Para Pecinta Kura-Kura

Status
Not open for further replies.
Pengawetan kura

1. segera setelah mati, bersihkan semua bagian luar kura dengan menggunakan sikat gigi, bungkus kura dengan plastik dan simpan dalam freezer.

2. siapkan bahan antara lain :

· formalin ½ liter, untuk kura mati ukuran 15cm

· wadah plastik dengan tutup rapat seukuran kura

· serat dacron ( isi bantal)

· 10pc silica gel ( penyerap kelembanan)

· jarum suntik

· monte kalung plastik warna hitam ( beli di toko accesoris pakaian) sesuaikan dengan ukuran mata

· 1cc resin + hardener

· jarum pentul

· steroform tebal 2cm

· wax / semir sepatu warna netral

· pinset panjang

· kipas angin stand

· masker hidung, kacamata dan 4pasang sarung tangan

3. keluarkan kura dalam freezer, rendam dalam air setelah lunak, dengan bantuan pinset buat lubang kecil dikerongkongan bawah dan keluarkan jantung dan paru-paru. Lubangi juga salah satu selangkangan untuk mengeluarkan usus dan ginjal


leher dilubangi

kaki dilubangi

dada dilubangi
Khusus kura ukuran medium, dada dibuka
4. cuci bersih dan pastikan tidak ada organ dalam yang tertinggal, daging pada kaki tidak perlu dikuliti

5. carilah tempat berventilasi lancar / tempat terbuka, arahkan kipas angin dibelakang anda dan pakailah sarung tangan, kacamata dan masker, uap formalin agak menyakitkan

6. suntik secukupnya pada daerah yang terdapat daging dan rendam kura dalam larutan formalin +- 1jam kura kecil


suntikkan formalin
7. buka dan angin anginkan sebentar, isi mulut dan leher dengan serat dacron, tempurung dengan silica gel + dacron, tusuk bola mata dengan jarum dan isi dengan monte plastik hitam

isi bola mata
8. bentuk kura sesuai dengan gaya anda dengan menancapkan jarum pentul pada kaki ke steroform

9. keringkan pada sinar matahari langsung +- 1 minggu untuk kura kecil +-3minggu untuk kura sedang

10. setelah kering beri sedikit tetesan resin ke mata untuk memberi ekspresi hidup dan olesi seluruh badan dengan WAX
 
Cara Memilih Kura-kura Brasil

Pepatah lama bilang: teliti sebelum membeli, biar gak rugi nanti. Nah kura-kura yang dijual dipasaran belum tentu semuanya bagus atau sehat. Berikut adalah tips-tips yang sebaiknya kita lakukan pada saat membeli kura-kura.

1.) Perhatikan kumpulan kura-kura yang akan Anda beli. Pastikan airnya bersih. Kura-kura harusnya terlihat aktif dan waspada. Pilih salah satu yang aktif yang menarik perhatian Anda.

2.) Ambillah. Kura-kura tersebut harusnya terasa memiliki berat yang memadai. Jika kura-kura tersebut aktif selama berada di tangan Anda, gerakan-gerakan kakinya dapat memberi gambaran akan tenaganya. Jika kaki belakangnya ditarik perlahan, Kura-kura tersebut harusnya memliki respon yang baik (menarik kakinya kembali). Kura-kura yang sakit biasanya terlihat dari berat yang kelewat ringan, dan mereka memiliki daya respon yang lemah.

3.) Perhatikan baik-baik bagian kepalanya. Matanya harus terlihat terbuka lebar dan cerah. Hindari binatang dengan mata cekung, tertutup, atau berair. Perhatikan bagian pipinya, mereka harusnya terlihat sedikit menonjol dengan ukuran yang sama, ketika kepalanya dilihat dari atas. Hindari binatang yang salah satu pipinya cekung ke dalam atau lebih besar ketika di bandingkan.

4.) Perhatikan bagian kaki-kakinya, pastikan tidak ada luka ataupun pembengkakan yang aneh. Periksa juga bagian ekor, apakah ada luka atau pembengkakan aneh juga.

