan anggun, napas yang dalam, dan konsentrasi mental untuk mendapatkan harmoni antara badan dan jiwa.

Karena taichi adalah aktivitas yang tidak keras, maka taichi sangat dianjurkan bagi manula yang sedang mengalami penurunan kesehatan atau persoalan fisik lainnya. Taichi juga olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, tidak memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan kapan saja.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat taichi bagi para warga senior, antara lain menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan sendi, serta mengurangi lemak tubuh.

Karmaka Surjaudaja (76), adalah salah satu penggemar olahraga taichi. CEO Bank NISP ini setiap hari tak pernah absen melakukan taichi di lapangan GOR Pajajaran, kota Bandung. Kegiatan olah tubuh itu sudah 12 tahun dilakoninya, yakni sejak ia melakukan tranplantasi lever pada tahun 1997.

"Taichi membuat fisik saya lebih kuat, bahkan setelah saya menjalani cangkok ginjal 23 tahun lalu," kata pria yang memang masih terlihat bugar dan tegap ini. Dengan kedisplinan tinggi dalam melakukan olahraga pernapasan itu, Karmaka mampu bertahan dari hari ke hari, meski kini tubuhnya telah digerogoti kanker.

Awam akan melihat taichi seperti tarian yang indah, dengan gerakan yang lambat, mengalir dan tak berkeputusan. Namun justru dalam kelembutannya tersembunyi tenaga yang kuat. "Kalau habis berlatih badan bisa basah oleh keringat karena gerakan taichi banyak yang bertumpu pada lutut," papar Karmaka.

Taichi menekankan pernapasan perut yang dalam, sehingga paru-paru terpakai maksimal dibandingkan pernapasan dada pada umumnya. Taichi juga meningkatkan detak jatung sehingga bisa membantu kesehatan jantung dan paru.

Walaupun gerakan lambat, sebenarnya siapa pun boleh melakukan taichi. Satu kali latihan terdiri dari 20 menit pemanasan, 24 menit latihan taichi, dan 10 menit pendinginan.
ROBI
National Level

Post: 1.815
 
Reputasi: 6

__________________
Jendral Naga Bonar

klik!!! www.rumahbaju-butik.com

kesedihan itu seperti liang buntu.semakin dalam kegelapan dan kepengapan semakin menghipitmu
berbaliklah,jangan ragu cahaya dan udara segar telah menunggu





Reply With Quote     #146   Report Post  

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

niaz inpo,

bang sekalian masukin foto terrarium kura kura, kolam, akuarium, dll
coura
National Level

Post: 1.064
 
Reputasi: 2

__________________
jual movie, kaos under armour, ular, leopard gecko, jasa temenein beli logam mulia. pertanyaan lebih lanjut
085669354222 / whatsup, sms
7568008d
lokasi palembang





Reply With Quote     #147   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Kutip:
Oleh coura View Post
niaz inpo,

bang sekalian masukin foto terrarium kura kura, kolam, akuarium, dll
silahkan aja bang coura
klo saya sih g punya
ROBI
National Level

Post: 1.815
 
Reputasi: 6

__________________
Jendral Naga Bonar

klik!!! www.rumahbaju-butik.com

kesedihan itu seperti liang buntu.semakin dalam kegelapan dan kepengapan semakin menghipitmu
berbaliklah,jangan ragu cahaya dan udara segar telah menunggu





Reply With Quote     #148   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Indian star care sheet

Indian star (geochelone elegans), berasal dari daerah india. Dapat mencapai ukuran hingga 28 cm, tetapi pada umumnya hanya mencapai ukuran 25 cm untuk betina dan 15 cm untuk jantan. Ada 2 macam istar yaitu istar biasa dan srilangka star.

