Para Pecinta Kura-Kura

Status
Not open for further replies.
bro and sis,

ane baru beli kuya ney, jenisnya red belly, ukuran sekitar 5-6 cm, doi ane piara di aquarium kecil, sejenis transpoter gitu tapi lebih gede dari transpoter jadi lumayan tu kuya bisa agak hilir mudik walo ga terlalu lebar/luas aquariumnya....
yang mo ane tanyain:
1. Aman ga pake aer ledeng/PAM/PDAM?
2. Gue ga ngasih daratan, so full air, tapi airnya ga terlalu tinggi jd tu kuya bisa berenang/nyelem, tp juga bisa melongo kepermukaan nongolin kepalanye terus kedip-kedip da tuh matanye, apakah ga masalah tu ga dikasi daratan??
3. Ane kasi makan pelet jenisnya aqua turtle? bagus ga???
4. red belly gampang ga si ngerawatnya???ada tips2 ga bro/sis??ane beginer ney baru kepincut ma kuya, heeee
mungkin gitu aje ye curhatnye, ditunggu tips2na, thx again.....


emangnya aman tu kuya di kasih full air?
ga pada capek ya kuya'nya:))
 
kura2 w malah dari bayi d air mulu berenang selama 2 tahun ngak berhenti-henti
eh malah otonya sehat and bugar....!!!!!!!!!!!!
skr anehnya makanannya udah cicak d dinding
makanya w jd nyantai ngak ngeluarin money buat beli mkn nya
asik2
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Rahasia Panjang Umur Bangau dan Kura-Kura

1118454p.jpg


Di dunia ini konon ada dua hewan yang berumur panjang, yaitu burung bangau dan kura-kura. Keduanya bisa hidup hingga ratusan tahun. Padahal, kaisar-kaisar di Cina dulu cuma bisa hidup sampai usia 40 tahunan.

Kaisar-kaisar lalu memanggil seorang tabib untuk mencari tahu rahasia di balik umur panjang kedua hewan itu. Rahasia itu akhirnya dibongkar. Berdasarkan kajian si tabib, rahasianya ada pada gerakan kaki (seperti kesimbangan kaki burung bangau) dan putaran leher (kura-kura saat berjalan). Kedua gerakan itulah yang diadopsi dalam olah tubuh ala taichi.

Taichi adalah olah tubuh warisan kuno Cina yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan anggun, napas yang dalam, dan konsentrasi mental untuk mendapatkan harmoni antara badan dan jiwa.

Karena taichi adalah aktivitas yang tidak keras, maka taichi sangat dianjurkan bagi manula yang sedang mengalami penurunan kesehatan atau persoalan fisik lainnya. Taichi juga olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, tidak memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan kapan saja.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat taichi bagi para warga senior, antara lain menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan sendi, serta mengurangi lemak tubuh.

Karmaka Surjaudaja (76), adalah salah satu penggemar olahraga taichi. CEO Bank NISP ini setiap hari tak pernah absen melakukan taichi di lapangan GOR Pajajaran, kota Bandung. Kegiatan olah tubuh itu sudah 12 tahun dilakoninya, yakni sejak ia melakukan tranplantasi lever pada tahun 1997.

"Taichi membuat fisik saya lebih kuat, bahkan setelah saya menjalani cangkok ginjal 23 tahun lalu," kata pria yang memang masih terlihat bugar dan tegap ini. Dengan kedisplinan tinggi dalam melakukan olahraga pernapasan itu, Karmaka mampu bertahan dari hari ke hari, meski kini tubuhnya telah digerogoti kanker.

Awam akan melihat taichi seperti tarian yang indah, dengan gerakan yang lambat, mengalir dan tak berkeputusan. Namun justru dalam kelembutannya tersembunyi tenaga yang kuat. "Kalau habis berlatih badan bisa basah oleh keringat karena gerakan taichi banyak yang bertumpu pada lutut," papar Karmaka.

Taichi menekankan pernapasan perut yang dalam, sehingga paru-paru terpakai maksimal dibandingkan pernapasan dada pada umumnya. Taichi juga meningkatkan detak jatung sehingga bisa membantu kesehatan jantung dan paru.

Walaupun gerakan lambat, sebenarnya siapa pun boleh melakukan taichi. Satu kali latihan terdiri dari 20 menit pemanasan, 24 menit latihan taichi, dan 10 menit pendinginan.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

niaz inpo,

bang sekalian masukin foto terrarium kura kura, kolam, akuarium, dll
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Indian star care sheet
images

Indian star (geochelone elegans), berasal dari daerah india. Dapat mencapai ukuran hingga 28 cm, tetapi pada umumnya hanya mencapai ukuran 25 cm untuk betina dan 15 cm untuk jantan. Ada 2 macam istar yaitu istar biasa dan srilangka star.

Musim kawin adalah pada musim hujan sekitar bulan juni hingga oktober. Bertelur pada bulan april hingga november dengan jumlah clutch (kelompok telur) 3-9 clutch. Masing-masing clutch bervariasi antara 3-9 tergantung besarnya dan asupan gizi dari jantan dan betina. Telur akan menetas dalam waktu 147 hari di alamnya. Di alamnya indian star memakan rumput, buah-buahan yang jatuh dan daun-daun dari tanaman yang mengandung air (succulent).

Habitat

Habitat aslinya bervariasi mulai dari hutan tropis hingga padang rumput di daerah india. Pada musim hujan kura ini akan aktif sepanjang hari. Sedangkan pada musim kering kura ini hanya aktif pada pagi hari dan sore hari.

Pemeliharaan

Karena berasal dari negara tropis yang hampir sama musimnya dengan indonesia, pemeliharaan kura ini tidaklah terlalu sulit. Indian star harus direndam pada pagi hari pas ada matahari pagi selama 15-25 menit untuk minum dan buang kotoran. Air rendaman gunakanlah air hangat. Rendaman air sesuai dengan ukuran kura-kura, kira-kira seperempat sampai separuh tempurung. Jangan terlalu dalam karena dia adalah kura darat. Setelah buang kotoran, angkat kura ini dan taruh di tempat kering di bawah sinar matahari pagi dan diberi potongan sayuran untuk makan. Dan jangan lupa di kontrol dengan obat cacing untuk jaga seperti pakai combantrin atau vermox.

Jangan menjemur kura-kura terlalu lama

Kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan kematian, usahakan hingga badannya hangat atau memberi tempat perlindungan pada kandang kura-kura sehingga jika terlalu panas kura tersebut dapat menjauhkan diri/bersembunyi di tempat teduh.

Jangan menjemur kura-kura tanpa diawasi

Biarpun kelihatan lambat, tapi kura-kura juga pandai melarikan diri.

Pada musim hujan gunakan lampu khusus reptil yang mengandung uva-uvb (full spectrum lamp).

Uva digunakan untuk menambah selera makan dan memproses makanan di tubuh reptil.

Uvb digunakan untuk memproses vitamin d3 pada makanannya karena reptil tidak bisa mensintesa vitamin d3 tanpa bantuan uvb. Tempat berjemur diusahakan mempunyai suhu 31-34˚c, sedang suhu kandang sekitar 28-32˚c. Gunakan termometer untuk mengukur suhu jangan kira-kira, karena kadang perkiraan kita meleset jauh.

Makanan yang baik untuk istar

Fumak,

kaktus centong,

bunga sepatu,

plantein (ki urat),

caisim,

selada,

wortel,

okra.

Kriteria kura darat yang sehat

Mata bersih

Nafsu makan bagus.

Badan berat, aktif.

Tidak ada luka pada scute (sambungan pada tempurung).

Hidung kering .

Kura-kura dapat dipelihara di tempat ber ac dengan bantuan dari lampu agar tidak kedinginan.

Vitamin untuk kura-kura

Untuk kura-kura dengan variasi makanan yang bagus, sudah cukup hanya diberi tambahan kalsium. Kalsium yang ada dipasaran sekarang ini adalah rep-cal, dapat juga diganti dengan tulang cumi/sotong yg kering.

Jika kura-kura tersebut tidak mau makan tetapi badannya tetap berat, coba rendam dengan air hangat, biasanya karena kotoran tidak mau keluar dan air rendaman jangan terlalu dalam,
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Sulcata Care Sheet
images


African Spurred Tortoise (Geochelone sulcata) atau Sulkata, berasal dari daerah Afrika. Sulkata adalah kura darat nomor tiga terbesar di dunia. Panjang plastron (tempurung bagian bawah) dapat mencapai 78 cm.

Musim kawin adalah sekitar bulan Juni hingga Maret frekuensi terbesar adalah September sampai November. Bertelur pada menjelang musim kemarau, dengan jumlah hingga 17 butir. Telur-telur ini akan menetas setelah 212 hari.

Captive breed

Sulkata peliharaannya terlihat kawin pertama kali sekitar bulan Desember hingga Januari. Bertelur bulan Juni dan bertelur lagi bulan Juli (2 clutch) total sebanyak 13 butir. Telur-telur tersebut menetas pada bulan Desember pertengahan dengan masa inkubasi 4,5 bulan atau 135 hari.
Di alamnya Sulcata memakan rumput dan daun-daun dari tanaman yang mengandung air (succulent).

Habitat
Sulkata tersebar dari Sudan, Ethiophia, Togo,hingga Mali dan Mauritania. Secara general penyebarannya berada di bagian utara dari Gurun Sahara. Untuk menghindari dari panas yang menyengat, sulkata menggali lubang untuk berteduh dengan menggunakan kakinya yang sangat kuat.

Pemeliharaan
Karena berasal dari negara yang beriklim kering, Sulkata hanya perlu diberi minum seminggu 1x. Kura ini tidak menyukai tempat pemeliharaan yang lembab. sulcata kecil walau menyukai panas namun gampang sekali mengalami dehidrasi. Tempat pemeliharaan harus sejuk dan kering jangan di berikan tempat air minum didalam kandang. Kura kecil harus dijemur pada pagi hari atau menggunakan lampu sekitar 25 atau 40watt agar tetap kering dan hangat serta uvb light.Jangan memberikan air minum di kandang buat jenis sulcata.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TERLALU LAMA

Kalau menjemur terlalu lama kura-kura dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan kematian, usahakan hingga badannya hangat atau memberi tempat perlindungan pada kandang kura-kura sehingga jika terlalu panas kura tersebut dapat menjauhkan diri/bersembunyi di tempat teduh.

JANGAN MENJEMUR KURA-KURA TANPA DIAWASI
Biarpun kelihatan lambat, tapi kura-kura juga pandai melarikan diri.

Pada musim hujan gunakan lampu khusus reptil yang mengandung UVA-UVB (Full spectrum Lamp).
UVA digunakan untuk menambah selera makan dan memproses makanan di tubuh reptil.
UVB digunakan untuk memproses Vitamin D3 pada makanannya karena reptil tidak bisa mensintesa Vitamin D3 tanpa bantuan UVB.
Tempat berjemur diusahakan mempunyai suhu 31-34˚C, sedang suhu kandang sekitar 28-32˚C. Gunakan termometer untuk mengukur suhu jangan kira-kira, karena kadang perkiraan kita meleset jauh.

Makanan yang baik untuk sulcata

Fumak, kaktus centong caisim, selada,, wortel, bunga sepatu, daun murbei, alfalfa, Bermuda grass. Untuk pemberian makanan jgn diberikan yg tinggi protein karena meyebabkan pyramiding. Contoh. Toge. Sayur kacang panjang ini tidak baik untuk kura darat.Sulcata harus makan makanan yg tinggi dengan serat (high in fiber)

Kriteria Kura darat yang sehat

- Mata bersih tidak berair

- Nafsu makan bagus.

- Badan berat, aktif.

- Tidak ada luka pada Scute (sambungan pada tempurung).

- Hidung kering.