5.) Sekarang perhatikan tempurungnya. Periksa apakah ada luka atau tanda-tanda infeksi baik di bagian karapas (tempurung) ataupun bagian bawah tubuhnya. Bentuk infeksi tersebut akan tampak seperti potongan kecil berwarna gelap/terang yang tidak biasa pada tempurung atau bagian bawahnya. Sementara memegang kura-kura itu ditangan, tekan tempurungnya perlahan-lahan. Jika terasa lembut dan lentur, jangan pilih kura-kura tersebut. Tempurung yang lembek atau lentur adalah tanda-tanda dari penyakit tulang (metabolic bone disease). Cara lain untuk mengetahui radang tulang adalah dengan menekan secara perlahan bagian pinggiran tempurung yang tipis (sisi belakang tempurung). Kura-kura yang mengalami radang tulang akan memiliki sisi-sisi tempurung yang lentur. Jika gejala radang tulang itu tidak begitu parah, seekor kura-kura dapat dirawat dengan cara memberikan makanan yang banyak mengandum kalsium dan tambahan vitamin D3.

Bila semua ‘tes’ tersebut telah dilaksanakan dan hasilnya baik, maka, belilah kura-kura tersebut. B)
 
Manouria EMYS Tortoise Care Sheet

Manouria emys emys atau Emis berasal dari Sumatera di Indonesia. Emis dapat mencapai panjang sekitar 80cm. Bertelur pada menjelang musim hujan dengan jumlah 2 clutch per tahun, jumlah masing-masing telur 5-8 butir.
Di alamnya emys memakan rumput, daun talas, buah-buahan yang jatuh dan daun-daun dari tanaman air seperti Lotus.

Habitat
Emys tersebar dari Sumatera hingga Kalimantan. Hidup di hutan hujan tropis pada daerah pegunungan menyebabkan emys sangat menyukai kelembaban. Untuk menghindari dari panas yang menyengat, emys menggali lubang untuk berteduh dengan menggunakan kakinya yang sangat kuat atau bersembunyi di bawah daun-daun kering. Kura ini juga suka berendam pada kubangan-kubangan air.

Pemeliharaan
Karena berasal dari hutan Sumatera yang lembab, Emys harus diberi minum atau direndam setiap hari dan karena banyak emys tangkapan alam jadi harus rutin diberikan obat cacing seperti combantrin atau vermox.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TERLALU LAMA
Emys tidak menyukai panas yang terlalu menyengat, dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan kematian, berikan tempat perlindungan pada kandang kura-kura sehingga jika terlalu panas kura tersebut dapat menjauhkan diri/bersembunyi di tempat teduh. Dan emys suka tempat yg lembab sehingga suka berendem didalam air yg dangkal.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TANPA DIAWASI

Biarpun kelihatan lambat, tapi kura-kura juga pandai melarikan diri.
Pada musim hujan gunakan lampu khusus reptil yang mengandung UVA-UVB (Full spectrum Lamp). UVA digunakan untuk menambah selera makan dan memproses makanan di tubuh reptil. UVB digunakan untuk memproses Vitamin D3 pada makanannya karena reptil tidak bisa mensintesa Vitamin D3 tanpa bantuan UVB.
Tempat berjemur diusahakan mempunyai suhu 31˚C, sedang suhu kandang sekitar 28-29˚C. Gunakan termometer untuk mengukur suhu jangan kira-kira, karena kadang perkiraan kita meleset jauh. D

Makanan yang baik untuk emys:
Fumak, bokhoy, caisim, wortel, buah papaya, timun,pisang
 
Last edited:
Rumput dan Jerami untuk Kura-kura Leopard dan Sulcata

Untuk kura-kura besar jenis savanah seperti Geochelone sulcata (African spurred tortoise) atau Geochelone pardalis (Leopard tortoise), rumput dan jerami merupakan komponen yang penting.