Musim kawin adalah pada musim hujan sekitar bulan juni hingga oktober. Bertelur pada bulan april hingga november dengan jumlah clutch (kelompok telur) 3-9 clutch. Masing-masing clutch bervariasi antara 3-9 tergantung besarnya dan asupan gizi dari jantan dan betina. Telur akan menetas dalam waktu 147 hari di alamnya. Di alamnya indian star memakan rumput, buah-buahan yang jatuh dan daun-daun dari tanaman yang mengandung air (succulent).

Habitat

Habitat aslinya bervariasi mulai dari hutan tropis hingga padang rumput di daerah india. Pada musim hujan kura ini akan aktif sepanjang hari. Sedangkan pada musim kering kura ini hanya aktif pada pagi hari dan sore hari.

Pemeliharaan

Karena berasal dari negara tropis yang hampir sama musimnya dengan indonesia, pemeliharaan kura ini tidaklah terlalu sulit. Indian star harus direndam pada pagi hari pas ada matahari pagi selama 15-25 menit untuk minum dan buang kotoran. Air rendaman gunakanlah air hangat. Rendaman air sesuai dengan ukuran kura-kura, kira-kira seperempat sampai separuh tempurung. Jangan terlalu dalam karena dia adalah kura darat. Setelah buang kotoran, angkat kura ini dan taruh di tempat kering di bawah sinar matahari pagi dan diberi potongan sayuran untuk makan. Dan jangan lupa di kontrol dengan obat cacing untuk jaga seperti pakai combantrin atau vermox.

Jangan menjemur kura-kura terlalu lama

Kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan kematian, usahakan hingga badannya hangat atau memberi tempat perlindungan pada kandang kura-kura sehingga jika terlalu panas kura tersebut dapat menjauhkan diri/bersembunyi di tempat teduh.

Jangan menjemur kura-kura tanpa diawasi

Biarpun kelihatan lambat, tapi kura-kura juga pandai melarikan diri.

Pada musim hujan gunakan lampu khusus reptil yang mengandung uva-uvb (full spectrum lamp).

Uva digunakan untuk menambah selera makan dan memproses makanan di tubuh reptil.

Uvb digunakan untuk memproses vitamin d3 pada makanannya karena reptil tidak bisa mensintesa vitamin d3 tanpa bantuan uvb. Tempat berjemur diusahakan mempunyai suhu 31-34˚c, sedang suhu kandang sekitar 28-32˚c. Gunakan termometer untuk mengukur suhu jangan kira-kira, karena kadang perkiraan kita meleset jauh.

Makanan yang baik untuk istar

Fumak,

kaktus centong,

bunga sepatu,

plantein (ki urat),

caisim,

selada,

wortel,

okra.

Kriteria kura darat yang sehat

Mata bersih

Nafsu makan bagus.

Badan berat, aktif.

Tidak ada luka pada scute (sambungan pada tempurung).

Hidung kering .

Kura-kura dapat dipelihara di tempat ber ac dengan bantuan dari lampu agar tidak kedinginan.

Vitamin untuk kura-kura

Untuk kura-kura dengan variasi makanan yang bagus, sudah cukup hanya diberi tambahan kalsium. Kalsium yang ada dipasaran sekarang ini adalah rep-cal, dapat juga diganti dengan tulang cumi/sotong yg kering.

Jika kura-kura tersebut tidak mau makan tetapi badannya tetap berat, coba rendam dengan air hangat, biasanya karena kotoran tidak mau keluar dan air rendaman jangan terlalu dalam,
ROBI
National Level

Post: 1.815
 
Reputasi: 6

__________________
Jendral Naga Bonar

klik!!! www.rumahbaju-butik.com

kesedihan itu seperti liang buntu.semakin dalam kegelapan dan kepengapan semakin menghipitmu
berbaliklah,jangan ragu cahaya dan udara segar telah menunggu





Reply With Quote     #149   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Sulcata Care Sheet


African Spurred Tortoise (Geochelone sulcata) atau Sulkata, berasal dari daerah Afrika. Sulkata adalah kura darat nomor tiga terbesar di dunia. Panjang plastron (tempurung bagian bawah) dapat mencapai 78 cm.