Kura-kura dapat dipelihara di tempat ber AC dengan bantuan dari lampu agar tidak kedinginan.

Vitamin untuk kura-kura
Untuk kura-kura dengan variasi makanan yang bagus, sudah cukup hanya diberi tambahan Kalsium. Kalsium yang ada dipasaran sekarang ini adalah Rep-Cal, dapat juga diganti dengan tulang cumi/sotong yg kering.

- Jika kura-kura tersebut tidak mau makan tetapi badannya tetap berat, coba rendam dengan air hangat, biasanya karena kotoran tidak mau keluar AIR RENDAMAN JANGAN TERLALU DALAM

- JANGAN DIBERI MAKAN DOG FOOD untuk sulcata atau mazuri karena meyebabkan pyramiding
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Istilah di Dunia Reptil

CB - CAPTIVE BRED
WC - WILD CAUGHT/COLLECT
GTP - GREEN TREE PYTHON
BCI - BOA CONSTRICTOR IMPERATOR
BCC - BOA CONSTRICTOR CONSTRICTOR
BCA - BOA CONSTRICTOR AMARALI
SEX - JENIS KELAMIN
SHEDING - GANTI KULIT
SVL - Snout To Vent Length … (panjang kepala hingga pangkal ekor)
Diurnal - Aktif siang hari
Crespicular - Aktif Sore Hari
Noctrunal - Aktif Malam Hari
SCL - straight length carapace (untuk kura-kura)
MBK - Mexican black
MB - Moncong babi
BD - Bearded Dragon
LG - Leoperd Gecko
WTS - Want To Sale
WTB - Want To Buy
Magic Blue- varanus Macraei
BP - Ball python
RES - Red ear slider (Kura brazil)
TL - Total Length
CL - Carapace Length

NV - Non Venomous(tidak berbisa)
MV - Medium Venom(berbisa ringan)
VN - Venom Neurotoxic(berbisa menyerang saraf)
VM - Venom Myotoxic(berbisa menyerang jaringan otot)
VH - Venom Haemotoxic(berbisa menyerang jaringan sel2 darah)

Ovipar - berkembangbiak dengan bertelur
Ovovivipar- berkembangbiak dengan bertelur melahirkan(ex. Boa)

Arboreal - mengacu pada sifat yang hidup di pepohonan. Hewan arboreal adalah hewan-Hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pepohonan atau belukar.

Terrestrial - terkait dengan tanah atau permukaan tanah (terra, tanah).
Hewan terestrial adalah hewan-hewan yang biasa berkeliaran di atas tanah, hence the name; terrestrial.

LTC - long term captive
CH- captive hatch
Poss het - possible heterozygous
RTB - red tailed boa

Jigongan……sariawan
Probe……….alat sexing buat ular

Prey - umpan
Rat - tikus besar warna putih yang biasa buat umpan
Tiput/mencit - tikus putih/mencit ukuran kecil yang biasa buat umpan (juga)
Pinkies - anak rat/tiput/mencit yang baru lahir dan masih nenen sama induknya

Dead prey - umpan mati
Prekilled prey - umpan setengah mati
Aquatic - hewan yang hidupnya di air
Salmonella - bakteri yang dibawa reptile
Pup - buang air besar
Pee - buang air kecil
Hemipenis - kelamin jantan
Turtle - kura-kura air
Tortoise - kura-kura darat

Hibernasi - masa tidur pulas, terlepas dari ajang kreatifitas.

Substrate - bahan material yang digunakan didasar (aquarium) mungkin berfungsi sebagai alas.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Vitamin, Mineral dan Kura-kura Darat PDF Print E-mail
oleh A C Highfield

Ada kesalah pahaman yang begitu besar tentang peranan vitamin dan mineral. Banyak orang yang percaya bahwa tambah banyak vitamin dan mineral yang didapat lebih baik – tentu saja ini tidak benar, karena beberapa vitamin dan mineral dapat membahayakan jika digunakan berlebihan. Sebenarnya yang dibutuhkan adalah keseimbangan jumlah vitamin dan trace elemen yang digunakan – bukan dosis yang banyak pada satu vitamin saja secara terpisah karena ini hanya membuat rusaknya keseimbangan dan relatif dapat menyebabkan kekurangan di daerah lainnya.

Ini juga penting menghilangkan mitos yang biasa ada pada pemelihara kura-kura darat bahwa kekurangan vitamin adalah penyebab terbesar atas penyakit yang sering dijumpai dan suntikan vitamin diperlukan untuk membantu hibernasi. Kedua pernyataan tersebut adalah salah total. Sebenarnya, kasus murni kekurangan vitamin utama (kekurangan vitamin yang disebabkan oleh kekurangan vitamin pada makanan daripada akibat dari ketidak mampuan untuk memetabolisma vitamin yang disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya ) sangat jarang. Di tujuh atau delapan tahun terakhir, kami menemukan 5 atau 6 kasus kekurangaan vitamin utama pada kura-kura darat. Pada semua kasus ini yang kami temui, bahwa makanan yang diberi pada kura-kura yang sakit itu sangat jauh dibawah cukup dari batas standar dan variasinya pun juga terbatas. Kekurangan vitamin pada kura-kura darat hampir tidak akan ada pada kura-kura yang diberi makan dengan makanan yang seimbang dan bervariasi.

Ada dua cara yang mana tambahan vitamin dapat diberikan:
Suplemen vitamin secara oral (melalui makanan atau minuman)
Suplemen vitamin sangat berguna karena menjamin semua vitamin yang diperlukan tersedia tetapi sekali lagi, suplemen vitamin tidak penting jika standar makanannya sudah berkwalitas atas dan cukup bervariasi. Di alamnya, kura-kura yang makan di berbagai macam tempat tidak memerlukan tambahan vitamin meskipun suplemen kalsium mungkin masih diperlukan.

Suntikan vitamin

Suntikan vitamin sebaiknya digunakan untuk pemberian vitamin spesifik dalam kasus dimana kekurangan vitamin spesifik tersebut diketahui. Kami menentang penggunaan injeksi secara rutin – pada banyak kasus, suntikan vitamin ini tidak memberikan kegunaan yang dituju dan tentu sering kali menyebabkan infeksi lewat daerah bekas suntikan. Kasus yang parah hanya sedikit yang perawatannya tidak bisa dirawat secara pemberian oral. Kekurangan vitamin A yang parah dapat ditanggulangi dengan injeksi, tetapi kasus lainnya hanya sedikit yang membutuhkan perawatan seperti ini. Penggunaan vitamin booster secara rutin sebelum dan sesudah hibernasi hanya membuang-buang waktu saja.

Vitamin vs Mineral

Banyak orang yang kurang jelas perbedaan antara vitamin dan mineral, dan khususnya tentang bagaimana keduanya berinteraksi. Contohnya banyak mineral, kalsium tergantung pada adanya vitamin tertentu seperti vitamin D sebelum mereka dapat diserap.

Vitamin adalah zat organik yang dapat membantu mengatur fungsi tubuh. Sebagai co-enzim, vitamin membantu aksi enzim selama metabolisma gizi makanan. Ada lusinan vitamin utama, kekurangan salah satu saja dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius. Vitamin hanya dibutuhkan dalam jumlah relatif yang sedikit tetapi mempunyai efek yang besar pada reproduktif tubuh, pencernaan, syarat dan sistem otot. Vitamin juga menpengaruhi pertumbuhan jaringan dan pembuatan anti bodi.

Beberapa vitamin penting adalah:

Vitamin A

Penting untuk kondisi kulit dan membran selaput lendir, kondisi mata (khususnya retina), fungsi biokimia dan reproduktif. Tanaman yang mengandung karotin yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air dan sisanya akan dikeluarkan melalui air seni. Vitamin B1 thiamine adalah pengatur metabolisma. Vitamin B2, riboflavin adalah co-enzim dalam pelepasan energi dan berinteraksi dengan vitamin B6 dan vitamin B12. Vitamin B3, niacin, juga penting dalam metabolisma energi dan sering diperoleh dengan mengubah tryptophan asam amino – proses ini membutuhkan adanya thiamine, riboflavin dan pyridoxine. Vitamin B6 pyridoxine yang terlibat dalam perubahan energi dari glycogen dan dalam sintesa haemoglbin dan antibodi. Vitamin B12 berinteraksi dengan asam folic yang menentukan pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kekurangan darah merah (anaemia) yang parah dan gejala syaraf. Vitamin ini hanya dihasilkan dalam daerah usus (gastro-intestinal) pada saat bermacam-macam mikroorganisma bertindak dengan kadar elemen kobalt. Kekurangan dapat terjadi seperti sindrom penyerapan yang tidak baik atau sebagai akibat timbulnya kerumunan parasit yang parah. Itulah B kompleks. Satu senyawa matriks yang berinteraksi dan saling berketergantungan.

Vitamin D

Sering kali disebut “vitamin sinar matahari”, vitamin D adalah vitamin larut dalam lemak yang penting dalam penyerapan dan pemanfaatan kalsium dan fosfor, vitamin D memainkan peranan utama dalam pembentukan tulang. Vitamin D dapat diperoleh secara alami, dengan aksi sinar ultra violet terhadap sterol di dalam kulit, atau pemberian secara oral – hampir semua suplemen kalsium/mineral khusus untuk digunakan untuk reptil mengandung vitamin D yang cukup.

Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi yang banyak. Dan karena vitamin C hadir di hampir semua buah-buahan dan sayur-sayuran hijau, kekurangan vitamin ini sangat tidak mungkin terjadi pada kura-kura darat.

Vitamin E

Banyak tanaman yang mengandung vitamin E adalah antioxidan dan berkerja bersamaan dengan vitamin A dan vitamin C.

Vitamin K

Vitamin pengentalan yang larut dalam lemak. Vitamin ini disintesa di dalam usus oleh aksi bakteri dan juga ditemui pada tanaman. Khususnya banyak dijumpai pada tanaman hijau dan tanaman yang berdaun.

Mineral

Mineral cukup berbeda dari vitamin. Vitamin dan mineral, keduanya adalah pengatur kimia dan bahan konstruksi – kalsium membentuk sebagian besar tubuh kura-kura darat, dan terbanyak daripada mineral lainnya. Kekurangan kalsium juga sangat umum terjadi karena kura-kura darat yang sedang tumbuh membutuhkan jumlah yang sangat banyak akan mineral ini supaya dapat membangun tulangnya.

Pembangunan jaringan tulang yang sehat adalah hasil dari banyak vitamin dan mineral yang bekerja sama satu sama lain.
Penting untuk diingat bahwa kalsium kurang diserap dengan baik oleh tubuh sedangkan fosfor siap diserap – jika makanan mengandung banyak fosfor dibanding oleh kalsium, kelebihan fosfor akan mencegah pengambilan kalsium ke tulang. Juga sangat mudah untuk memberikan makanan yang mengandung terlalu banyak fosfor karena tersedia hampir di setiap makanan sedangkan kalsium relatif sangat jarang. Kita harus tahu memilih makanan yang mengandung kalsium pada waktu mengatur makanan untuk kura-kura tangkaran. Kalsium and fosfor bersama-sama meliputi ¾ elemen mineral dalam tubuh dan lima elemen lainnya meliputi sisanya. Penting untuk diperhatikan bahwa aksi mereka saling berhubungan, tidak ada satu mineral yang dapat berfungsi tanpa menggunakan mineral lainnya.

Fungsi utama kalsium adalah bekerja sama dengan fosfor untuk membentuk dan merawat tulang. Kalsium penting untuk kesehatan darah dan juga membantu mengatur denyut jantung. Kalsium juga membantu dalam proses pembekuan darah dan membantu mencegah timbunan terlalu asam atau terlalu alkalis di dalam darah. Kalsium juga berperan dalam pertumbuhan otot, konstraksi otot dan transmisi syaraf. Kalsium membantu pemanfaatan zat besi dalam tubuh membantu menggerakan beberapa enzim (katalis penting dalam metabolisma) dan membantu mengatur jalur gizi masuk dan keluar dinding sel.