Kura-kura Aldabra and Galapagos juga dapat hidup sangat baik dengan makanan jenis ini. Kura-kura darat lainnya juga mendapatkan manfaat dengan memasukan rumput segar maupun kering pada makanannya – meskipun beberapa jenis tertentu seperti redfoot, yellowfoot, hingeback dan mediterranean kurang dilengkapi untuk memcerna makanan rumput yang mengandung silika tinggi. Tetapi untuk kura-kura yang telah beradaptasi, rumput tidak saja bergizi tetapi juga kaya akan serat membuat kontribusi untuk kesehatan pencernaan. Untuk kura-kura leopard dan African spurred tortoises, campuran rumput sebaiknya terdiri dari kira-kira 70-75% dari total makanannya.

Geochelone sulcata menikmati makanan campuran jerami. Jerami membentuk bagian makanan terpenting untuk jenis ini dan kura-kura padang rumput lainnya.

Tersedianya jenis-jenis rumput sangat bervariasi tergantung pada lokasinya. Daftar makanan rumput di bawah ini berdasarkan lokasi di USA. Di Eropa, jenis ini jarang tersedia – meskipun biasanya equivalen lokalnya dapat ditemui. Contohnya “Meadow hay” biasa dan campuran “orchard hay” biasanya cocok. Hindari jerami yang memiliki biji berduri yang terlalu banyak karena dapat melukai mulut atau mata. Oleh sebab itu pisahkan jerami Timohty yang Kasar. Jerami rumput potongan kedua atau ketiga lebih condong memiliki lebih sedikit ujung ujung yang tajam daripada potongan pertama.

• Buffalo grass

• Couch grass

• Kikuyu grass

• Dallas grass

• Blue Grama grass

• Big Bluestem grass

• Darnel Rye grass

• Wintergrass or Bluegrass

• Western Wheatgrass

• Fescue sp. grasses

Makanan rumput sebaiknya diberi tambahan dengan bunga sesering mungkin. Opuntia yang durinya telah dibuang, daun semanggi (clover) dan makanan rumput liar lainnya yang tersebut di atas sebaiknya diberi secara teratur

Rumput hijau segar juga merupakan makanan favorit kura-kura Leopard dan Sulcata
 
Kura-kura kalian biasanya dikasih makan apa sih?
turtle punya saya tergolong rakus & nyeremin juga, Cz apapun bisa dia makan (kecuali batu) jadi agak khawatir. bayangin aja, sendal jepit karet aja digigit :)) jadi tatut buat ngelepas dihalaman.
 
kalo msh kecil kasih aja makanan kura2 ORCA biasanya jd cepet gede
klo dah besar mah ksh aja sayuran,anak ikan,jangkrik dan udang
 
pernyataan yg sering diutarakan tentang kura-kura darat

-Apakah kura darat perlu minum ?

Ya , semua mahluk hidup memerlukan air. Di gurun dimana sebagian jenis kura darat ditemukan, air sangatlah sulit didapat, kura mendapatkan kebutuhan akan air pada saat hujan dan pada tumbuhan.

Kura-kura memiliki mekanisme menyimpan persediaan air sehingga tidak setiap hari memerlukan minum.

Rendam kura darat anda pada ember yang berisi air ½ dari tinggi kaki atau sebatas rahang bawah selama +- 5menit 1-2 X seminggu

Menyediakan tempat minum pada kandang kecil tidak saya sarankan karena hanya akan membuat becek dan lembab

-Kura saya sangat suka dengan kangkung, bolehkah saya memberikannya sebagai menu harian ?

Tidak, saya sangat menyarankan pemberian variasi makanan hijauan untuk menghindari kekurangan nutrisi oleh salah satu jenis sayuran.

-Kura-Kura bukan hewan untuk dibuat mainan

· Anak balita dan ibu hamil sebaiknya menghindari kontak langsung dengan kura, dikawatirkan kura anda mengandung parasit

· Kura yang baru dibeli atau baby kura mudah sekali stress bila terlalu sering dipegang atau di buat main.