Musim kawin adalah sekitar bulan Juni hingga Maret frekuensi terbesar adalah September sampai November. Bertelur pada menjelang musim kemarau, dengan jumlah hingga 17 butir. Telur-telur ini akan menetas setelah 212 hari.

Captive breed

Sulkata peliharaannya terlihat kawin pertama kali sekitar bulan Desember hingga Januari. Bertelur bulan Juni dan bertelur lagi bulan Juli (2 clutch) total sebanyak 13 butir. Telur-telur tersebut menetas pada bulan Desember pertengahan dengan masa inkubasi 4,5 bulan atau 135 hari.
Di alamnya Sulcata memakan rumput dan daun-daun dari tanaman yang mengandung air (succulent).

Habitat
Sulkata tersebar dari Sudan, Ethiophia, Togo,hingga Mali dan Mauritania. Secara general penyebarannya berada di bagian utara dari Gurun Sahara. Untuk menghindari dari panas yang menyengat, sulkata menggali lubang untuk berteduh dengan menggunakan kakinya yang sangat kuat.

Pemeliharaan
Karena berasal dari negara yang beriklim kering, Sulkata hanya perlu diberi minum seminggu 1x. Kura ini tidak menyukai tempat pemeliharaan yang lembab. sulcata kecil walau menyukai panas namun gampang sekali mengalami dehidrasi. Tempat pemeliharaan harus sejuk dan kering jangan di berikan tempat air minum didalam kandang. Kura kecil harus dijemur pada pagi hari atau menggunakan lampu sekitar 25 atau 40watt agar tetap kering dan hangat serta uvb light.Jangan memberikan air minum di kandang buat jenis sulcata.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TERLALU LAMA

Kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan kematian, usahakan hingga badannya hangat atau memberi tempat perlindungan pada kandang kura-kura sehingga jika terlalu panas kura tersebut dapat menjauhkan diri/bersembunyi di tempat teduh.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TANPA DIAWASI
Biarpun kelihatan lambat, tapi kura-kura juga pandai melarikan diri.

Pada musim hujan gunakan lampu khusus reptil yang mengandung UVA-UVB (Full spectrum Lamp).
UVA digunakan untuk menambah selera makan dan memproses makanan di tubuh reptil.
UVB digunakan untuk memproses Vitamin D3 pada makanannya karena reptil tidak bisa mensintesa Vitamin D3 tanpa bantuan UVB.
Tempat berjemur diusahakan mempunyai suhu 31-34˚C, sedang suhu kandang sekitar 28-32˚C. Gunakan termometer untuk mengukur suhu jangan kira-kira, karena kadang perkiraan kita meleset jauh.

Makanan yang baik untuk sulcata

Fumak, kaktus centong caisim, selada,, wortel, bunga sepatu, daun murbei, alfalfa, Bermuda grass. Untuk pemberian makanan jgn diberikan yg tinggi protein karena meyebabkan pyramiding. Contoh. Toge. Sayur kacang panjang ini tidak baik untuk kura darat.Sulcata harus makan makanan yg tinggi dengan serat (high in fiber)

Kriteria Kura darat yang sehat

- Mata bersih tidak berair

- Nafsu makan bagus.

- Badan berat, aktif.

- Tidak ada luka pada Scute (sambungan pada tempurung).

- Hidung kering.

Kura-kura dapat dipelihara di tempat ber AC dengan bantuan dari lampu agar tidak kedinginan.

Vitamin untuk kura-kura
Untuk kura-kura dengan variasi makanan yang bagus, sudah cukup hanya diberi tambahan Kalsium. Kalsium yang ada dipasaran sekarang ini adalah Rep-Cal, dapat juga diganti dengan tulang cumi/sotong yg kering.