Penyerapan kalsium sangat tidak efisien. Ada dua faktor yang langsung mempengaruhi penyerapan: tersedianya kalsium dalam makanan dan kebutuhan tubuh sekarang. Kalsium yang tidak diserap akan dibuang.
Beberapa zat menggangu penyerapan kalsium. Waktu kelebihan lemak bergabung dengan kalsium, senyawa yang tidak larut akan terbentuk sehingga tidak dapat diserap. Zat lainnya dapat menggangu proses ini termasuk oxalat dan asam fitik (acid phytic).

Fosfor

Fosfor adalah mineral kedua yang terbanyak di dalam tubuh. Fosfor berfungsi bersama dengan kalsium. Keseimbangan kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk kura-kura darat supaya dapat dimanfaatkan secara efektif oleh tubuh.
Fosfor berperan penting dalam hampir semua reaksi kimia dalam tubuh. Fosfor juga penting dalam pemanfaatan karbohidrat, lemak dan protein dalam pertumbuhan, perawatan dan perbaikan sel dan untuk menghasilkan energi. Fosfor membantu dalam pemindahaan ciri-ciri keturunan dari orang tua ke anaknya. Fosfor juga penting untuk pertumbuhan tulang yang baik, fungsi ginjal dan pemindahan syaraf impuls. Jika kandungan fosfor tinggi, tambahan kalsium harus diberikan untuk menjaga keseimbangan yang benar. Fosfor tersedia di berbagai macam makanan dan suplemen tambahan tidak diperlukan.

Elemen trace lainnya

Kalsium, klorin, fosfor, potasium, magnesium, sodium dan sulfur ada dalam jumlah relatif banyak dalam jaringan tubuh. Mineral lainnya ada dalam jumlah hanya sedikit sekali tetapi pentin untuk tubuh berfungsi dengan benar. Zat besi, tembaga dan fluorin juga ada dalam jumlah yang cukup dari tumbuhan berdaun hijau tua. Iodine juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kalsium yang positif maka campuran mineral yang mengandung iodine sebaiknya disediakan pada suplemen kalsium.

Pedoman umum

Coba pastikan bahwa semua makanan bervariasi sebanyak mungkin -- dengan cara ini, bermacam-macam elemen trace akan tersedia.

Jangan memberi dosis vitamin murni jika tidak dalam arahan dokter – beberapa vitamin murni seperti vitamin A dan D sangat beracun jika dipakai berlebihan. Vitamin murni sebaiknya hanya digunakan sebagai program perawatan untuk memperbaiki kekurangaan yang didianogsa dengan benar

Pemberian vitamin lewat makanan atau minuman lebih baik daripada dengan suntikan.

Pemakaian secara rutin pada multivitamin dan mineral olahan yang aman dan diformulasikan dengan baik akan memastikan masalah kekurangan tidak akan terjadi

Targetkan ke makanan yang mengandung banyak kalsium dan rendah fosfor dalam makanan kura-kura darat.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Makanan Liar yang Dianjurkan untuk Kura-kura Darat Herbivora PDF Print E-mail
oleh A C Highfield

Daftar dibawah ini berdasarkan dari hasil pengamatan kura-kura darat yang sedang makan di alam bebas terutama di Yunani dan Turki oleh Lin King. Disini juga akan dibahas tumbuhan yang digemari oleh kura-kura darat yang tumbuh di Inggris-Britain banyak tanaman mediterania dan sejenisnya yang tumbuh di Inggris.




Tanaman ini sangat dianjurkan menjadi dasar makanan pokok yang kaya akan serat untuk kura-kura darat herbivora. Pada semua situasi, kami menganjurkan penambahan secara rutin suplemen multi mineral dan vitamin yang berkwalitas yang juga mengandung elemen-elemen seperti zinc dan selenium. Tidak dapat lebih ditekankan lagi bahwa kebutuhan akan elemen-elemen ini bervariasi dari satu jenis ke jenis lainnya. Umumnya, kura-kura yang hidup di daerah lebih kering seperti daerah Mediterania lebih cenderung membutuhkan sedikit elemen karena mereka telah beradaptasi dan terbiasa dengan kekurangan element ini di habitat aslinya.

Jika anda dapat menanam beberapa dari jenis tanaman ini, anda sebaiknya mempertimbangkan jenis tanah di taman anda. Jenis tanah memiliki pengaruh yang besar terhadap tersedianya mineral dan komposisi dari tumbuhan tergantung dari tanah itu. Pada tanah yang asam, penambahan pupuk mineral seperti ganggang/rumput laut berkalsium (calcified seaweed) memberi kalsium, magnesium dan beberapa elemen-elemen pada rumput akan membantu memastikan kura-kura memperoleh dengan jumlah cukup. Jika anda dapat memberi pupuk separuh dari taman anda, anda bisa lihat yang mana kura-kura yang pilih, tanaman yang diberi pupuk atau tidak diberi pupuk.

Sebaliknya jika tanah anda kaya akan zat kapur maka campuran gangang laut akan membantu menambah kandungan beberapa elemen-elemen pada tanah ini yang umumnya cenderung kurang.

Hati-hati, hindari memilih tanaman dari daerah yang tercemar oleh timbal dari asap kendaraan atau dari daerah yang mana terkena semprotan bahan kimia.
Tumbuhan sebagai makanan dasar yang dianjurkan:
Image
* Dandelion (Taraxacum officianale)
* Hawkbits (Leontodon spp.)
* Sowthistles (Sonchus spp.)
* Hawkweeds (Pictis spp.)
* Hawkbeards (Crepis spp.)
* Plantains (Plantago spp.)
* Clovers (Trifolium spp.)
* Honeysuckle (Lonicera periclymenum) [lebih disukai oleh T. hermanni]
* Cat's ears (Hypochoeris spp.)
* Vetches (Vicina spp.)
* Trefoils (Lotus spp.)
* Mallows (Malva spp.)
* Bindweeds (Calystegia spp.)
* Sedums (Sedum spp.)
* Ivy-leaved Toadflax (Cymbalaria muralis)
Juga (yang sering dilihat dimakan oleh T. hermanni and T. marginata in Greece):
* Robinia (pseudo-acacia) daun
* Wild clematis
* Acanthus
* Nettles

Prakteknya, yang paling penting adalah menyediakan rerumputan alami segar. Ini lebih baik daripada salad supermarket dan akan menyediakan lebih banyak macam mineral dan beberapa elemen yang penting. Kandungan seratnya juga lebih tinggi dari salad komersil. Jika anda dapat menanam beberapa tanaman ini di kandang kura-kura darat anda, kura-kura anda akan pasti menghargai usaha anda. Tidak hanya kura-kura darat mediterania saja yang menikmati manfaat makanan sehat ini. Ashey Wood, salah satu anggota Tortoise Trust yang memelihara dan mengembang-biakan kura-kura leopard (Geochelone pardalis), memberi beberapa tanaman liar pada makanan hariannya:

Ini adalah ringkasan pemberian makanan yang saya gunakan dalam mengembang biakan koloni Geochelone pardalis babcocki yang ada di koleksi saya, dan juga berhasil digunakan untuk jenis lainnya termasuk semua jenis Testudo dan Geochelone sulcata (African spurred tortoise). Banyak makanan yang dianjurkan untuk kura-kura tangkaran terlalu rendah pada satu faktor yaitu serat. Kura-kura darat Leopard harus memiliki kadar serat yang tinggi pada makanannya. Selama musim semi, musim panas, dan awal musim gugur, semua kura-kura darat saya beri makan 85 % tumbuhan dan bunga-bunga liar. Tumbuhan komersil dan buah-buahan disediakan sebagai cemilan, biasanya seminggu sekali. Saat mengumpulkan tumbuhan liar hati-hati akan pestisida, coba kenali daerah anda dan pilih tempat yang aman untuk pemetikan. Juga jangan cabut akarnya supaya tumbuhannya dapat tumbuh kembali.

Daftar makanan liar yang tersedia:
Perlu diingat, daftar ini adalah tambahan ini dari sebagian besar dimana kura-kura dapat memakan dan memilih bermacam-macam rumput dan daun-daun semanggi – rumput adalah faktor terpenting pada makanan leopoard dan kura-kura sulcata, contohnya:

* Dandelion (Taraxacum officinale) daun,batang dan bunga
* Red clover (Trifolium pratence) daun,batang dan bunga
* White clover (Trifolium repens) daun,batang dan bunga
* Greater Plantain (Plantago media)
* Ribgrass or Ribwart Plantian (Plantago lancealata)
* Smooth Sow Thistle (Sonchus ol?*eraceus) daun,batang dan bunga
* Prickly Sow Thistle (Sonchus as?*per) dipotong kasar atau halus
* White-Dead Nettle * (Lamilim al?*bum)
* Red-Dead Nettle (Lamium pupureum)
* Chickweed * (Stelaria media)
* Smooth hawks-beard (Crepis cap?*illoris) daun dan bunga
* Hedge mustard (Sisymbrium offl?*cinale) tanaman muda
* Bramble (Rubus fruticosus) tunas, daun lunak, dan buahnya

Yang ditandai tanda * tumbuh dan berkembang sepanjang tahun dan dapat dikumpulkan selama musim dingin (kecuali benar-benar beku) membuat tumbuhan ini menjadi makanan tambahan yang berguna di musim dingin. Gunakan buku dan periksa nama latin untuk nama panggilannya karena di setiap daerah memiliki nama panggilan yang berbeda.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Memberi Makan Kura-Kura Indian Star PDF Print E-mail
oleh A. C. Highfield

ImageKebutuhan makanan kura-kura darat Indian Star (Geochelone elegans) berada diantara kura-kura Mediterranea (jenis Testudo) dan kura-kura Leopard (Geochelone pardalis).

Di tangkaran, kura-kura Indian Star seharusnya tidak diberikan buah dalam jumlah banyak atau secara rutin jika begitu mereka akan menderita kelainan saluran pencernaan yang serius.

Mereka membutuhkan makanan yang berserat tinggi, rendah kadar gula dan karbohidrat yang mudah dicerna dan yang terutama terdiri dari daun hijau kasar, dicampur dengan rerumputan dan bunga-bunga.

Anakan kura-kura dan kura-kura betina yang sedang bertelur memerlukan kalsium yang cukup banyak. Maka gunakanlah selalu suplemen pada tahap ini.

Makanan yang baik untuk kura-kura Indian Star adalah:
Image

Kembang Sepatu

Inggris: Hibiscus

Yang dapat dimakan: daun dan bunga
Image

Murbei, besaran (Jawa).; Kerta, kitau (Sumatera)

Inggris: Mulberry

Latin: Morus alba

Yang dapat dimakan: daun
Image

Petunia

Yang dapat dimakan: daun dan bunga
Image

Semanggi
Inggris: Clover
Image

Jombang, taraksakum (Jawa)

Inggris: Dandelion

Latin: Taraxacum officinale Weber et Wiggers
Image

Ki urat, ceuli, c. uncal (Sunda), meloh kiloh, otot-ototan,; Sangkabuah, sangkabuah, sangkuah, sembung otot,; suri pandak (Jawa). daun urat. daun urat-urat, daun sendok,; Ekor angin, kuping menjangan (Sumatera). ; Torongoat (Minahasa).