-Saya baru saja membeli beberapa jenis kura darat, bolehkah saya menempatkannya pada satu kandang ?

selama ukuran kandang yang anda miliki cukup luas dan ukuran kura sama besar tidak masalah, mungkin perlu disediakan beberapa tempat makanan.

-Kura saya datang ketika dipanggil.

Untuk beberapa jenis kura yang sudah lama dipelihara hal tersebut mungkin terjadi karena kura dapat menghubungkan sesuatu kejadian sederhana, jadwal,waktu,orang dengan makanan. Tetapi saya tidak percaya kura anda dapat diperintah mengambil bola . :)

-Mengapa kura saya setiap hari kerjanya hanya tidur

Memang sebagian besar waktu kura dihabiskan untuk tidur, dan bangun disaat lapar, adalah kepuasan tersendiri dapat menyaksikan gaya tidur kura

-Perlukah saya memberikan tambahan vitamin khusus kura seperti yang tersedia dipasaran ?

Selama anda memberikan menu makanan yang benar dan bervariasi ditambah kalsium dari tempurung cumi + sering dijemur setiap hari, saya rasa tidak perlu membeli vitamin yang mahal.

-Pedagang hewan yang saya temui mengatakan bahwa ini adalah sepasang baby kura darat

Tidaklah mungkin mengetahui jenis kelamin kura semasa bayi, minimal dibutuhkan ukuran ½ dari dewasa. Jadi JANGAN PERCAYA!

-Saya memiliki seekor anjing jinak dan seekor kura radiata 30cm , dapatkah anjing saya bersahabat dengan kura?

Kadangkala anjing hanya menganggap kura anda sebagai tulang berjalan jadi berhati hatilah !

-Saya memiliki kura Sulcata yang gemar memakan kerikil, berbahayakah ?

Beberapa jenis kura gemar memakan kerikil untuk membantu pencernaan, yang harus dihindari adalah karet, potongan plastik dan rambut

-Kura-kura saya mengeluarkan cairan putih disaat kencing, apakah ini tanda suatu penyakit ?

Zat putih tersebut dinamakan urate adalah merupakan hasil sisa dari metabolisme protein, jika kura anda selalu mengeluarkan zat ini, maka itu adalah salah satu tanda awal kelebihan protein

-Bagaimana perbedaan jantan dan betina ?

Kura-kura secara umum dapat dilihat jenis kelaminnya bila sudah mencapai 1/2 dari ukuran dewasa, jadi sangat sulit membedakannya semasa masih bayi

jantan: dada cekung, ekor secara keseluruhan lebih ramping dan panjang

betina: dada datar, ekor secara keseluruhan lebih bulat dan pendek
sexes.jpg


-Apakah Pyramiding itu ?

Adalah suatu kelainan bentuk tempurung yang menjulang tinggi / berbonggol atau juga datar. Kolektor pemula biasanya sangat tertarik dengan kelainan bentuk ini karena dianggap unik, Bentuk ini terjadi akibat kesalahan perawatan dari kecil sehingga membentuk tempurung dewasa menjadi abnormal, jenis indian star (G.elegans)cenderung untuk berbonggol tapi dalam skala wajar . Beberapa penyebab pyramiding antara lain:

1. terlalu banyak mengkonsumsi protein (kacang-kacangan)

2. dehidrasi

akibatnya:

1. berat bertambah tanpa diimbangi kekuatan kaki sehingga tidak dapat berjalan dengan sempurna

2. tulang lemah

3. matang kelamin terlalu dini

4. gangguan beberapa penyakit
 
Last edited:
tips untuk kura-kura darat

Waktu tepat membeli

· sebaiknya membeli kura pada siang hari dimana kura-kura masih aktif bergerak dan mau makan

· beri sedikit sayuran dihadapannya bila kura merespons maka dapat dipastikan kura tersebut sehat, tetapi adakalanya kura takut makan bila ada orang

· letakkan kura dibawah sinar matahari, bila langsung berjalan berarti OK , amati cara berjalannya tegap atau dengan kaki diseret