- Jika kura-kura tersebut tidak mau makan tetapi badannya tetap berat, coba rendam dengan air hangat, biasanya karena kotoran tidak mau keluar AIR RENDAMAN JANGAN TERLALU DALAM

- JANGAN DIBERI MAKAN DOG FOOD untuk sulcata atau mazuri karena meyebabkan pyramiding
ROBI
National Level

Post: 1.815
 
Reputasi: 6

__________________
Jendral Naga Bonar

klik!!! www.rumahbaju-butik.com

kesedihan itu seperti liang buntu.semakin dalam kegelapan dan kepengapan semakin menghipitmu
berbaliklah,jangan ragu cahaya dan udara segar telah menunggu





Reply With Quote     #150   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Istilah di Dunia Reptil

CB - CAPTIVE BRED
WC - WILD CAUGHT/COLLECT
GTP - GREEN TREE PYTHON
BCI - BOA CONSTRICTOR IMPERATOR
BCC - BOA CONSTRICTOR CONSTRICTOR
BCA - BOA CONSTRICTOR AMARALI
SEX - JENIS KELAMIN
SHEDING - GANTI KULIT
SVL - Snout To Vent Length … (panjang kepala hingga pangkal ekor)
Diurnal - Aktif siang hari
Crespicular - Aktif Sore Hari
Noctrunal - Aktif Malam Hari
SCL - straight length carapace (untuk kura-kura)
MBK - Mexican black
MB - Moncong babi
BD - Bearded Dragon
LG - Leoperd Gecko
WTS - Want To Sale
WTB - Want To Buy
Magic Blue- varanus Macraei
BP - Ball python
RES - Red ear slider (Kura brazil)
TL - Total Length
CL - Carapace Length

NV - Non Venomous(tidak berbisa)
MV - Medium Venom(berbisa ringan)
VN - Venom Neurotoxic(berbisa menyerang saraf)
VM - Venom Myotoxic(berbisa menyerang jaringan otot)
VH - Venom Haemotoxic(berbisa menyerang jaringan sel2 darah)

Ovipar - berkembangbiak dengan bertelur
Ovovivipar- berkembangbiak dengan bertelur melahirkan(ex. Boa)

Arboreal - mengacu pada sifat yang hidup di pepohonan. Hewan arboreal adalah hewan-Hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pepohonan atau belukar.

Terrestrial - terkait dengan tanah atau permukaan tanah (terra, tanah).
Hewan terestrial adalah hewan-hewan yang biasa berkeliaran di atas tanah, hence the name; terrestrial.

LTC - long term captive
CH- captive hatch
Poss het - possible heterozygous
RTB - red tailed boa

Jigongan……sariawan
Probe……….alat sexing buat ular

Prey - umpan
Rat - tikus besar warna putih yang biasa buat umpan
Tiput/mencit - tikus putih/mencit ukuran kecil yang biasa buat umpan (juga)
Pinkies - anak rat/tiput/mencit yang baru lahir dan masih nenen sama induknya

Dead prey - umpan mati
Prekilled prey - umpan setengah mati
Aquatic - hewan yang hidupnya di air
Salmonella - bakteri yang dibawa reptile
Pup - buang air besar
Pee - buang air kecil
Hemi##### - kelamin jantan
Turtle - kura-kura air
Tortoise - kura-kura darat

Hibernasi - masa tidur pulas, terlepas dari ajang kreatifitas.

Substrate - bahan material yang digunakan didasar (aquarium) mungkin berfungsi sebagai alas.
ROBI
National Level

Post: 1.815
 
Reputasi: 6

__________________
Jendral Naga Bonar

klik!!! www.rumahbaju-butik.com

kesedihan itu seperti liang buntu.semakin dalam kegelapan dan kepengapan semakin menghipitmu
berbaliklah,jangan ragu cahaya dan udara segar telah menunggu
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Yang Suka Kura-kura kesini dong!! pandawa Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 53
kura kura INDONESIA tercinta coura Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 30
ni kura kura apa ya coura Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 72
nyari kura kura fortseni coura Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 7
World of Pets (Anjing,kucing,kelinci,monyet,kura-kura,ular,iguana) d-net Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 3


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.