Inggris : greater plantain, common plantain, plantain weed

Latin: Plantago


Lidah Mertua

Inggris: Snake Plant

Latin:Sansevieria sp.
Latin: Mesembryanthemum sp.
Latin: Crassula sp.
Rumput halaman segar


Coba hindari makanan salad (sayuran campuran) dari supermarket. Karena salad ini tidak menyediakan serat yang cukup dan lebih condong mengandung element dan nutrisi yang buruk. Ribuan bayi kura-kura Indian Star dijual tiap tahunnya di berbagai tempat di dunia sebagai hewan peliharaan. Dan mayoritas kura-kura mati dalam 12 bulan karena cara pemberian makan dasar ini diabaikan. Jika anda memelihara jenis ini, anda harus menyediakan makanan yang cukup dan harus memastikan baik kalsium dan vitamin D3 terpenuhi.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Informasi Kesehatan Kura-kura PDF Print E-mail
oleh Austins Turtle Page

Beberapa kasus yang kami hadapi jarang memerlukan perhatian dokter hewan. Akan tetapi ada beberapa kasus yang membutuh perawatan yang professional dan cepat. Di bawah ini adalah daftar yang kami hadapi dan kami lakukan dengan hasil yang baik dan buruk.

Penting
Situasi medis tidak selalu parah, tetapi jika anda bingung, hubungi dokter hewan khusus reptil/herp.

Masalah kesehatan umum dan luka.

Beberapa perawatan yang anda temui pada bagian informasi medis ini akan menganjurkan dua hal: Menaikan suhu dan dan Memeriksakan ke dokter hewan khusus reptil.

Alasan untuk menaikan suhu pada habitatnya termasuk suhu udara di lingkungannya, suhu air dan suhu jemur adalah karena kura-kura adalah hewan ectothermic yang artinya suhu tubuh mereka mengikuti suhu di lingkungannya. Waktu suhu mereka naik, tubuh mereka beroperasi lebih efisien dan termasuk sistem kekebalan tubuhnya. Seperti manusia, panas akan membunuh infeksi dalam tubuh. Itulah sebabnya kenapa kita demam. Itulah cara tubuh kita mencoba “membakar” infeksi. Walaupun menaikan suhu efektif pada banyak kasus, menaikan suhu juga dapat berbahaya pada kehidupan kita jika suhu panasnya terlampau tinggi. Pada kura-kura pun tidak berbeda, suhu panas dapat membantu tetapi jika terlalu tinggi dapat membunuh juga. Waktu penaikan suhu hanya diperlukan, cukup menaikan 5°F/3°C pada air dan menaikan 10°F/6°C (10 x 0.556 = 5.56°C) pada udara dan suhu jemur.

Mencari dokter hewan khusus kura-kura sangat penting. Karena tidak seperti mencari dokter hewan untuk anjing atau kucing yang anda dapat dengan mudah mencarinya lewat buku telepon atau teman dan pasti anda akan menemukan lusinan dokter hewan untuk anjing dan kucing. Akan tetapi untuk mendapatkan satu dokter hewan yang benar-benar tahu dan berpengalaman dengan kura-kura itu lain ceritanya.

Sekali lagi, saya tidak dapat tekankan lebih dalam lagi berapa pentingnya untuk mendapatkan dokter hewan khusus kura-kura dan reptil. Banyak dokter hewan yang jujur dan terus terang tentang pengetahuannya tentang kura-kura. Tanya saja. Walaupun ada beberapa dokter yang terlalu percaya diri tentang kemampuannya atau yang tidak mau mengakui bahwa mereka tidak tahu sama sekali dan jeleknya ada beberapa yang hanya mau memeriksa apa adanya. Jadi bagaimana caranya untuk mengetahuinya? Anda tidak bisa. Sayangnya tidak ada cara bagaimana mengetahui dokter hewan mengerti kura-kura atau tidak. Salah satu jalan permulaannya adalah dengan berbicara dengan dokter hewannya. Telpon atau temui dokternya. Carilah informasi tentang kura-kura sebelum menemui dokter hewan. Mengerti paling sedikit dalam pemeliharaan yang benar dan apa yang salah dan juga tentang perawatan medis.

Yang paling umum dan tanda yang memastikan adalah waktu dokter hewan dapat membedakan jenis kelamin dengan benar, jadi kenali jenis kelamin kura-kura dan jangan beri informasi di kartu pasien.

Jika kura-kura anda mengalami masalah kesehatan, karantinakan (pisahkan) mereka dari kura-kura lainnya.

Bagian ini mencakup gejala dan situasi medis:

• Salmonella
• Radang paru-paru/Pneumonia
• Infeksi pernafasan
• Batuk
• Bersin
• Berenang berliku
• Tidak dapat menyelam
• Batuk sesuatu
• Septicemia
• Pembusukan mulut
• Prolapse
• Tidak tumbuh
• Tidak makan
• Tidak berenang
• Tidak berjemur
• Tidur terus menerus
• Kena gigitan
• Terluka
• Terbakar
• Lecet

Sebenarnya semua hewan membawa salmonella, meskipun bagaimana baiknya dalam merawatnya dan kwalitas kehidupan yang diberikan. Salmonella adalah bagian dari bunga lambung (gut flora) pada kura-kura. Mereka hidup dengannya dan anda pun dapat hidup dengan mereka memilikinya selama mereka tidak memberikannya kepada anda ! Faktor penting dalam pencegahan salmonella meracuni anda dan lainnya sangatlah mudah. Menjaga kesehatan pribadi (personal hygiene) dan kondisi kehidupan yang berkwalitas untuk kura-kura. Mudahkan? Pastikan habitat kura-kura baik di darat maupun di air selalu bersih dan bebas dari kotoran dan sisa makanan, sisa tumbuhan adalah salah satu langkah besar dalam pencegahan penyebaran salmonella. Cara lain yang pasti mencegah penyebaraan ke anda dan sekeliling anda adalah dengan mencuci tangan anda dengan sabun setelah anda memegang kura-kura anda. Dianjurkan mencuci dengan menggunakan sabun anti bakteri.
Ada orang berdebat bahwa kura-kura berjalan di tanah salmonella dan berpikir apa yang kura-kura sentuh sebaiknya disinfekstan dengan kimia kuat dan barang apapun yang tidak dapat dicuci harus dibuang, dengan pikiran bahwa barang tersebut dapat menyebarkannya pada anda, keluarga anda, hewan peliharaan lainnya atau menduduki dan mengambil alih rumah anda. Saya tidak yakin. Pemikiran inilah yang membuat penjualan kura-kura menjadi illegal di beberapa provinsi Amerika dan membuat ukuran minimum kura-kura menjadi persyaratan yang ketat secara nasional

Tentu saja ini dapat dijelaskan karena pada saat itu banyak orang yang memelihara kura-kura kecil di air yang mereka malas ganti dengan kata lain mereka hanya membersihkan kapan saja mereka mau. Membiarkan kura-kura hidup di lingkungan yang jorok di kotoran dan makanannya, memelihara kura-kura kecil di mangkok plastik hijau dengan pohon kelapa plastik dan tidak mencuci tangan setelah memegang kura-kura. Dan juga ada beberapa anak-anak memasukan kura-kura ke dalam mulut. Tidak bisa menyalahkan anak-anak, orang tuanya lah yang tidak punya pikiran. Meskipun sampai hari ini, ada orang yang membiarkan kura-kura mereka berkeliaran di rumah secara bebas. Saya secara pribadi tidak menganjurkannya. Tetapi itu terserah pada pribadi masing-masing. Dari pembicaraan dengan pemelihara dengan cara itu, mereka akan menghadapi masalah lebih dari sekedar membersihkan kura-kura. Dengan menjaga kura-kura anda di habitat yang bersih (bukan steril) dan mencuci tangan anda akan menghindari perpindahan salmonella yang tidak menyenangkan itu.

Radang paru-paru (pneumonia) dan infeksi pernafasan

Ini adalah salah satu pembunuh yang paling umum pada kura-kura tangkaran. Saya juga pernah kehilangan kura-kura karena ini. Radang paru-paru dapat dilihat dalam beberapa cara tetapi ada beberapa yang tidak saya tuliskan karena tidak umum. Radang paru-paru seusuatu yang anda tidak dapat katakan/ lihat langsung. Biasanya kura-kura mulai dengan memperlihatkan tanda-tanda, tetapi ada beberapa telah mengalaminya selama berbulan-bulan tanpa memperlihatkan tanda-tanda atau gejala sakit.

Jaga suhu air dan suhu udara di lingkungannya dan suhu jemur pada suhu yang nyaman dan sesuai yang dibutuhkan oleh jenis kura-kura tersebut. Pastikan suhu udara di lingkungannya tidak turun dibawah suhu air. Jika terjadi (umumnya pada malam hari) maka itu normal dan alami di alam liar. Beberapa kasus radang paru-paru disebabkan oleh kondisi yang dapat dicegah dengan mudah. Cara lain mencegah radang paru-paru adalah dengan menghindari kura-kura anda dari debu atau dari jendela terbuka khususnya pada musim dingin. Pada awalnya kami juga kehilangan kura-kura ini yang disebabkan oleh radang paru-paru ini.

Batuk-batuk
Ya, kura-kura batuk juga. Mirip dengan manusia, yang menandakan adanya masalah pernafasan. Saat di dalam air dapat dilihat seperti hentakan atau kejang-kejang pada sistemnya. Atau menguap/menganga lebar dan lama. Saat berjemur, berbunyi kuak seperti katak.
Informasi Perawatan
Karantinakan dan naikan suhu 5°F/3°C pada habitatnya. Bawa ke dokter hewan khusus reptil karena obat akan diperlukan.

Bersin-bersin
Ya, kura-kura bersin juga! Seperti batuk-batuk, bersin-bersin juga menandakan adanya masalah pernafasaan. Suaranya seperti siulan burung.
Informasi Perawatan
Karantinakan dan naikan suhu 5°F/3°C pada habitatnya. Bawa ke dokter hewan khusus reptil karena obat akan diperlukan.

Batuk sesuatu
Jika kura-kura anda batuk atau memuntahkan sesuatu, perhatian perlu dibutuhkan segera, jika pada saat makan. Kura-kura mungkin memuntahkan makanannya jika mereka makan terlalu cepat atau terlampau banyak, terutama jika ukuran makanannya besar. Jika sesuatu yang dimuntahkan terlihat putih seperti bekas ganti kulit, ada kemungkinan besar walaupun belum tentu, kura-kura mengalami infeksi paru-paru, yang mungkin adalah pembekuan radang paru-paru. Ini perlu segera dibawa ke dokter. Perlu dicatat, ini juga dapat menandakan gejala stomatitis (mulut busuk).
Informasi Perawatan
Karantinakan dan naikan suhu 5°F/3°C pada habitatnya. Bawa ke dokter hewan khusus reptil karena obat akan diperlukan. SEGERA !

Berenang berliku-liku dan atau tidak dapat menyelam.
Ini terjadi jika satu sisi kura-kura lebih rendah dari sisi lainnya pada saat lagi berenang atau berenang miring. Ini karena adanya cairan pada satu paru-paru, lebih banyak daripada yang satunya atau adanya cairan pada di salah satu paru-parunya. Biasanya ini walaupun tidak selalu, diikuti oleh salah satu gejala dari radang paru-paru.

Jika kura-kura seperti tidak dapat tenggelam ( biasanya bagian depannya mencoba menyelam tetapi bagian belakangnya tetap mengambang di permukaan) ada dua kemungkinan. Pertama infeksi pernafasan. Kedua masalah pencernaan. Masalah pada sistem pencernaan tipikal setelah pengobatan antibiotik. Obat antibiotik dapat membunuh terlalu banyak bakteri bunga perut (gut flora) dan kura-kura mulai mengalami kesulitan dalam mencernakan makanan. Ini dapat dikurangi dengan mengeluarkan gas atau dibutuhkan perawatan dokter hewan. Jika situasi terus berlanjut, konsultasikan ke dokter hewan.
Informasi Perawatan
Karantinakan dan naikan suhu 3°C/5°F pada habitat. Bawa ke dokter hewan khusus reptil karena obat akan diperlukan.