.Kesempurnaan bentuk

· karapak (tempurung) = amati setiap ruas tepi bila ada yang patah atau terkelupas

· mata = bening dan terlihat “bersemangat”

· hidung = kering dan tidak terdapat ingus (pilek)

· kaki dan kuku = pada umumnya kuku depan berjumlah 5 dan belakang 4 buah, kuku yang hilang tidak akan tumbuh

· rasakan berat kura “mantap” sangat ringan mengindikasikan kurang makan atau stress

· Motif = khusus untuk Geochelone elegans (bintang) dan Geochelone radiata , keserasian garis dan tebal garis kuning sangat mempengaruhi harga



NOTE: Seperti pepatah Tak ada gading yang tak retak, keindahan kura bukanlah handmade atau digital printing !

.Perawatan minggu pertama

· Beri makanan manis (buah=pepaya) atau sayuran berair (labu) untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan nafsu makan, bila terlihat stress dan lemas berikan 1-2 tetes air gula 3X sehari dengan menggunakan pipet ( beli di apotek)

· Semua makanan harus dalam kondisi segar dan dalam potongan kecil, bila perlu sediakan 2-3 macam sayur sekaligus

· Jemur 5 menit sehari , beri lampu pijar 15 watt di waktu malam

· Hendaknya jangan terlalu sering dipegang atau dibuat mainan dalam seminggu

· Peliharalah kura dalam ukuran yang sama

Note: Bila kura anda tidak mau makan selama 1-3 hari atau terlihat takut orang pada hari pertama pemeliharaan itu adalah wajar.

Tips perawatan baby kura <6cm

· Semua sayuran sebaiknya digiling / blender, buang sebagian kandungan airnya

· Sayuran diganti min 3X sehari 07.00 10.00 14.00

· Lampu pijar 25watt 24jam (jaga jarak), sinar matahari 5 menit sehari

· Populasi jangan terlalu padat

· Beri serbuk tempurung cumi 1Gr/minggu

· Hindari terlalu sering dibuat main

Manfaat berendam air 1 X seminggu

· Memperlancar buang air besar

· Mencegah dehidrasi

Tuangkan air dalam ember kira-kira ½ dari tinggi kaki atau sebatas rahang bawah, rendam selama +- 5 menit , angkat dan keringkan dengan handuk
 
Menu makanan kura darat
potongan sayur

Keterangan = * tersedia di super market

4 = sebaiknya sering di berikan

3 = seminggu sekali / diberikan jarang

2 = sebaiknya jangan diberi atau sekali sebulan

1 = DILARANG

Makanan jam 9.00 dan 14.00


KODE


Keterangan


Kaktus oputia (kaktus centong)


4


Diparut keju, BEST FOOD!

Daun dan bunga sepatu (hibikus)


4


Dipotong halus BEST FOOD!

Daun lidah buaya


3


Buang duri, tanpa kupas, potong dadu kecil

Selada gado-gado


2*


Mengandung terlalu banyak nitrit, rawan gangguan pencernaan

Keluarga sawi (pak coy, putih)


4*


Dipotong halus

Kailan


4*


Mengandung kalsium baik untuk pertumbuhan BEST FOOD!

Wortel


4*


Diparut keju

Labu putih


4*


Diparut keju

Labu kuning (waluh)


4*


Diparut keju

Labu manisah


4*


Diparut keju

Selada air (berdaun kecil, berbatang)


4*


Dipotong halus

Kangkung


4*


Dipotong halus

Labu zukini


4*


Diparut keju

Daun + bunga kenikir


4*


Di potong halus

Daun semanggi


4


BEST FOOD!