Septicemia
Septicemia adalah istilah medis untuk keracunan darah. Yang artinya adalah ada sesuatu yang buruk di dalam tubuh kura-kura dan membuat racun ke dalam darah. Racun ini mematikan dan kura-kura perlu segera diobati untuk mencegah kematian. Tidak ada pengobatan rumah dalam penanggulangan situasi seperti ini. Kondisi ini sangat serius dan sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

Kura-kura yang menderita septicemia biasanya (walaupun tidak selalu) menarik dirinya ke dalam tempurungnya untuk jangka waktu yang lama. Mereka juga berjemur seperti ini, di dasar ataupun melayang seperti ini. Tanda-tanda lain juga dapat seperti muntah-muntah dan/atau kemerah-merah pada kulit atau plastron(dada), pembengkakan dan mungkin pembengkakan pada mata.

Perlu diingat, walaupun warna kemerah-merahan antar skat pada karapas(tempurung) adalah salah satu tanda gejala septicemia tetapi jangan disarukan dengan warna dadu muda atau krim yang biasa ditemukan antar skat dan sepanjang garis tengahnya.
Informasi Perawataan
Segera bawa ke dokter hewan.

Stomatitis/ Mulut busuk
Mulut busuk adalah salah satu infeksi pada mulut kura-kura yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Beberapa kasus dapat menjadi seperti infeksi virus herpes, yang lain infeksi clamydial dan organisma E. coli. Jika tidak diobati dapat berakibat fatal. Perlu diingat infeksi yang disebabkan oleh virus sangatlah menular. Stomatitis juga dapat ditemukan pada tengorokan. Jika kura-kura anda memuntahkan sesuatu, periksakan benda muntahan itu untuk pengecekan stomatitis dan juga pemeriksaan lab umum secara keseluruhan.
Informasi Perawatan
Untuk Stomatitis yang disebabkan oleh bakteri, waktu pertama kali terdeteksi, daerah lukanya harus diolesi oleh larutan iodine atau betadine setiap hari. Rawat kura-kura anda di lingkungan yang bersih dan segera bawa ke dokter hewan.
Untuk Stomatitis yang disebabkan oleh virus, sukar mendeteksi stomatitis yang disebabkan oleh virus dan sukar untuk diobati, walaupun masih bisa disembuhkan. Tetapi kebanyakan kasus adalah yang mematikan. Kura-kura harus segera dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan segera.

Organ keluar dari tubuh (prolapses)
Ada dua macam organ yang keluar dari tubuh : usus dan penis.
Usus keluar (intestinal prolapse)
Ini seringkali (walaupun tidak selalu) disebabkan oleh adanya kerikil. Kerikil termakan dan pada saat didorong keluar dari sistem pencernaan kura-kura, kerikil tetap di saluran usus dan waktu dipaksa keluar dari tubuh kura-kura, kerikil keluar dari tubuh membawa serta ususnya juga. Penyebab lainnya adalah sesuatu bentrokan dalam lambung yang akhirnya lepas. Biasanya diperbaiki dengan sendirinya, saluran usus ditarik kembali ke dalam tubuh pada saat kotoran nya telah keluar. Jika tidak, lihat cara penanggulangannya di bawah ini. Penyebab ketiga nya belum ditemukan dan dipercaya tambahan dari kondisi yang sudah ada, belum dapat dipastikan mengapa kura-kura kadang-kadang mengalami ini tanpa alasan yang jelas, dan seringkali membetulkan diri sendiri setelah itu.
Informasi Perawatan
Waktu ini terjadi, kura-kura harus dipindahkan dari habitatnya, karena kura-kura lain kemungkinan mengira ini sebagai makanannya dan mengigitnya yang dapat menyebabkan luka yang serius dan seringkali dapat menyebabkan kematian. Untuk perawatan di rumah, dianjurkan untuk menempatkan kura-kurat pada tempat yang bersih dan rata. (Saya menggunakan bak mandi bekas) dan lapisi bagian organ yang keluar dengan gula (yang kering bukan yang dilarutkan) atau madu. Ini akan membantu dalam mengurangi pembengkakan dan mudah-mudahan organ yang keluar dapat ditarik kembali ke dalam tubuh. Paling bagus kalau kura-kura tidak bergerak-gerak untuk mencegahnya menginjak-injak, menyeret-nyeret, melukai organnya sendiri pada saat dia berjalan-jalan dan atau berontak. Bagus jika organnya masuk kembali dengan sendirinya. Jika tidak, saat bengkaknya telah membaik, anda dapat PERLAHAN mencoba membantunya mendorong balik ke lubangnya. Jika anda tidak nyaman melakukan ini atau tidak berhasil atau adanya kemungkinan rusaknya pada organnya maka bawahlah kura-kura anda ke dokter hewan. Dokter hewan akan dapat membantu, seringkali dengan melakukan operasi untuk mengembalikan usus ke tempat semula. Kadang membuang bagian usus diperlukan, khususnya bagian yang terluka. Dokter akan menjahit untuk membantu mencegah supaya kejadian ini tidak terulang kembali.

Penis keluar
Ini sering terjadi karena akibat kondisi yang ada, tetapi sering kali karena itu memang terjadi. Pada saat ini terjadi kura-kura harus segera dipindah jika hidup bersama dengan kura-kura lain. Saya pribadi melihat organnya digigit kura-kura lain. Tidak aneh untuk kura-kura memperlihatkan penisnya untuk jangka pendek atau pada waktu stres, jadi jangan kaget. Saat waktu menarik organnya masuk, mereka kelihatan menendang keras waktu mundur. Ini bukan bearti mereka mengalami organ keluar. Jika organnya masuk kembali, maka semuanya baik.
Informasi Perawatan
Dengan sarung tangan steril, lapisi organ dengan jeli pelicin KY dan perlahan bantu masukan kembali kedalam kura-kura. Jika gagal, lapisi penisnya dengan gula atau madu untuk mengurangi pembengkakan. Jika penis masih tetap tidak dapat masuk kembali dengan sendirinya, anda dapat perlahan mencoba memasukannya ke dalam lubang. Jika anda tidak nyaman melakukan ini atau tidak berhasil atau andan pikir ada organ yang rusak luka, bawa kura-kura ke dokter hewan. Bebearapa situasi dibutuhkan perawatan untuk membantu mengembalikan organ yang keluar diikuti oleh jahitan yang dilepas beberapa hari kemudian. Menunda terlalu lama atau dratis, organ dapat diamputasi tetapi ini jarang.

Tidak tumbuh
Tidak semua kura-kura akan tumbuh dengan rasio kecepatan yang sama tetapi seharusnya rata-rata mereka tumbuh rasio kecepatan yang sama. Ada beberapa faktor yang dapat menghalangi pertumbuhan : parasit internal, tidak makan, makanan yang tidak baik, sinar yang tidak cukup, terlampau dingin atau sedang sakit. Pastikan suhu yang sesuai dijaga untuk jenis kura-kura tersebut. Juga pastikan lampu UVB anda masih mengeluarkan gelombang UVB. Periksa apakah kura-kura masih makan. Ini dapat dilakukan dengan memisahkan di kotak lain waktu pemberian makan dan hitung jumlah makan di setiap kura-kura.
Jika anda telah menyediakan pemeliharaan dengan baik dan mereka tidak tumbuh, ini menandakan adanya masalah kesehatan, sakit atau parasit. Bawalah ke dokter hewan.

Tidak makan
Ada banyak kemungkinan mengapa kura-kura anda tidak makan apa-apa atau berhenti makan. Beberapa kemungkinannya adalah stres, sakit, rebutan makan yang agresif dengan kura-kura lain, habitat mereka yang terlampau dingin, makanan yang tidak cocok, menaruh makanan di tempat yang salah atau bermacam alasan lainnya. Memecahkan masalah membutuhkan anda mendeteksi alasan kenapa kura-kura anda tidak makan. Beberapa kura-kura makan makanan kura-kura tetapi ada beberapa yang tidak. Jika begini anda hanya berusaha membuat mereka makan dengan makanan yang tersedia.

Ada beberapa kura-kura yang dapat terus hidup dalam jangka waktu tertentu dimana mereka sehat tanpa makan. Saya memiliki kura-kura western painted yang hidup 2 minggu tanpa makan 2-3 kali per tahun. Saya hanya memberi perhatian yang lebih kepadanya pada saat itu sampai ia mulai makan lagi untuk memastikan tidak ada masalah. Juga ada beberapa kura-kura yang makan lebih sedikit saat hari siang menjadi bertambah pendek (pada musim dingin). Ini biasanya berlangsung sampai beberapa minggu.
Informasi Perawatan
Pastikan suhu habitat cocok untuk jenis kura-kura anda. Coba makanan hidup seperti cacing, jangkrik, ikan dan perhatikan apakah makanan hidup memacu nafsu makannya. Cara lainnya yang bagus untuk dicoba supaya mereka memakan pelet atau turtle stick adalah dengan menaruh makanan peletnya pada kotak kecil yang besarnya tidak sebesar dari ukuran kura-kura itu sendiri dan taruhlah beberapa pelet/turtle stick di kotak itu dengan kuranya. Mungkin ini perlu dicoba berkali-kali tetapi terbukti selalu berhasil. Mereka mulai secara perlahan dan selama mereka makan itu merupakan suatu pertanda yang baik.
Jika anda mengeluarkan kura-kura anda untuk diberi makan dan kura-kura anda tidak mau makan maka cobalah memberi makan ditempatnya sendiri.
Waktu. Beri mereka waktu untuk makan. Sekelompok kura-kura mulai makan secara agresif, mungkin terdapat satu kura-kura yang memperlukan waktu lebih banyak dengan berbagai macam alasan. Kebanyak kura-kura saya langsung makan dimana ada kura-kura yang memerlukan 10-15 menit sebelum mereka mencari makanannya.
Pastikan jika kura-kura anda aquatik, taruhlah makanan di air. Beberapa kura-kura dapat menemukan makanannya di darat lalu dibawa ke air untuk dimakan.
Salmon juga bagus sebagai makanan pemula. Memberi makan dengan salmon dapat membuat air berminyak tetapi jika itu yang diperlukan supaya kura-kura makan, apa boleh buat.
Untuk sayuran, saya anjurkan meninggalkan lembaran daun besar terapung di dalam habitatnya membiarkan mengunyah kapan mereka mau. Dengan membiarkannya disitu anda akan mungkin melihat mereka memakannya bukan waktu anda benar-benar lagi memperhatikannya.
Ada beberapa kura-kura yang takut. Mereka tidak suka anda berada di dekatnya waktu mereka sedang makan. Salah satu kura-kura saya seperti itu. Duduk di dalam air sampai saya pergi. Mengitip dari belakang pintu, saya dapat melihatnya makan dengan rakusnya.
Jika apapun yang anda lakukan, kura-kura anda tidak mau makan, anda perlu membawa kura-kura ke dokter hewan segera karena banyak masalah kesehatan yang dapat timbul karena tidak makan seperti dehidrasi, kekurangan vitamin dan sebagainya

Tidak berjemur
Ada beberapa alasan mengapa kura-kura anda tidak berjemur. Area untuk berjemur mungkin terlampau panas, air terlalu hangat, kura-kura mungkin tidak merasa aman jika anda ada dan mungkin juga berjemur tanpa sepengetahuan anda atau waktu anda tidak ada ditempat atau sedang sakit. Cobalah untuk mengintip waktu mereka ditinggal sendirian beberapa saat. Dengan mengintip lewat jendela, saya menemukan kura-kura saya yang tidak berjermur sebenarnya berjemur, mereka merentangkan diri dan bertumpuk dengan satu dengan yang lain. Saat saya masuk, mereka segera terjun ke dalam air tanpa ada tanda-tanda mereka pernah keluar dari air.
Jika anda yakin mereka benar-benar tidak berjemur maka periksalah suhu di daerah jemur mereka dan airnya. Jika suhu terlalu panas mereka tidak akan berjermur atau mereka akan berjemur tetapi tidak akan tinggal disitu lama-lama.

Tidur terus
Ini salah satu tanda utama masalah kesehatan. Biasanya dapat dikoreksi dengan mengatur
Suhu. Kura-kura yang dingin umumnya akan banyak tidur. Cobalah menaikan suhu ke posisi tertentu untuk jenis kura-kura anda dan biarkan satu hari. Jika ini tidak menolong, dapatkan bantuan dokter hewan segera mungkin. Juga perhatikan tanda-tanda lain atau gejala yang dapat mengindikasikan kemungkinan penyebab atau sakit.

Gigitan, Luka, Luka Bakar dan Goresan
Jika kura-kura anda mengalami kondisi ini maka seringkali anda perlu memeriksa set up untuk dirubah.

Pemanas/heater dalam air tanpa pelindung dikenal sebagai penyebab terbakarnya kura-kura yang suka duduk di atas atau berada di bawah pemanas heater. Membiarkan terlalu dekat lampu pemanas juga dapat menjadikan masalah kepada beberapa kura-kura.
Gigitan dan goresan dari kura-kura lain pada saat makan atau taktik dominasi atau kawin sering terjadi seperti mendapat goresan dari dekorasi aquarium dan bebatuan.
Untuk luka bakar, penting untuk tidak membuang lapisan tisu yang terbakar. Ini akan menjadi sebagai basal dan membantu mencegah infeksi. Lapisan ini akan lepas dengan sendirinya seiring dengan waktu.
Informasi Perawatan
Bersihkan daerah luka dengan air bersih. Disinfeksi daerahnya dengan iodin atau betadin. Beri Silvadene (silver Sulfadiazine), Neosporin atau antibiotik. Biarkan kura-kura kering selama satu jam setelah perawatan. Taruhlah di tempat yang terpisah dengan air bersih. Anda dapat menambahkan StressCoat untuk membantu proses penyembuhan. Rawatlah seperti ini setiap hari selama dua mingguan.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Catatan mengenai gizi utama untuk kura-kura darat dan efeknya pada pertumbuhan dan perkembangannya PDF Print E-mail
oleh A C Highfield

Pendahuluan

Penyakit yang berhubungan dengan makanan mewakili penyebab terbesar atas kematian pada kura-kura darat tangkaran yang masih anakan dan muda. Lambert melaporkan bahwa umur median kura-kura darat tangkaran adalah sbb testudo graeca 1,5 tahun, untuk testudo hermani 1,75 tahun, dan marginata 2,3 tahun. Tetapi di laporannya tidak ada alasan yang diberikan secara klinis mengapa kematian ini terjadi, di laporannya hanya menunjukan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat daripada yang ada di alam aslinya dan tempurung yang cacat menjadi ciri khas pada mereka. Data umur-umur ini mirip dengan data-data yang telah dikumpulkan dari anggota masyarakat dan juga pemelihara-pemelihara yang belum berpengalaman. Pengamatan secara rinci pada tempat kehidupan dan jasadnya mengungkapkan bahwa adanya faktor-faktor klinis yang dapat terelakan, terutama penyebab masalah nutrisi tambahan pertumbuhan cacat tulang yang parah dan kurangnya rasio perbandingan gizi Kalsium dan Fosfor (Calcium: Phospor - Ca:p) yang seringkali dikombinasikan dengan gangguan radang hati, saluran kencing gangguan dengan ginjal dan endapan asam uric dalam saluran ginjal. Kondisi gangguan ginjal adalah kondisi yang paling sering ditemukan pada kasus-kasus dimana makanan berprotein tinggi diberikan pada kura-kura herbivora, padahal di habitat aslinya, kura-kura ini hanya mendapat makanan berprotein yang jauh lebih rendah. Banyaknya timbulnya penyakit ginjal dan hati telah diketahui cukup lama, baik itu pada laporan dokter hewan dan penelitian autopsi kura-kura tangkaran.Penyelidikan Keymers pada tahun 1978, dari hasil 144 penelitian penyakit melaporkan bahwa dari total kematian, 27% disebabkan oleh saluran pencernaan(gi tract), 11% oleh masalah hati dan 9% oleh masalah ginjal, 22,2% oleh masalah gizi lainnya. Hasil ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan 77,8% di London Zoo dan sisanya dari hewan yg dimiliki oleh anggota masyarakat. Penyelidikan kedua dilakukan oleh Rosskopf yang meneliti khusus pada kura-kura yang dipelihara sebagai hewan peliharaan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa 72,6% kematian disebabkan oleh masalah hati yang parah; 53% oleh penyakit pernafasan – terutama radang paru-paru (pneumonia) 50.7 % oleh masalah saluran pencernaan, 40,6% oleh penyakit ginjal dan 34,3% oleh masalah kelainan jantung.
Perlu ditekankan pada kedua penyelidikan tersebut bahwa masalah pencernaan adalah masalah yang terpenting. Dan timbulnya penyakit hati dan ginjal lebih banyak ditemukan pada kura-kura yang diperlihara sebagai hewan peliharaan.
Dari penyelidikan tortoise trust, kura-kura darat yang dipelihara orang-orang juga mengungkapkan timbulnya masalah penyakit ginjal dan hati cukup banyak.
Menarik untuk diperhatikan juga bahwa iguana herbivora tangkaran juga sering memperlihatkan masalah gizi yang hampir sama.

Masalah nutrisi

Masalah ini mungkin lebih berguna dibagi menjadi dua grup utama:
a. penyakit karena kelebihan/kebanyakan
b. penyakit karena kekurangan

Secara medis, kombinasi dari grup ini sudah biasa terjadi contohnya tempurung yang tak beraturan yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan bersamaan dengan masalah hati dan ginjal yang disebabkan oleh konsumsi akan lemak jenuh, protein dan nitrat yang berlebihan. Prakteknya, kombinasi pertumbuhan yang normal dan perkembangan tulang tempurung yang cukup baik tanpa adanya kematian dapat dicapai dengan menyediakan perhatian yang cukup pada kebutuhan gizi dan kadar beberapa elemen yang cukup. Faktor gizi dipertimbangkan sebagai yang lebih penting pada pertumbuhan dan perkembangan daripada pengaruh iklim. Meskipun akhirnya pengaruh iklim sering menjadi sangat penting dalam pemicu siklus perkembang-biakan.

Kalsium

Kebutuhan kalsium pada kura-kura bervariasi dan bertambah selama tahap pertumbuhan dan pada kasus pembentukan telur pada betina. Untuk pertumbuhan 100%, berat naik sering terjadi pada delapan minggu pertama kehidupannya, jadi jelas pada masa inilah yang sangat penting. Kebutuhan kalsium juga tergantung pada faktor eksternal seperti jumlah fosfornya. Persediaan vitamin D3 juga ada kaitannya. Di alam aslinya, kura-kura darat asal gurun biasanya mengalami rasio kalsium dan fosfor antara 5:1 sampai 8:1. Proporsi terbesar tumbuhan yang dimakan adalah yang kaya akan kalsium daripada fosfornya, dan juga berprotein rendah dan berserat tinggi. Selanjutnya, tambahan beberapa elemen juga dikomsumsi seperti tanah, pasir dan partikel kerikil halus. Zwart mencatat bahwa kekurangan dari rasio perbandingan terpenting Ca:p 1,2:1 juga sering terjadi dan pada level dibawah ini osteoporosis dan sindrom tempurung lunak (osteomalacia) bersamaan dengan cacat skat lainnya terjadi. Pemberian sumplemen Vionate (buatan Ciba-Geigy) sering tidak mencukupi, karena produk ini sendiri berisi rasio perbandingan Ca:p 2:1 dan kelebihan fosfor pada makanan pokok mengurangi perbandingan yang sebenarnya didapat dari level kekurangan yang penting. Beberapa makanan yang dipakai oleh beberapa pemelihara sering mengacaukan keseimbangan kalsium, khususnya grup kacang polong(legume), tunas, dan makanan anjing, makanan kucing dan makanan yang berasal dari hewan. Makanan hewani sering memiliki rasio Ca:p negatif sampai 1:44 atau lebih. Dimana 100g kacang pea biasannya mengandung 42 mg Ca dan 127 mg P, broad beans 27 mg Ca 160 mg P dan tunas kacang hijau(toge) 19 mg Ca dan 64 mg P.

Tingginya kandungan asam fitik (phytic acid) pada kacang kacang polong(legume) yang mengerakan Ca juga penyebab yg perlu diperhatikan. Dulu, setiap kacang ini telah dianjurkan sebagai pengganti yang cocok untuk makanan tambahan pada anakan kura yg baru menetas. Selada (lettuce) juga sering dituntut sebagai gizi utama, padahal memiliki Ca:p yang relatif netral berkisar dari 20mg Ca dan 22mg P per 100g pada jenis iceberg; 68 mg Ca 25 mg P per 100g untuk jenis romaine. Meskipun tidak cukup jika hanya ini saja, selada berguna sebagai dasar netral untuk penambahan suplemen buatan yang dikontrol. Makanan kura-kura darat lainnya, dandelion. Dandelion benar-benar makanan yang berkwalitas tinggi. Dandelion mengandung 187 mg Ca 66 mg P per 100g dikombinasikan dengan 14,000 i.u- Vitamin-A, 1, 6g serat, 0 - 19mg thiamine dan 2,7g protein. Buah pisang dan daun yang sering dipakai proyek perkembang-biakan tropis sebagai makanan pokok yang mudah didapat adalah Ca:p negatif dan bertanggung jawab atas pengaruh kekurangan Ca pada kura-kura yang tumbuh pesat. Umumnya mengandung 8 mg Ca sampai 30 mg P per 100g (saat masih segar), 32 mg Ca 104 mg P per 100 g (saat sudah kering).

Ada beberapa makanan yang pertama kelihatannya sumber kalsium yang baik ternyata tidak bagus setelah diteliti lebih dalam. Bit hijau (beet green), kale, bayem(spinach) dan anggota goosefoot rumpun Chenopodiaceae memiliki kandungan Ca yang tinggi tetapi mengikat dengan asam oxalik yang bereaksi dengan kalsium membentuk kalsium oksalat tak larut.

Opuntia cacti, makanan umum untuk kura-kura darat di arid habitat seperti kura-kura Gopherus agassizzii dan Geochelone elephatopus. Opuntia cacti menyediakan 1,89% kalsium 0,02% fosfor. Makanan yang dipilih kura-kura Gopherus agassizzii itu sendiri juga menampakan perbandingan rasio Ca:p yang positif

Makanan yang dipilih T.hermani dan T gracea di alam aslinya jarang didata, kecuali yang terlihat pada penelitian oleh Swingland dan Stubb yang mencatat bahwa 25% makanan T. hermanni berisi Ruaceae, 22% leguminoseae, 10% compositae dan 8 % Rannculaceae. Dibandingkan untuk T. graece berisi 30% plantago, 26% compositae dan 10% rubiaceae. Perbandingan rasio Ca:p untuk makanan tersebut diatas adalah 3,5:1 dan isi protein umumnya adalah 2,75%.