Daun kacang


4*


Daun pakis


4*


Jagung


4*


Kura dewasa + kulit jagung

Mentimun


3*


Potong dadu kecil

Tomat


2*


Potong dadu kecil

Buah buahan


2*


Kurang serat kasar, terlalu manis

Kacang panjang


3*


Over protein , menyebabkan pyramiding

Tao ge


3*


Over protein , menyebabkan pyramiding

Kacang kapri, ercis


3*


Over protein , menyebabkan pyramiding

Buncis


3*


Over protein , menyebabkan pyramiding

kubis


1


Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Bunga kol


1


Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Broccoli


1


Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Keluarga bayam ( spinach)


1


Tidak dapat dicerna

Lobak


1


Tidak dapat dicerna

Kecipir


1


Tidak dapat dicerna

Daun singkong


1


Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Daging / hewani


1


Kecuali red food , Geochelone carbonaria 1X seminggu 1 sendok makan
 
kandang tuk kura darat

Letak

- usahakan ada sinar matahari pagi yang masuk melewati ½ bagian dari lantai kandang, kura-kura suka sekali berjemur

- pastikan kandang aman dari anjing, kucing atau tikus



.Konstruksi kandang dan perlengkapan

- alas kandang yang terbaik adalah semen,karpet tanpa bulu, lantai keramik / licin sebaiknya dihindari digunakan pada kura kecil.

Dilarang menggunakan pasir atau serabut kayu hamster

- kandang untuk sekor kura 10cm minimal 60X40X15cm, (tempat donat plastik beli diMAKRO). Aquarium tidak disarankan untuk memelihara kura darat karena kurang sirkulasi udara dan rawan kelembaban tinggi

- gunakan alas gelas untuk tempat makanan

- lampu pijar 15 watt dapat digunakan pada malam hari, khususnya pada musim penghujan untuk mencegah pilek, kura kecil < 5 cm wajib disinari 24jam ( jaga jarak lampu)
 
Taxonomy kura darat

Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Reptilia
Subclass Anapsida
Order Testudines
Super Family Testudinoidea
Family Testudinidae

Genus: Geochelone
species:

* carbonaria (red foot)
* chilensis
* denticulata (yellow foot)
* elegans (kura bintang)
* gigantea (kura aldabra) sub species arnoldi, dussumieri, gigantea, hololissa
* nigra (kura galaphagos) sub species abingdoni, becki, chathamensis, darwini, duncanensis, hoodensis, nigra, phantastica, porteri, vicina
* pardalis (kura leopard) sub species babcocki, pardalis
* platynota (kura burmese)
* radiata
* sulcata
* yniphora

Genus: Homopus
species:

* aerolatus
* bergeri
* boulengeri
* femoralis
* signatus sub species cafer, signatus

Genus: Chersina angulata (satu anggota)

Genus: Indotestudo
species:

* elongata
* forstenii (baning Sulawesi)
* travancorica


Genus: Kinixys
species:

* belliana sub species belliana, nogueyi
* erosa
* homeana
* lobatsiana
* natalensis
* spekii

Genus: Malacochersus tornieri ( satu anggota)

Genus: Psammobates
species:

* geometricus
* oculiferus
* tentorius sub species trimeni, tentorius, verroxii

Genus: Pyxis (kura spider)
species:

* arachnoides sub species brygooi, arachnoides, ablonga
* planicauda

Genus: Testudo
species:

* graeca sub species anamurensis, armeniaca, cyrenicae, ibera, graeca, nabeulensis, nikolskii, soussensis, terrestris, zarudnyi,
* hermanni sub species boettgeri, hermanni
* horsfieldi sub species kazakhstanica, horsfieldii, rustamovi
* kleinmanni
* marginata
* weissingeri
* werneri

Sub family: Xerobatinae
Genus: Gopherus
species:

* agassizii
* berlandieri
* flavomarginatus
* polyphemus

Genus: Manouria
species:

* emys (kura kaki gajah) sub species emys, phayrei
* impressa
 
Wah Tengkyu banget nih tipsnya tokcer semua, Aku kasih bintang ya

minta gambar telur kura-kura dong Tuan Robi, dihalaman rumah temen sempet nemuin sebuah telur tapi bentuknya agak beda dari telur yang biasa aku liat. Jadi curiga..
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top