Pemecahan praktisnya adalah dengan memilih semua makanan dengan hati-hati dan menghilangkan makanan yang memiliki rasio Ca:p negatif dari makanan tetapnya. Makanan lainnya yang memiliki rasio netral dan positif dapat ditambahkan suplemen multivitamin dan bubuk mineral jika perlu, seperti dengan menambahkan kalsium karbonat sampai rasio paling sedikit nya 5:1 tercapai. Prakteknya, anakan T.graeca, geochelone pardalis dan geochelone carbonaria dipelihara seperti ini tidak memperlihatkan karapas/tempurung cacat dan pelindung veterbal yang menggunung; ciri khas nutritional secondary osteodystrophy fibrosa - masalah tambahan nutrisi pertumbuhan serat tulang yang pernah dikatakan oleh Lambert. Dan yang juga disebabkan oleh pertumbuhan keratin yang berlebihan dikombinasikan dengan setengah perkembangan dibawah lapisan bertulangnya.

Vitamin D dan sinar ultraviolet

Kura-kura di habitat aslinya hampir tidak mungkin menderita kekurangan vitamin atau hypovitominosis D3. Kekurangan vitamin D3 ini dapat terjadi pada hewan tangkaran yang sering kurang mendapatkan sinar matahari atau sinar UV-B buatan yang memiliki intensitas yang cukup. Tanda-tanda kekurangan vitamin ini termasuk daya gerak yang buruk, tempurung lunak (osteomalacia) dan tulang rapuh (osteoporosis). Makananan nabati/tumbuhan tidak mengandung vitamin D3. Tetapi kulit kura-kura darat kaya akan lemak yang mengandung sterols yang bereaksi dengan sinar UV untuk menghasilkan vitamin. Dengan tersedia sinar UV yang cukup, tambahan suplemen pun tidak diperlukan lagi. Sering kali pemelihara mengira kebutuhan vitamin D3 terlalu berlebihan sehingga terjadi pemberian overdosis. Salah satu akibatnya adalah metastatic mineralisasi tisu lunak. Vitamin D3 sangat beracun dan pada saat pemberian vitamin D3 harus dilakukan dengan hati-hati sekali. Jika kalsium dan fosfor disediakan pada rasio perbandingan yang benar dan tersedianya sinar UV yang cukup dan berkwalitas maka hampir tidak mungkin terkena hypovitominosis D3. Manusia membutuhkan 10 mikrogram (400iu) per hari yang mana dapat diperoleh dengan hanya terkena sinar matahari paling sedikit 3 jam. Kebutuhan kura-kura darat tidak diketahui secara terperinci meskipun Zwart menganjurkan 10-20.000 iu D3 per kg dari vitamin mineral suplemen yang diberikan secara rutin dengan dosis 2 % dari jumlah makanan adalah cara pencegahan yang efektif pada saat sinar UV tidak cukup tersedia.

Hypovitaminosis-B

Kekurangan vitamin B kompleks pernah ditemui pada anakan maupun dewasa kura-kura T. graeca and T. kleinmanni dimana kura-kura tersebut dipelihara dengan hanya diberi makan selada (lettuce) saja. Yang termasuk dalam grup vitamin B adalah thiamine riboflavin, pyridoxine, nicotinic acid, pantothenic acid, biotin, folic acid dan cobalamin. Tanda-tanda kekurangan secara medis adalah kurangnya koordinasi otot dan aneamia. Di alam bebas, kemungkinan besar kura-kura masih dapat mendapatkan kadar B12 yang cukup untuk berinteraksi dengan asam folik oleh mikroflora pencernaan dengan melibatkan kobalt. B12 tidak ada di tumbuhan tetapi penting untuk kehidupan. Meskipun dianjurkan oleh beberapa hertoplogist, ikan mentah bukanlah kategori makanan yang sesuai untuk kura-kura darat karena kandungan thiaminase mencegah sintesa dan penyerapan grup vitamin B. Kekurangan vitamin ini umunya terjadi diikuti dengan peradangan usus besar yang parah dan sindrom gagal penyerapan yang disebabkan oleh infeksi bibit flagellate pada saluran pencernaan.

Iodine

Gondok berserat (Fibrous goitere) atau hypothyroidism adalah hal yang biasa di antara kura-kura herbivora khususnya Geochelone elephantopus and Megalochelys gigantea yang dipelihara di kebun binatang dan yang diberi makan sayuran yang kaya akan anionic goitrogens (glucosinolates dan thiocyanates) seperti kol/kubis dan kale. Kondisi ini sering ditemui pada anakan T. graeca dan T. marginata tergantung pada pemberian makanan yang sama. Jenis sayuran yang menyebabkan ini harus dibatasi dan penambahan suplemen multi mineral yang mengandung iodine dengan dosis yang dianjurkan 6-10 mg per kg suplemen sebaiknya diberikan secari rutin setiap makan. Kadar iodine pada tumbuhan dari pegunungan atau tanaman yang tumbuh di tanah yang banyak mengandung kapur dapat lebih rendah daripada rata-rata.

Lemak

Penyakit kelebihan, steatitis atau perembesan lemak pada hati sering ditemui pada kura-kura tangkaran dan satu penyebab kematian yang pasti baik pada anakan maupun dewasa. Kura-kura herbivora tidak dilengkapi untuk memetabolisma lemak jenuh dan pada saat menemukan makanan yang mengandung lemak tinggi akan mengalami hepatosis yang serius menyebabkan penyakit kuning (jaundice) dan tidak mampun menyimpan vitamin A sehingga terjadi hypovitaminosis A yang sering terjadi bersamaan dengan penyakit hati. Di alam bebas, lemak jenuh dan lain sebagainya hampir tidak sama sekali dimakan, tetapi di penangkaran banyak pemelihara menyediakan sumber makanan yang kaya akan lemak ini. Makanan anjing, makanan kucing adalah makanan yang terburuk untuk kura kura karena adanya lemak ini. Tingkat metabolik normal pada kura-kura tangkaran berkurang dibandingkan dengan kura-kura di alam liar karena suhu yang rendah dan kurangnya waktu pencahyaan, maka dari itu tidak aneh jika banyak kematian yang ditemukan, pada jasadnya menderita karena kegemukan dan luka lemak kotor pada hati. Analisa botani makanan asli untuk kura-kura T. graeca and G. agassizzii dapat dianggap jenis kura-kura yang hidup pada biotipe yang sama menandakan bahwa kadar rata-rata konsumsi lemak polyunsaturated adalah 0,35 g per 100 g tumbuhan. Kasus hati yang ada saat ini dapat ditanggulangi oleh perawatan dokter dengan thyroxine dan vitamin-E.

Protein

Kura-kura tangkaran seringkali diberi makanan yang kaya akan protein yang berguna dengan faktor jumlah yang lebih besar daripada mereka dapatkan jika di alam liar dan ini pun dikombinasikan dengan kekurangan kalsium yang menjadi penyebab utama langsung pada grup umur median 1,5 sampai 1,75 tahun. Pertumbuhan kura-kura seperti itu sangat bertambah cepat dan umur kawin dewasa yang diteliti pada kura-kura tangkaran T.ibera hanya dalam 19 bulan saja. Kura-kura ini berbobot 565 g dan memiliki panjang karapas 148 mm.Terlihat adanya cacat karapas dan pertumbuhan keratin berlebihan, paruhnya tumbuh terlalu berlebihan sampai menganggu saat makan yang biasa. Pengamatan yang sama ditemui pada anakan Gopherus agassizzii tangkaran yang diternak di Amerika. Dimana oleh pemelihara tidak berpengalaman, makanan berkalsium berprotein tinggi dari tumbuhan diberikan pada anakan kura-kura bukan makanan yang seharusnya disusun sedekat mungkin menyerupai dengan makanan yang ditemui di alam aslinya untuk jenis tersebut.

Disamping merangsang pertumbuhan yang berlebihan dan keratin khususnya kebutuhan kalsium bertambah menjadi jauh lebih banyak, jumlah kadar protein yang tinggi mempunyai dua efek:
a. ada efek langsung pada kemampuan menyerap kalsium
b. banyak protein menyebabkan kadar darah urea yang tinggi dan akibatnya menambah jumlah kotoran nitrogen untuk diproses pada sistem ginjal.
Sayangnya tidak ada data yang tersedia tentang darah urea nitrogen dan kadar creatinine pada populasi di alam aslinya dan kebanyakan penelitian yang dihasilkan tergantung pada data yang didapat dari jenis tangkaran yang kebanyakan dipelihara oleh masyarakat. Walaupun berguna, data ini tidak dapat disamakan untuk menggambarkan darah normal kura-kura di habitat aslinya. Jadi tidak aneh untuk kura-kura herbivora yang dipelihara dengan makanan berprotein tinggi tidak alami memperlihatkan tanda-tanda gangguan fungsi ginjal. Hewan yg dehidrasi jelas paling berisiko dimana kumpulan asam uric bertimbun tidak hanya di saluran ginjal tetapi juga menyerang selaput jantung, hati dan organ lainnya. Kondisi tertentu telah dicatat termasuk interstitial nephrosis(penyakit ginjal) and glomerulosclerosis. Sekali lagi makanan yang berasal dari hewan berbahaya karena hanya mengandung kadar protein tinggi (17%) dan lemak jenuh, kaya akan fosfor, rendah kalsium tetapi juga kaya akan nitrat lainnya. Keju yang dulu pernah secara serius dianjurkan sebagai satu komponen makanan untuk juga memiliki efek yang sama (protein 25%). Kacang polong (legume) juga mengandung protein yang tinggi (10%) untuk jenis sayuran dan harus dihindari dengan alasan yang sama.

Kebutuhan protein untuk kebanyakan reptil belum dipelajari dengan cukup rinci dan tidak ada gambaran khusus yang dibuat untuk kura-kura darat herbivora. Analisa makanan asli kura-kura Gopherus agassizzii yang mana dalam banyak hal merupakan khas kura-kura darat herbivora beserta habitatnya, menganjurkan jumlah kandungan protein makanannya antara 1% dengan rumput dengan kadar 5% merupakan sebagian besar jumlah makanannya. Batas aman protein untuk makanan adalah sekitar 7% sama tingginya yang dapat diperoleh di alam aslinya oleh semua jenis kura-kura, meskipun pada masa berlimpahnya makanan yang tersedia. Jumlah kadar rata-rata 4% dapat mewakili perkiraan terdekat yang dapat ditemui pada habitat aslinya.

Walaupun kurangnya informasi tentang kebutuhan protein, gambaran tersebut adalah lebih sedikit kg untuk kg dibanding mamalia dimana 0,5g protein terpakai per kg akan menjadi kebutuhan umum sehari-hari. Kelihatannya memungkinkan bahwa kebutuhan protein untuk kura-kura yang sedang tumbuh adalah antara 0,2g protein per kg, meskipun ini bervariasi banyak tergantung dari jenis dan tingkat metabolismanya. Dengan ini, perlu diingat bahwa meskipun makanan berkwalitas rendah seperti selada(lettuce) mengandung protein rata-rata 1g per 100g dan kebanyakan kacang polong (legumes) mengandung diatas 7g/100g.

Di alam bebas, kura-kura darat tidak hanya menkomsusi dedaunan saja tetapi juga biji-bijian, buah-buahan, bunga, akar, kulit pohon, dan rerumputan. Baca penelitian oleh Samour, Spratt, Hart, Savage dan Hawkey. Mereka menyampaikan skala pemilihan makanan dari Megalochelys (Geochelone) gigantea sebagai contohnya. Pentingnya jumlah yang bervariasi ini tidak hanya menyediakan vitamin, mineral dan serat tetapi juga dengan dikombinasikan daun, kulit pohon, rumput dan biji-bjian memperbaiki asam amino tersedia sebagai proses pelengkap. Ini akan menambah efek potensi faktor pemanfaatan protein bersih (Net Protein Utilization-NPU) pada makanan. Bila kura-kura disediakan asam amino dengan jumlah yang cukup yang diperoleh dari keseimbangan bahan tumbuhan yang tepat, mereka akan hidup cukup baik pada makanan yang mengandung protein benar-benar rendah. Pemberian suplemen asam amino buatan tidak perlu disediakan jika makanan yang cukup tersedia . Dari kebanyakan hasil pathology di tangkaran terus menerus menunjukan bahwa kelebihan protein lah yang berbahaya daripada kekurangan protein. Produk-produk yang berasal dari daging memiliki NPU yang tinggi karena mereka mewakili sumber asam amino yang lengkap. 100g makanan anjing mengandung protein 15% dan diserap lebih banyak daripada sayuran yang mengandung protein dengan presentase yang sama. Di beberapa keadaan dan pada beberapa reptil mungkin bermanfaat tetapi pada herbivora tidak sesuai sama sekali. Makanan kura-kura darat liar umumnya mengandung protein nabati antara 2%-6% (jenis basah) yang diserap kira-kira 55%. Pada zaman penggunaan protein tinggi dipakai oleh beberapa pemelihara untuk kura-kura herbivora mengandung protein sampai 20% karena berasal dari sumber asam amino lengkap yang umumnya diserap pada rasio 70%.

Perlu diberi komentar pada pernyataan sering dibuat bahwa kura-kura darat yang hidup di habitat kering(arid) mendapat tambahan protein yang cukup banyak di alam liar dari akibat mengkonsumsi bangkai, laba-laba dan serangga lainnya. Pernyataan ini tidak didukung oleh analisa kotoran yang menunjukan bahwa jumlah yang dimakan sangat rendah hampir nol. Kadar sama dengan barang lainnya yang juga dimakan, termasuk batu-batu kecil, pasir, bulu burung, sisa kulit lizard dan bulu mamalia. Kebanyakan kura-kura darat akan memakan apa saja yang diberikan padanya tanpa memandang apakah itu enak dan bernutrisi atau tidak. Kura-kura raksasa di San Diego Zoo telah diketahui makan popcorn, balon, yogurt, bungkus, permen karet dan kuku berkutek. Akhirnya sampai diberi pagar. Analisa habitat menyarankan bahwa hewan dari daerah kering gersang (arid) tidak akan sering menemukan sumber protein hewani tetapi kura-kura yang dari daerah yang lebih lembab kemungkinan memiliki kesempatan yang banyak untuk protein hewani. Tentu, beberapa T. hermani mungkin seringkali memperlihatkan kecendurungan untuk memakan sejenis siput (slug) atau cacing yang sedang lewat tetapi mereka tidak berusaha secara aktif mencari makanan seperti itu. Dalam eksperimen yang dilakukan Highfield, T. graeca,T. ibera,T. marginata dan T. kleinmanni memperlihatkan kura-kura ini tidak tertarik pada sejenis siput (slug), cacing atau serangga yang diberikan dan tentu menunjukan prilaku penghindaran aktif dalam banyak hal.

Perananan simbiosis mikroflora pencernaan
Mikroflora usus pada kura-kura herbivora dihubungkan untuk memproses barang berserat yang relatif banyak, kaya akan karbohidrat selulosa. Ada alasan untuk menduga bahwa protozoa dan organisma siliat mempunyai peranan dalam proses ini bersama dengan agen bakteria lainnya yang tidak umum. Radang usus yang tidak tentu umum pada kura-kura tangakaran terhitung sampai 40% dari total kematian pada beberapa kasus. Kekurangan makanan berserat tentu menjadi salah satu faktornya dan jumlah makanan berserat dapat juga penting dalam mengontrol populasi parasit penyakit. Faktor lainnya yang bertanggung jawab atas banyaknya kejadian penyakit pada lambung adalah kemungkinannya adanya makanan hewani pada makanannya, di mana lambatnya proses fermentasi pada sistem pencernaan kura-kura herbivora memperlihatkan ketidak cocokannya dengan makana hewani.

Kesimpulan
Kebutuhan makanan pada kura-kura herbivora tangkaran lebih kompleks dibandingkan daripada yang telah diperkirakan oleh banyak pemelihara sebelumnya. Hubungan dan saling ketergantungan antar mineral, vitamin dan metabolisma protein jarang diselidiki secara rinci yang cukup dan banyak riset yang masih harus diselesaikan. Peranan dari sistem endokrin (endocrine) dalam hubungan metabolisma mineral adalah bidang lainnya yang sedang hasil penelitiannya. Telah jelas bahwa pendekatan yang sederhana dengan menyediakan makanan berkwalitas dalam istilah mamalia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kura-kura di mana kura-kura memiliki kebutuhan yang sangat berbeda sama sekali. Tentu saja, makanan yang mana merupakan makanan berkwalitas untuk mamalia atau reptil karnivora akan berakibat negatif jika diberikan pada kura-kura herbivora.
 
Bls: Para Pecinta Kura-Kura

Masalah mata pada kura-kura air PDF Print E-mail
oleh Nadine Gill

Salah satu kondisi umum yang sering dilaporkan dari pemelihara kura-kura air adalah mata bengkak atau tertutup. Gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Dianogsa yang cepat dapat membuat pengobatan yang efektif langsung segera dilaksanakan tanpa penundaan. Penemuan lebih dini sangat penting karena kura-kura aquatik akan berhenti makan ketika matanya tertutup.

Di toko-toko sering kali menjual vitamin A tetes yang katanya dapat menyembuhkan kekurangan vitamin A dan infeksi mata. Tetapi produk ini tidak selalu efektif dalam memecahkan beberapa masalah ini dan meskipun mereka tidak membahayakan secara langsung, mereka dapat menjadi penundaan pemeriksaan dan pengobatan.

Supaya penyebab mata bengkak atau mata tertutup dapat ditemukan dengan tepat, dokter hewan yang berpengalaman dalam merawat chelonia tidak akan tergantung pada tanda-tanda secara klinikal tetapi juga akan bertanya kepada pemiliknya tentang sejarah kura-kura anda, termasuk makanan dan kondisi lingkungannya dimana kura-kura anda dipelihara. Tetapi memang sering kali faktor-faktor ini tidak dipertimbangkan sehingga pembengkakan atau infeksi mata sering didianogsa sebagai akibat kekurangan vitamin A.

Kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab infeksi mata dan akibat dari makanan yang tidak mengandung beta karotin atau vitamin A seperti serangga, semut, telur, udang kering dan makanan yang berformulasi buruk. Tetapi kekurangan ini tidak akan timbul jika makanan kura-kura yang telah diperkaya dengan vitamin, tanaman, dan daun-daunan sayuran hijau yang kaya akan beta-karotin (pertanda dari vitamin A) atau yang telah disediakan dengan suplemen multivitamin seminggu sekali.

Waktu kura-kura benar-benar kekurangan vitamin A, kekurangan ini dapat menyebabkan perubahan di tisu epithelial yang mulai terurai dan menjadi predisposed ke infeksi. Tanda-tanda pertama termasuk kelopak mata edema karena gland secreting air mata membengkak keluar dan kotoran cellular menumpuk dibawah kelopak mata dan gejala ini akan berlanjut sampai kelopak matanya tertutup atau kelihatan menjadi satu. Gejala pernafasan mungkin ada dan renal, pankreatik, dan gastrointestinal epithelium juga terkena efeknya. Waktu masih dalam tahap awal, memberi makanan yang mengandung vitamin A dapat memecahkan masalah kekurangan ini, tetapi untuk kasus yang lebih parah suntikan vitamin A mungkin diperlukan.

Infeksi bakteri dan jamur sekunder dapat muncul, kuman ini memgambil kesempatan menyerang perbatasan epithelial dan infeksi ini penting untuk diperhatikan dan perlu segera diobati. Penanganan akan kekurangan vitamin A pun tidak akan memecahkan masalah infeksi yang ditimbulkan ini. Infeksi mata biasanya dapat dirawat baik dengan tetes mata atau salep antibiotik, tetapi jika mikroorganisma kebal akan pemakaian antibiotik atau infeksinya telah menjadi sistemik, perawatan yang lebih khusus jelas diperlukan. Lebih cepat kekurangan vitamin A ditangani dan infeksi sekunder diobati, lebih banyak kesempatan untuk kura-kura anda untuk sembuh total dan cepat.

Kekurangan vitamin A adalah kondisi yang sering yang memerlukan bantuan medis dan perubahan makanan. Tetapi jika telah dibuktikan bahwa kebutuhan akan vitamin A telah terpenuhi melalui penyediaan makanan yang kaya beta-karotin atau suplemen multivitamin, maka penyebab lainnya harus dicari.

Borok/bisul di telinga dapat juga menyebabkan mata menjadi bengkak dan tertutup. Bisul/borok dapat kedua-duanya atau hanya satu telinga. Operasi untuk mengeluarkan nanah diikuti dengan antibiotik perlu untuk mengobati infeksi.

Luka trauma juga dapat menyebabkan mata bengkak dan tertutup. Dengan memiliki ruangan yang cukup bagi kura-kura untuk menyelam dan berenang dengan bebas akan mencegah luka robek dan lecet yang sering terjadi di aquarium kecil. Batu dan dekorasi dengan ujung-ujung yang tajam harus dihindari, karena mereka akan menyebabkan luka dan luka terbuka ini dapat menjadi infeksi.

Dehidrasi kura-kura aquatik dapat menyebabkan iritasi, mata terutup dan infeksi mata. Anakan kura-kura yang menjalani musim dingin di sarangnya sering ditemukan dengan mata yang bengkak dan tertutup. Menaruh kura-kura di dalam air dan menggunakan obat tetes pelicin ophthamic dapat mengurangi iritasi kecil yang disebabkan oleh dehidrasi tisu pada mata, tetapi kami menganjurkan untuk membawanya ke dokter meskipun sudah terlihat baik supaya menghilangkan kemungkinan lainnya

Pasir atau benda lainnya pada mata juga dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan yang dapat menjadi masalah yang serius termasuk infeksi mata. Jika anda melihat kura-kura anda mengosok-gosok matanya dengan kaki depannya, kemungkinan benda asing di matanya perlu disingkirkan sebelum kondisinya menjadi parah.

Waktu penyebab pastinya dari kondisi ini ditemukan, memeriksa aspek pemeliharaan akan mendukung kesembuhan kura-kura anda dan akan mengurangi kesempatan timbulnya masalah mata dan penyakit lainnya di akan datang. Kwalitas air yang buruk sering kali menyebabkan infeksi pada mata dan kulit. Infeksi yang berhubungan dengan pemeliharaan dapat dengan mudah dicegah dengan menyediakan air yang cukup untuk kura-kura yang diperlihara dan membeli peralatan filter yang cukup sehingga dapat membersihkan airnya dengan efektif.

Memasukan kura-kura baru, khususnya yang didapat dari toko yang tidak memelihara dengan baik dapat menyebakan infeksi silang/ketularan. Saya sendiri mengkarantinakan semua reptil paling sedikit dua tahun, khususnya jika didapat dari toko atau yang latar belakangnya tidak diketahui. Beberapa virus dapat berada dalam keadaan tidak aktif lebih lama dari itu, jadi masih ada kemungkinan tertular, walaupun sangat sedikit dan sudah cukup lama. Penanganan yang tidak benar juga dapat menularkan di antara kura-kura. Cucilah tangan anda dengan bersih dengan sabun antibakteri yang juga dapat mencegah penularan tetapi sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan yang mengandung chlorhexidine atau povidone iodine setelah memegang kura-kura menderita penyakit atau terinfeksi atau kelihatannya membawa kuman penyakit.

Kebanyakan masalah mata yang telah dilaporkan kepada kami tidak berhubungan dengan kekurangan vitamin A dan dapat mudah dihindari dengan menyediakan lingkungan yang lebih baik, karantina pencegahan dan prosedur yang lebih baik dalam penanganan koleksi yang besar dan beragam. Dengan mengikuti pedoman ini, kesempatan besar kura-kura anda menderita masalah mata yang biasa dan mudah ini akan berkurang.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top